CLICK HERE

Saturday, January 7, 2017

MAKALAH Usaha Kecil TAHU BULAT

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.            Latar Belakang

Perkembangan usaha zaman sekarang ini sudah sangat maju, bisa kita lihat banyak muncul makanan-makanan yang menarik dan bervariasi seperti yang terdapat di lingkungan sekitar rumah kami yaitu Tahu Bulat. Pada umunya tahu itu berbentuk kotak / segi empat. Seiring dengan persaingan bisnis yang makin keras, maka para pengusaha atau pedagang pun harus pintar memilih usaha yang dapat menarik perhatian masyarakat. Dengan memikirkan hal-hal baru yang bisa dilakukan dengan mengembangkan bisnis yang sudah ada atau membuat bisnis yang baru. Namun dengan adanya persaingan bisnis yang semakin keras ini justru berdampak positif karena dapat menumbuhkan kreativitas seseorang untuk maju. Karena di negara kita ini lebih banyak para pencari kerja sehingga banyak sekali pengangguran, maka akan lebih baik jika kita membuat suatu usaha dan menarik orang untuk bekerja pada kita sehingga mengurangi pengangguran. Seperti layaknya UKM yang saat ini sedang gencar untuk dilakukan dan pada kesempatan ini kami akan membahas bisnis kecil Tahu Bulat, sebagai tugas kewirausahaan untuk mengamati usaha bisnis yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal.

1.2.            Rumusan Masalah

1.         Apa itu tahu bulat ?

2.         Bagaimana peluang usaha tahu bulat?

3.         Apa keuntungan menjalankan usaha tahu bulat?

4.         Bagaimana cara mengawali usaha tahu bulat?

5.         Bagaimana strategi promosi usaha tahu bulat?

6.         Bagaimana cara membuat tahu bulat?

 

1.3.            Tujuan Penulisan

Tujuan dibuatnya makalah ini seerti hal nya rumusan masalah di atas yaitu membahas mengenai menjalankan usaha kecil tahu bulat, dan selain itu juga makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.            Sekilas Tentang Tahu Bulat

Peluang usaha tahu bulat -Tahu bulat! Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang berbahan dasar tahu ini? Tahu bulat merupakan salah satu makanan khas kota Tasikmalaya yang cukup popular. Tahu bulat diolah dengan cara digoreng sehingga rasanya tampil gurih dan sangat lezat. Tahu bulat banyak diminati mulai anak kecil hingga orang dewasa. Penggemar tahu bulat memang selalu ketagihan saat mencicipi tahu bulat, dan untuk memakannya tak cukup satu buah saja. Untuk menikmati sajian tahu bulat memang akan terasa nikmat dimakan dengan cabai hijau yang pedas, sehingga sensasinya tampil sangat menggoda. Tahu bulat memang sangat berbeda dengan tahu goreng, tahu mi dibuat menggunakan bahan tabu yang dicampurkan dengan berbagai jenis bumbu dan bahan lain sehingga rasanya membuat banyak orang ketagihan. Untuk menikmati sajian tahu bulat ini juga tidaklah sulit lantaran banyak penjaja tahu bulat yang beterbaran di masyarakat. Dengan harga yang murah dan sangat terjangkau, Anda sudah dapat menikmati sajian tahu bulat dengan cara mudah. Makanan berabahan tahu yang tampil unik ini memiliki bentuk bulat sehingga dinamakan tahu bulat. Saat ini tahu bulat hadir dengan varian tahu bulat pedas yang sangat popular. Tahu bulat pedas ini menggunakan bubuk cabe yang membuat rasa tahu semakin pedas dan kelezatannya makin berlipat.

Sekarang ini tahu bulat sangat popular di tengah masyarakat, hingga banyak penjaja tahu bulat yang beterbaran di masyarakat. Penjaja tahu bulat ini bahkan ada yang dengan menggunakan mobil pick up yang telah dimodifikasi dengan menggunakan pengeras suara. Bagi sebagian orang, nampaknya tahu bulat ini terkesan cukup aneh lantaran biasanya bentuk tahu dengan bentuk kotak atupun kubus. Sehingga hal ini banyak dimanfaatkan para penjaja tahu bulat untuk mengenalkan produk tahu bulat buatan mereka, dan menjadi jajanan yang cukup laris dipasaran. Usaha tahu bulat merupakan salah satu usaha makanan unik yang cukup menggiurkan. Namanya saja tahu bulat tentu terdengar unik dan membuat banyak orang penasaran. Sehingga banyak orang yang terlarik untuk mencicipi tahu bulat. Namun setelah mencicipi tahu bulat, dengan suguhan rasa crispy, lezat dan pedasnya membuat banyak orang semakin ketagihan. Usaha tahu bulat merupakan salah satu usaha menguntungkan yang dapat dijalankan sebagai usaha yang menjanjikan keuntungan bagi setiap pelaku usaha. Banyak orang yang menyukai tahu bulat, sehingga olahan makanan ini kini banyak dicari. Tingginya peminat tahu bulat menjadikan peluang dan usaha tahu bulat kini semakin menjanjikan. Usaha tahu bulat menjadi salah satu usaha camilan berbahan tahu yang patut untuk diperhitungkan.

Usaha tahu bulat dapat dmjalankan secara mudah juga untung yang diperoleh terbilang sangat fantastis. Jumlah penggemar tahu bulat yang terbilang tinggi dengan tidak menurun menjadikan usaha tahu bulat memiliki potensi yang besar meraih sukses dalam jangka depan. Meski usaha tahu bulat ini mulai banyak beterbaran di masyarakat namun peminat tahu bulat ini tak surut bahkan semakin meningkat. Tingginya penggemar tahu bulat, membuat usaha tahu bulat ini berkembang pesat hingga sekarang.

 

2.2.            Peluang Usaha Tahu Bulat

Peluang untuk usaha tahu bulat memang terbilang cukup propektif dengan respon positif dari berbagai kalangan masyarakat. Usaha tahu bulat menjadi suatu pilihan usaha yang menguntungkan hingga banyak orang yang berminat melakoni usaha tersebut. Usaha tahu bulat menjadi suatu usaha kuliner yang menyuguhkan makanan berbahan tahu yang sangat menyehatkan dengan konsumennya tergolong besar, jumlah konsumennya yang sangat besar menjadikan usaha tahu bulat sebagai salah satu usaha dengan potensi bagus juga sangat cemerlang. Usaha

tahu bulat juga tidak mengenal waktu dan musim sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha sekarang dan cocok dalam jangka kedepan. Usaha tahu bulat juga menjadi salah satu usaha yang dapat dijalankan secara mudah dan juga untung yang didapatkan terbilang sangat fantastis. Peluang dan usaha tahu bulat ini memang cukup mencenangkan juga sangat cocok menjadi pilihan ide usaha cemerlang. Tahu bulat kini mulai banyak dicari orang sebagai makanan lezat dan nikmat sehingga usaha tahu bulat kian laris manis di pasaran.

Peluang untuk usaha tahu bulat ini dapat diambil untuk semua orang yang mendambakan untuk mempunyai usaha yang sukses. Proses pengolahan tahu bulat yang mudah dan pemasarannya yang tidak sulit menjadikan usaha ini dapat dilakukan untuk siapapun. Usaha tahu bulat bisa dilakukan untuk Anda para ibu rumah tangga, buruh, sopir, pedagang, karyawan, pegawai, petani, mahasiswa, pelajar, guru dan Iainnya.

 

2.3.            Keuntungan Menjalankan Usaha Tahu Bulat

Keuntungan jika Anda memilih terjun di peluang dalam usaha tahu bulat ini yakni merupakan makanan berbahan tahu yang banyak dicari dan diburu banyak orang. dengan harga yang murah serta mudah untuk dibeli semua orang. Rasa tahu bulat yang disukai banyak orang dengan rasa gurih, pedas dan lezat menjadikan usaha tahu bulat menjadi pilihan usaha camilan yang paling banyak diburu oleh masyarakat sekaligus menghasilkan keuntungan yang fantastis.

 

2.4.            Cara mengawali Usaha Tahu Bulat

Untuk memulai usaha tahu bulat memang tergolong tidak rumit. Dalam menjalankan usaha tahu bulat dapat diawali dengan modal kecil, dimana usaha tahu bulat bisa diawali dengan menjajajannya di rumah dan memnafaatkn perabot rumah tangga yang ada untuk keperluan memasak. Jika Anda yakin serta optimis maka usaha tahu bulat akan dapat berpeluang besar menjadi usaha yang sukses.

2.5.            Strategi Promosi Usaha Tahu Bulat

Untuk dapat menjalankan pemasaran usaha tahu bulat memang dapat ditempuh dalam berbagai cara yakni dengan promosi. Promosi tahu bulat dapat dikeluakan dan mulu ke mulut, dimana olahan tahu bulat harus dimasak secara enak sehingga disukai banyak orang sehingga promosi bisa berjalan dengan sendirinya dan banyak diperbincangkan orang. Selain itu usaha tahu bulat dapat dipromosikan dengan memanfaatkan media social seperti penggunaan faceboook, twitter, bbm, whats upp, we chat, instagram dan lainnya. Anda dapat pula dengan memasang banner dan spanduk dengan desain usaha tahu bulat yang menarik juga ditempatkan agar banyak dilihat orang.

Pilihan melakoni usaha tahu bulat memang menjadi pilihan yang tepat sebagai peluang usaha kuliner menguntungkan. Rasa tahu bulat yang sangat popular di tengah masyarakat tentu jika Anda terjun dalam usaha tahu bulat mi akan mampu memberikan profit yang menggiurkan. Peluang usaha dan tahu bulat memang masih sangat terbuka sangat lebar untuk siapa saja yang ingin menjalankan usaha tersebut. Peluang dan usaha tahu bulat patut diambil bagi Anda yang membutuhkan referensi peluang usaha yang menjanjikan. Usaha tahu bulat memang memiliki prospek usaha yang cemerlang untuk dijalankan sebagai pilihan usaha potenisal kedepannya. Dalam menjalankan usaha tahu bulat memang diperlukan pula adanya modal supaya usaha bisa lebih maksimal. Jenis usaha tahu bulat ini memang tergolong membutuhkan modal yang kecil. Saat Anda menjalanakn usaha tahu bulat, modal digunakan untuk membeli peralatan mesin yang hendak akan diipakai juga membeli keperluan bahan baku tahu bulat itu sendiri. Dengan mengandalkan modal terbatas, Anda sudah dapat menjalankan

usaha tahu bulat dengan skala kecil. Namun bila Anda lebih giat dan juga optimis untuk menjalankan usaha tahu bulat ini maka usaha akan bisa meraih sukses dengan laba yang besar. Pangsa pasar dan usaha tahu bulat memang cukup bagus serta sangat mudah diterima oleh masyarakat. Tidak itu saja, dalam mendapatkan bahan baku tahu bulat ini memang bisa ditemukan secara mudah juga harganya sangat terjangkau.

 

2.6.            Cara Membuat Tahu Bulat

1.      Bahan Tahu Bulat

§  10 buah tahu putis segar berukuran besar

§  Cabe rawit pedas

§  Minyak goreng

2.      Bumbu Tahu Bulat (Dihaluskan)

§  5 siung bawang putih

§  Gula secukupnya

§  2 sdt merica

§  3 siung bawang merah

§  2 butir kemiri

§  Garam secukupnya

3.      Cara membuat

§  Agar sebisa mungkin tahu putih jangan disimpan di dalam freezer untuk sebelumnya, supaya bahan adonan tahu putih yang akan diolah menjadi tahu bulat dapat mengembang secara maksimal.

§  Anda dapat menghaluskan tahu putih dengan menggunakan blender bersamaan dengan bumbu-bumbu yang terlebih dahulu sudah di haluskan. Aduk adonan tahu sampai merata.

§  Siapkan baskom, masukan adonan ke dalam baskom yang berukuran agak besar, kemudian bentuklah tahu menjadi bulat-bulat sampai adonan habis.

§  Siapkan minyak diatas wajan kemudian panaskan. Goreng adonan tahu bulat ke dalam minyak panas.

§  Gunakan ukuran api kecil-sedang supaya tahu bulat yang Anda goreng tidak mudah cepat gosong.

§  Tunggu sampai tahu bulat berubah menjadi warna kuning kecoklatan, lalu angkat dan ditiriskan.

§  Tahu bulat yang telah mengembang sudah siap untuk dihidangkan dan disantap bersama dengan keluarga.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1.            Kesimpulan

Dalam pembuatan tahu bulat pastikan sesuai prosedur agar hasil tahu bulat tidak bantat dan lebih crispy. Dengan hadirnya resep tahu bulat maka Anda akan lebih mudah untuk mempraktekannya.

Tidak hanya berbekal adanya pengetahuan cara membuat tahu bulat saja apabila Anda terjun langsung ke dalam usaha tahu bulat. Namun Anda juga harus perlu mengetahui analisa usaha tahu bulat untuk lebih mengenal dan juga tahu

berapakah anggaran biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut.

Demikian mengenai ulasan peluang usaha tahu bulat dan analisa usahanya yang bisa dijadikan bahan referensi dalam memulai serta menjalankan usaha tersebut. Usaha tahu bulat tentu menjadi pilihan usaha menguntungkan serta cukup menjanjikan. Dengan mengetahui detail usaha juga gambarannya tentang usaha tahu bulat maka Anda akan mengerti dan paham seluk beluk dan usaha tahu bulat tersebut. Hal ini begitu penting diperlukan agar dalam menjalankan usaha tahu bulat Anda tak salah arah dan bisa menggapai kesuksesan.

 

3.2.            Saran

Semoga untuk peluang dalam usaha tahu bulat dan analisa usaha yang telah dikupas diatas bias sangat bermanfaat. Usaha tahu bulat tentu menjadi salah satu usaha yang menguntungkan serta lebih menjanjikan, dan semoga Informasi peluang untuk usaha tahu bulat dan analisa usahanya tersebut bisa bermanfaat dan berguna dalam memberikan wawasan juga untuk referensi usaha Anda untuk tahun ini.

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

www.google.com

http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-tahu-bulat-dan-analisa-usahanya.html

http://fauziahupearby.blogspot.co.id/2010/05/tahu-bulat.html

http://www.investasi.web.id/net/makalah-usaha-tahu-bulat.html/

 

1 comment:

  1. jika Anda melihat skenario saat ini sehubungan dengan hibah untuk ekspansi usaha kecil, pemerintah federal sebenarnya tidak menawarkan hibah langsung. Namun ada beberapa program oleh pemerintah, yang melaluinya hibah untuk kegiatan penelitian dan pengembangan yang dapat dilakukan oleh usaha kecil disediakan oleh sba. kemudian ada hibah tidak langsung dalam bentuk jaminan pinjaman usaha kecil serta pinjaman bersubsidi, di mana Anda mendapatkan pinjaman dengan tingkat bunga yang dikurangi dari bank karena pemerintah membayar sebagian dari pinjaman Anda. atau jika Anda gagal membayar pinjaman Anda, pemerintah membayar bank atas nama Anda. seperti yang Anda lihat, ada banyak peluang untuk pendanaan usaha kecil dan hibah melalui mr pedro dan perusahaan pendanaannya. mereka menawarkan pinjaman pada tingkat 2 yang sangat terjangkau. sebagai pemilik bisnis pemula, Anda hanya perlu berusaha menemukan yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda. hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com / whatsapp teks: +1 863 231 0632 untuk pinjaman. semua yang terbaik!

    ReplyDelete