CLICK HERE

Saturday, January 7, 2017

MAKALAH Usaha Kecil BAKSO

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.  LATAR BELAKANG

Setiap orang pasti ingin menjadi Bos di bisnis atau usaha-nya sendiri.Hanya orang-orangyang berpikiran sempit-lah yang seumur hidup ingin menjadi orang gajian.

Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti.

Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.

Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah yang melatarbelakangi berdirinya sebuah tempat makan berbasis one stop for bakso.

1.2.  TUJUAN                                                               

a.       Untuk mengetahui cara pembuatan bakso yang enak

b.      Untuk mengetahui fungsi penambahan bahan tambahan yang di gunakan pada pembuatan bakso ikan sehingga bakso terasa enak

c.       Menambah pengetahuan dan sekaaligus bisa dijadikan seagai masukan tentang salah satu peluang usaha yang menjanjikan

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1. PENGERTIAN BAKSO

Istilah Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien berarti 'daging giling', hal ini menunjukkan bahwa bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Akan tetapi kini kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, bakso umumnya terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Bakso merupakan produk olahan dari daging yang cukup digemari masyarakat. Pada umumnya bakso dibuat dari daging sapi, tetapi akhir-akhir ini banyak dijumpai di pasaran bakso dibuat dari daging ikan.

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Dalam proses pembuatanya, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman oleh BPOM. BPOM mengingatkan bahwa mengkonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5–10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks.

 

2.2. TAHAPAN PEMBUATAN BAKSO

2.2.1. Resep Bakso Sapi Enak

a)      500 gr daging sapi segar tanpa lemak. Untuk mendapatkan ini maka bunda harus hunting sendiri di pasar tradisional, paling bagus kalau masih subuh karena dagingnya baru saja disembelih.

b)      3-5 siung bawang putih, haluskan. Bisa juga lebih banyak.

c)      3 siung bawang putih, yang telah diiris dan digoreng.

d)     150 gr es batu, yang telah dihancur. Tapi kalau tidak punya baiknya pakai air es yang dingin sekali

e)      50 ml putih telur. Kalau di tempat penggilingan ini tidak digunakan. Tapi bila mau menambah cita rasa dan kenyalnya baiknya dipakai saja.

f)       2 sdt garam atau secukupnya

g)      100 gr tepung sagu kering. Bisa juga beli langsung yang kemasan di Minimarket. Dan mengenai ukurannya bunda bisa juga membuatnya lebih banyak atau kurang, tergantung selera sih.

h)      1/2 sdt soda kue (bisa juga baking powder)

Berikut adalah bagan tahapan-tahapan atau proses dalam pembuatan bakso:

http://resepdanmasakan.com/wp-content/uploads/2015/08/Resep-Bakso-Sapi-Spesial-Paling-Enak-Dan-Mantap.jpg

 

 

2.2.2. Bagian Proses penyiapan Bahan Utama Bakso

1.      Pemotongan daging

Proses pertama dari pembuatan bakso adalah memotong daging. Tentu daging yang dipilih bukanlah daging sembarangan, yakni daging sapi yang masih segar agar mendapatkan hasil yang memuaskan bukan hanya untuk penjual, bahkan pembeli yang mengkonsumsi juga dapat puas memakannya.

http://www.caraspot.com/wp-content/uploads/2016/01/resep-bakso-enak.jpg

2.      Penggilingan daging

Daging digiling dengan mengunakan grinder (sebuah alat giling) kurang lebih 5 sampai 10 menit sampai agak halus, kemudian gilingan daging dimasukan kedalam mesin chopper, bersamaan dengan  es batu, garam, lada halus, MSG.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_9J52iPvCUu8cKqIWtm42K9HgibQ4c08lX0CBX3oA6nU15borF6lXlDTkXUHMvYOmUPFvgtXIEzsebsk91ugmZfPvfPLH4AJEs2iPUiqHFaL0f3g_bipKW8RpM3sXdaOY-tJNAGXYv_k/s640/bakso+sapi+6.jpg

3.      Penghalusan daging

Dalam tahap ini dilakukan pencampuran tepung tapioka, tapi sebelumnya dibutuhkan perbandingan daging dan tepung agar menghasilkan gilingan yang bagus. Kemudian tepung tapioka, sagu, dan sedikit es batu dimasukan kedalam mesin chopper untuk digiling hingga halus selama kurang lebih 10menit.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqkd1tkwLqKC19nUdmplwB9vYOQ7jDxwUw0BDdzRNtrdd8dJTzuK7YU-Y-VPZqPEJibDiQ_VjB5EvYoECfmgTE5QnWLW_Y_qgHF3AXj2ro_yLzd9e-Yx128UMqUo9hOb95537aU8tkWsU/s1600/bakso+sapi+2.jpg

 

Proses Pembuatan bola bakso

*      Siapkan sebuah baskom berisikan air hangat yang berguna untuk menaruh hasil dari bulatan-bulatan bola bakso.

*      Adonan bakso dibulatkan dengan menggunakan tangan sesuai ukuran yang diinginkan, dan diambil dengan menggunakan sendok.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHr6DHjjn8tRnw0dq-cdYPCtGRErqNaYNn87456uYb2icPkzoJheiMQ3176QcyXz_RzGJejfS2BAAYMmhachQwA9c9wrQT8Ubj9Cuk8CcfwpwFpo8lsoAJPRG9h9p7hRGN_yP3HyL6fbE/s1600/bakso+sapi+4.jpg

 

*      Bola-bola daging yang terbentuk kemudian dimasukan kedalam air hangat yang telah di siapkan tadi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji6nQrUKSpBgHMgfCMUakQRGjYayNro4OeFyJW7RQZ5ypRcO2QmIgqUyUKz2ckaw3hBIGIRFKNR5dwTAVZUjww-wohOY81FnoIF-VTobH-wL22i2CXif3lALlBZD-VwSqt9VWh8yRIreg/s1600/bakso+sapi+5.jpg

*      Perebusan

Apabila bola-bola yang telah dimasukan kedalam air hangat  terapung, kemudian bola-bola tersebut direbus. Proses perebusan dilakukan dua tahap agar permukaan bakso tidak keriput dan pecah akibat suhu yang terlalu panas.

 

 

o   Tahap perebusan pertama: bakso dimasukan kedalam panci berair panas sampai bakso mengeras dan terapung.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxkmwwbhHKuR6XG_rzC16Mjr_a3E0y7tLK3P8CmbPbVftysGsETisOlvJoxgPMZ3zTfLLgowgTHNKYUYa-dH2F1teT7J5aXO9IkIpIhAr6xYO9fBjgDsHArrp9isWAB7DkcD6aZvwS5t4/s1600/bakso+sapi+10.jpg

o   Tahap perebusan kedua: setelah perebusan pertama, bakso didinginkan terlebih dahulu lalu direbus kembali.

Proses perebusan kurang lebih membutuhkan waktu satu jam.

 

Penyajian Bakso

Setelah proses pembuatan bakso selesai, mulailah kita menyajikan sesuai selera anda,  dengan tahap-tahap tersebut :

*      Siapkan mangkuk

*      Masukkan bumbu dasar seperi: garam, mecin, seledry, bawang goreng.

*      Kemudian masukkan mie sesuai selera konsumen

 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgDWYm143QhG3SMmO5ik-x_E6ddGYjN05jYOaw-Wz0v_hSQ5v8l8cGosNclR80JTD7MwRaat0EaZnegzddfFYzd1FU6oP0b6U-3C0oVbyWrmirc9Uafrtlea89mcnvgVph7cJSZ_jGg8jj6/s1600/bakso+ayam+14.jpg

*      Masukkan bakso, dan kuah ke dalam mangkuk.

*      Setelah itu bakso siap di sajikan selagi hangat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1.  Kesimpulan

Jadi bakso termasuk dalam makanan yang digemari oleh setiap karena rasanya yang enak dan  khas.  Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang.

 

3.2.  SARAN

Potensi pasar bakso ikan di Indonesia maupun luar negeri seperti Singapura, Hongkong, Taiwan dan Kanada cukup tinggi. Apabila kualitas bakso ikan baik, maka dapat dijadikan usaha yang cukup menjanjikan. (Singgih Wibowo, 2002). Bakso ikan yang bermutu tinggi dapat diperoleh dari penanganan bahan baku yang baik, hingga ke pemasaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://lakombulo.blogspot.co.id/2015/06/makalah-pembuatan-bakso.html

https://indrianipratiwi.wordpress.com/2013/07/02/makalah-kewirausahaan-bakso-bang-maman/

http://www.caraspot.com/234511-membuat-bakso-rahasia-resep-bakso-sapi-kenyal-serta-bumbu-kuahnya.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

            Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan suatu anugerah pada kami sehingga kami  dapat menyusun tugas makalah tentang Usaha Kecil Bakso.

Kami berterima kasih kepada pengajar yang telah memberikan kami pelajaran mengenai Kewirausahaan sehingga kami mendapatkan pengetahuan mengenai macam-macam usaha kecil.

Didalam makalah ini kami akan menjelaskan salah satu contoh Usaha Kecil mengenai bagaimana bahan, cara pembuatan, dan analisis usaha. Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan lewat makalah ini dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

 

Banjarsari,  Agustus 2016

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ......................................................................................... i

DAFTAR ISI                                                                                                    ....      ii

BAB I PENDAHULUAN .................................................................................. 1

1.3.  LATAR BELAKANG ..................................................................... 1

1.4.  TUJUAN   ....................................................................................      1                           

BAB II PEMBAHASAN .................................................................................... 2

2.1. PENGERTIAN BAKSO  ................................................................. 2

2.2. TAHAPAN PEMBUATAN BAKSO .............................................. 3

2.2.1. Resep Bakso Sapi Enak ............................................................ 3

2.2.2. Bagian Proses penyiapan Bahan Utama Bakso  ....................... 3

BAB III PENUTUP  ........................................................................................... 9

3.1. KESIMPULAN  .............................................................................. 9

3.2. SARAN  ...................................................................................... .... 9

DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... .... 10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MAKALAH

USAHA KECIL “BAKSO”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh:

 

Kelompok 6

 

1.      Nilasari

2.      Umi alviani

3.      Dini Kurniasih

4.      Slamet H.S

5.      M. Alwan .H

 

Kelas XII TKJ 02

 

 

 

 

SMK AL-IHYA BANJARSARI

Dsn. Sindanghayu Desa Sindanghayu Kec. Banjarsari Kab.Ciamis

Tlp. (0265) 651 152 Kode Pos 46383

Jawa Barat

 

No comments:

Post a Comment