CLICK HERE

Saturday, January 21, 2017

MAKALAH ANATOMI DAN FIDIOLOGI

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang

Ilmu anatomi (struktur) tubuh manusia dan ilmu fisiologi (fungsi) tubuh manusia sangat berkaitan. Karena struktur memberikan dasar untuk fungsi, maka masing-masing ilmu tersebut memberi kontribusi dalam memahami tubuh manusia.

Anatomi dan fisiologi berhubungan erat dengan bidang studi: anatomi, studi tentang bentuk, dan fisiologi, mempelajari fungsi, secara intrinsik terikat dan dipelajari bersama-sama sebagai bagian dari kurikulum medis

 

1.2.Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian dari Anatomi?

2.      Apa pengertian dari Fisiologi?

3.      Apa yang dimaksud anatomi dan fisiologi manusia?

 

1.3.Tujuan Penulisan

Sesuai dengan rumusan masalah di atas tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1.      Untuk mengetahui pengertian anatomi.

2.      Untuk mengetahui pengertian fisiologi.

3.      Untuk mengetahui apa itu anatomi dan fisiologi manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.Pengertian Anatomi

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan hubungan antara bagian-bagian tubuh. Dengan kata lain, Anatomi adalah ilmu urai yang mempelajari susunan tubuh dan hubungan bagian-bagiannya satu sama lain. Dengan setiap region atau setiap daerah, misalnya lengan, tungkai, kepala, dada, dan seterusnya ternyata terdiri atas sejumlah struktur atau susunan yang umum didapati pada setiap region. Struktur itu meliputi tulang, otot, saraf, pembuluh darah, dan seterusnya.

Mempelajari letak dan hubungan satu bagian tubuh tidak dapat dipisahkan dari pengamatan terhadap fungsi setiap struktur dan sistem jaringannya. Maka hal ini akan membawa kita kepada pengistilahan Anatomi Fungsional yang berkaitan erat dengan fisiologi atau ilmu faal. Kemudian diketahui ada struktur-struktur tertentu yang dapat dilihat oleh mata tanpa bantuan alat maka hal itu dinamakan Anatomi Makroskopis yang membedakannya dengan Anatomi Mikroskopis yang menggunakan bantuan alat mikroskop.

Peristilahan Anatomi

·         Potongan tubuh dan bagian-bagiannya digunakan untuk menggambarkan tubuh atau oran yang terbagi menjadi dua bagian.

·         Potongan sagital membagi tubuh atau oragan sacara vertical menjadi bagian kiri dan kanan. Jika bagian kiri dan kanan sama,maka disebut potongan midsagital,jika tidak,maka disebut potongan parasagital

·         Potongan frontal(koronal) membagi tubuh atau organ secara vertical menjadi dua bagian tubuh yaitu bagian depan dan belakang.

·         Potongan horizontal(melintang) membagi tubuh secara horizontal menjadi bagian atas dan bawah.

·         Rongga tubuh adalah daerah tertutup yang melindungi organ. Rongga tubuh bagian belakang(dorsal)meliputi rongga kranium(kepala yang melindungi otak) dan rongga vertebral(tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang). Rongga depan(ventral) meliputi rongga dada atau toraks(yang berisi paru-paru,masing-masing di dalam pleuronnya sendiri,dan jantung di rongga pericardia) dan rongga perut dan panggul(yang berisi organ-organ pencernaan di rongga perut,dan kandung kemih serta organ–organ reproduksi yang terdapat dalam rongga panggul).

 

2.2.Pengertian Fisiologi

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi bagian-bagian tubuh dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Pembahasan ini sangat erat kaitannya dengan pengetahuan tentang semua makhluk hidup yang tercakup dalam pelajaran Biologi. Selain itu, ilmu ini juga berkaitan erat dengan tugas ahli sitologi yang mempelajari detail struktur sel, dan ahli biokimia yang berurusan dengan perubahan kimiawi dan kegiatan sel serta menyelidiki proses kimia jasad hidup yang serba kompleks. Juga berhubungan erat dengan ilmu alam, yang mempelajari reaksi fisik dan gerakan-gerakan yang terjadi di tubuh.

 

2.3.Anatomi dan Fisiologi Manusia

Anatomi dan fisiologi adalah ilmu dalam bidang kesehatan / kedokteran yang mempelajari di dalamnya anatomi dan fisiologi metabolisme tubuh, anatomi dan fisiologi sistem saraf, anatomi dan fisiologi sistem digestif, anatomi dan fisiologi payudara, otak, panggul, dan bagian tubuh lainnya. ilmu anatomi tubuh manusia ini wajib dikuasi oleh mahasiswa bidang kedokteran khususnya, keperatan serta kebidanan.

 

2.4.Organisasi dalam Sistem Kehidupan

Sistem Kehidupan dapat di definisikan dari berbagai sudut pandang, dari yang paling luas (memerhatikan seluruh bumi) sampai yang paling kecil (tingkat atom). Setiap sudut pandang menyediakan informasi tentang bagaimana atau mengapa sebuah sistem kehidupan berfungsi.

1.        Pada tingkatan kimia, atom, molekul (gabungan atom), dan ikatan kimia di antara atom menyediakan kerangka kerja yang menjadi dasar bagi semua kegiataan kehidupan.

2.        Sel adalah unit terkecil dari kehidupan. Organela dalam sel adalah bagian-bagian tubuh yang di khususkan untuk melakukan fungsi-fungsi sel khusus. Sel sendiri juga dapat bersifat khusus. Karenanya terdapat sel saraf, sel tulang, dan sel otot.

3.        Jaringan adalah sekelompok sel yang mirip, yang melakukan fungsi-fungsi yang sama. Sebagai contoh, jaringan otot terdiri dari sel-sel otot.

4.        Organ adalah kelompok jaringan yang berbeda, yang bekerja sama untuk melakukan suatu kegiatan tertentu. Jantung adalah sebuah organ yang terdiri atas jaringan otot, saraf, jaringan ikat, dan jaringan epitelium.

5.        Sistem organ adalah dua atau lebh organ, yang bekerja sama untuk mengerjakan suatu tugas tertentu. Sebagai contoh, sistem pencernaan melibatkan kegiatan terkoordinasi dari banyak organ seperti mulut, perut, usus kecil dan usus besar, pankreas dan hati.

6.        Organisme adalah sebuah sistem yang mempunyai ciri-ciri makhluk hidup yaitu mampu memperoleh dan memperoses energi, mampu menghadapi perubahan-perubahan lingkungan, dan mampu berkembang biak.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1.Kesimpulan

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lain

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari faal atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya

Sedangkan Anatomi-fisiologi Adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana alat tubuh tersebut bekerja.

 

3.2.Saran

Makalah ini semoga berguna bagi pembaca, khususnya bagi siswa-siswi SMK Muhammadiyah Mangunjaya. Penulis menyadari makalah ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh sebab itu saya menyarankan kepada pembaca untuk tetap terus menggali sumber-sumber yang menunjang terhadap pembahasan yang akan datang.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://aksmudipta12.blogspot.co.id/2015/02/anatomi-dan-fisiologi-manusia.html

http://www.anakciremai.com/2011/05/pengertian-anatomi-dan-fisiologi-manusia.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang memberi rahmat dan karunianya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Dimana tugas makalah ini penulis sajikan dalam bentuk baku dan sederhana. Adapun judul tugas makalah ini adalah “ Pengertian Anatomi dan Fisiologi“

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan kita tentang pengertian dari anatomi dan fisiologi. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnan makalah ini.

Penulis berharap makalah ini dapat memberikan manfat bagi kita semua. Terima Kasih.

 

 

Banjarsari,    Desember 2015

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

1.1.Latar Belakang ....................................................................................    1 

1.2.Rumusan Masalah ................................................................................    1

1.3.Tujuan Penulisan ..................................................................................    1

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2

2.1.Pengertian Anatomi .............................................................................    2

2.2.Pengertian Fisiologi .............................................................................    3

2.3.Anatomi dan Fisiologi Manusia ...........................................................    3

2.4.Organisasi dalam Sistem Kehidupan ...................................................    4

 

BAB III PENUTUP ......................................................................................    5

3.1.Kesimpulan ..........................................................................................    5

3.2.Saran ....................................................................................................    5

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................    6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment