CLICK HERE

Saturday, January 21, 2017

MAKALAH MENGEMBANGKAN SEMANGAT WIRAUSAHA (Kewirausahaan)

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang Masalah

Dalam berwirausaha banyak orang yang baru setengah jalan memulai usahanya namun mengalami kegagalan, hal itu terjadinya karena banyaknya kendala-kendala, serta tantangan yang selalu menghadang dalam kita berwirausaha. Salah satu kendala yang terbesar ialah kurangnya semangat atau antuisme dari diri perwirausaha tersebut.

Perlu diketahui bahwa dalam kita memulai suatu usaha atau bisnis atau bahkan pekerjaan apapun sangatlah diperlukan yang namanya antuisme atau semangat kerja, agar segala apa yang kita inginkan dapat terwujud dengan mudah. Terkadang orang menganggap tidak penting dengan yang namanya semangat. Tapi menurut penulis semangat sangatlah penting karena dengan semangat kita bisa menghidupkan atau bahkan mengendalikan suatu keadaan usaha yang sangat genting sekali. Dengan semangat jiwa yang besar pula kita dapat meraih yang namanya sukses,yaitu sukses dalam berwirausaha. Didalam Makalah ini Penulis menyajikan apa-apa saja faktor yang dapat meningkatkan semangat berwirausaha, kemudian faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dari semangat kerja wirausaha itu sendiri.   

 

1.2.Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam makalah ini adalah:

1.      Bagaimana cara mengembangkan semangta wirausaha?

2.      Apa saja faktor-faktor yang dapat meningkatnkan semangat wirausaha?

3.      Apa saja faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha?

 

1.3.Tujuan

Tujuan utama dibuatnya makalah ini ada;lah untuk memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Al-Ihya Banjarsari, dan tentunya pada umumnya  makalah ini juga bertujuan untuk siswa-siswi agar dapat memahami mengenai mengembangkan semangat wirausaha.

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.Mengembangkan Semangat  Wirausaha

1.      Pengertian Semangat

Menurut kamus besar bahasa indonesia, semangat ialah membara atau rasa antuisme yang tinggi.

2.      Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya. Ia bebas merancang, menentukan, mengelolah, mengendalikan semua usahanya. Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif dan kreatif berdaya, bercipta, berkarya dalam rangka meningkatkan pendapatan untuk kegiatan usahanya atau kiprahnya.

3.      Jiwa dan Sikap Wirausaha

Kewirausahaan dapat diartikan sebagai sikap dan perilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta, rasa, dan karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras, kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasi semua peluang dapat diperolehnya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Pada hakekatnya semua orang adalah wirausaha dalam arti mampu berdiri sendiri dalam menjalankan usahanya dan pekerjaannya guna mencapai tujuan pribadi, keluarga, masyarakat. Akan tetapi banyak diantara kita yang tidak berkarya untuk mecapai prestasi yang lebih baik untuk masa depannya.

Ada lima sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan juara. sikap - sikap inilah yang kemudian akan membantu wirausahawan tersebut dalam mengembangkan usahanya menjadi lebih baik.

 

1)      Memiliki kepercayaan diri yang tinggi

Kepercayaan diri yang dimiliki oleh seorang wirausahawan akan memunculkan sikap optimisme dalam mencapai target yang telah ditetapkan. sikap ini juga membantu wirausahawan dalam mengatasi keraguan dalam mengambil keputusan. namun sikap percaya diri ini jang sampai terlalu jauh karena akan berimbas pada kurangnya sikap waspada pada kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. bila seorang wirausahawan memiliki sikap percaya diri yang minimal ini tentu harus diperbaiki karena sikap ini akan membantu mereka dalam beradaptasi dengan keadaan dan lingkungan yang terburuk sekalipun.

2)      Memiliki sikap gemar belajar

Belajar tidak terbatas pada pendidikan formal. saat kita terjun ke masyarakat sebagai wirausahawan disana kita akan mendapatkan pembelajaran yang sesungguuhnya karena wirausaha sangat erat hubungannya dengan lingkungan sosial. kemampuan menyerap ilmu dalam kondisi serumit apapun menjadi nilai tambah bagi wirausahawan juara.

3)      Memilki keberanian dalam mengambil resiko

Menjadi seorang risk taker bukanlah pilihan yang mudah. terlebih bagi mereka yang memiliki banyak pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan. butuh keberanian lebih untuk mengatakan "oke saya ambil resiko itu agar bisnis saya bisa berkembang !". dalam setiap peluang bisnis ada resiko gagal. namun bukan kegagalan ini yang menjadi poin utama bagi seorang wirausahawan sukses, melainkan kemampuan untuk kembali bangkit lagi setelah gagal dan terjatuh yang membedakan wirausahawan juara dan wirausahawan rata - rata.

4)      Memiliki jiwa kepemimpinan dan komunikasi yang baik

Jiwa kepemimpinan mutlak dibutuhkan karena seorang wirausahawan akan dihadapkan pada banyak masalah dan dituntut untuk dapat mengambil keputusan dalam kondisi sesulit apapun. jiwa kepemimpinan tidak akan didapatkan melalui buku teori meskipun ada teori mengenai kepemimpinan tersebut. pengalaman adalah pahat yang membentuk jiwa kepemimpinan dalam diri seorang wirausahawan juara.

5)      Menikmati jam kerja yang panjang

Karyawan pada umumnya memiliki jam kerja tertentu yang sifatnya terbatas. berbeda dengan wirausahawan yang bebas menentukan jam kerjanya. namun dibalik kebebasan tersebut ada sebuah kompensasi yang harus dibayar, yaitu pengorbanan waktu. biasanya saat usaha baru dibentuk, seorang wirausahawan akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengembangkan usaha tersebut, bahkan waktu yang dihabiskan bisa jauh lebih banyak dari jam kerja karyawan pada umumnya. inilah yang memang seharusnya dijalani, maka dari itu nikmati saja semua perjalanan yang ada didalam pengembangan sebuah usaha karena wirausahawan juara akan lebih mementingkan visi jauh ke depan yang sudah ditetapkannya.

Itu semua adalah 5 sikap wirausaha juara yang bisa saya tuliskan. terbatas memang karena memang masih banyak sikap yang patutnya dimiliki seorang wirausahawan juara. oleh karena itu saya dengan tangan terbuka berharap adanya masukan dan saran apabila kawan - kawan memiliki ide - ide yang bisa ditambahkan untuk melengkapi isi tulisan ini. semoga bisa bermanfaat dan salam wirausaha.

 

2.2.Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Semangat Wirausaha

1.      Keinginan meniru figur seseorang yang sukses.

Meniru orang sukses bukan hanya sekedar mencari tahu resep sukses mereka, tetapi juga meniru semangat dan kerja keras mereka. Orang sukses adalah orang yang memiliki kepribadian positif, maka pelajari karakter positif mereka, yang membawa mereka pada kesuksesan.

2.      Rasa suka terhadap tantangan.

Tantangan dalam hidup bukan merupakan hal yang harus dihindari, tetapi justru harus dihadapi dengan cerdas dan selalu berfikir positif. Karena melalui tantangan-tantangan tersebut kita ditempa untuk menjadi lebih tangguh.

3.      Keinginan untuk tetap bertahan hidup

Hal ini merupakan naluri alamiah manusia, yaitu keinginan untuk mempertahankan hidupnya atau menyelamatkan hidupnya. Karena keinginan untuk bertahan hiduplah maka kita harus selalu mengasah kemampuan berfikir untuk mengembangkan hal-hal baru.

4.      Keinginan untuk memperbaiki taraf hidup yang lebih baik lagi, dari yang dijalan

Manusia merupakan sosok yang memiliki kecerdasaan dan perasaan. Maka selain bertahan hidup, secara naluri manusia juga berkeinginan dan berusaha untuk membuat hidup lebih nyaman dan lebih baik.

5.      Kegagalan yang dialami dalam meniti karir pekerjaan

Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Kita harus belajar dari kegagagalan kita sehingga muncul semagat baru untuk lebih berhasil.

6.      Adanya cita-cita untuk menjadi pengusaha.

Setiap manusia yang hidup pasti mempunyai cita-cita yang ingin digapai. Cita-cita tersebut merupakan harapan seseorang di masa yang akan datang, untuk mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha, maka kita harus terus belajar dan berani berusaha.

Ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Beberapa hal yang harus menjadi jiwa dari seorang wirausaha antara lain :

a.       Percaya Diri

Ini adalah sikap yang penting menurut saya karena merupakan paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan, yang bersifat internal, sangat relatif dan dinamis dan banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan. Kepercayaan diri akan mempengaruhi gagasan, karsa, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, dan kegairahan berkarya.

b.      Berorientasi Tugas dan Hasil

Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil, adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan kerja keras. Dalam kewirausahaan peluang hanya diperoleh apabila ada inisiatif. Perilaku inisiatif biasanya diperoleh melalui pelatihan dan pengalaman bertahun-tahun dan pengembangannya diperoleh dengan cara disiplin diri, berpikir kritis, tanggap, bergairah dan semangat berprestasi.

c.       Keberanian Mengambil Resiko

"No Pain No Gain" itu adalah istilah "barat" yang digunakan untuk mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita harus siap menerima rasa sakit. Wirausaha adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang. Wirausaha menghindari situasi risiko yang rendah karena tidak ada tantangan dan menjauhi situasi risiko yang tinggi karena ingin berhasil.

d.      Kepemimpinan

Jelas seorang wirausaha adalah seorang yang harus mampu memimpin, baik memimpin usahanya ataupun memimpin para pekerjanya. kepemimpinan yang baik akan dapat mengantarkan seorang wirausahawan menuju sukses.[5]

e.       Berorientasi ke masa depan

Seorang Wirausaha harus memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan, kuncinya adalah dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang. Jadi janganlah terpaku pada kondisi saat ini saja jika ingn berhasil, tetapi lihatlah peluang-peluang yang ada di masa depan.

f.       Keorisinilan : Kreatifitas dan Inovasi

Kalau mau jadi wirausahawan yang sukses haruslah dimulai dengan menjauhkan sikap plagiat atau suka meniru hasil karya orang lain. Kita harus bisa menciptakan sesuatu yang baru yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat selaku pasar dari usaha kita. Salah satu konsep yang dapat digunakan dan cukup mudah pelaksanaannya adalah Amati-Tiru-Modifikasi (ATM). Ciptakanlah produk hasil dari kreativitas pemikiran kita sendiri karena itu akan lebih dihargai oleh masyarakat.

 

 

 

2.3.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja Wirausaha

Semangat kerja wirausaha sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

§  Peluang usaha atau bisnisnya

§  Minat dalam usaha atau bisnisnya

§  Modalnya, apakah sudah tersedia

§  Relasinya, apakah dari keluarga, teman yang sudah menekuni usaha yang sama.

Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi semangat kerja wirausaha antara lain faktor dukungan keluarga, famili, teman, pengalaman usaha, keadaan ekonomi, keadaan lapangan kerja, dan sumber daya yang tersedia. Selanjutnya, masih ada faktor lain yang dapat mempengaruhi semangat kerja wirausaha, yaitu pertimbangan antara pengalaman dengan spirit, energi, dan rasa optimis dalam keberhasilan usaha atau bisnisnya.

Di dalam mengembangkan semangat kerja wirausaha, Murphy and Peck (1980:8) mengembangkan delapan anak tangga untuk mencapai puncak karir dalam berwirausaha. Delapan anak tangga tersebut digunakan untuk mengembangkan semangat kerjanya dan profesinya dengan syarat:

§  Mau bekerja keras (capacity for hard work)

§  Bekerja sama dengan orang lain (getting thing done with and thought people)

§  Penampilan yang baik (good appearance)

§  Mempunyai keyakinan (self confidence)

§  Pandai membuat keputusan (making sound decision)

§  Mau menambah pengetahuan (college education)

§  Ambisi untuk maju (ambition drive)

§  Pandai berkomunikasi (ability communicate)

Adapun letak keberhasilan di dalam mengembangkan semangat kerja wirausaha ditentukan oleh:

§  Kemampuan merumuskan tujuan usaha

§  Pemahaman tentang hakikat dan makna berwirausaha

§  Sikap dan kemauan serta tindakan-tindakannya

§  Keberanian untuk mengambil inisiatif dan inovatif

§  Kecakapan dalam mengelola usaha

§  Kratifitas dan percaya diri

§  Pengalaman dan pendidikannya

BAB III

PENUTUP

 

3.1.Kesimpulan

Dalam berwirausaha sangat diperlukan semangat, maksud semangat disini ialah bagaimana seorang pewirausaha memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya. Semangat dalam wirausaha yang penting karena dengan semangat yang tinggi dapat menunjang keberhasilan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan semangat berwirausaha, yaitu :

1)      Keinginan meniru figur seseorang yang sukses.

2)      Rasa suka terhadap tantangan.

3)      Keinginan untuk tetap bertahan hidup

4)      Keinginan untuk memperbaiki taraf hidup yang lebih baik lagi, dari yang dijalani

5)      Kegagalan yang dialami dalam meniti karir pekerjaan

6)      Adanya cita-cita untuk menjadi pengusaha.

Faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha

1)      Peluang usaha atau bisnisnya

2)      Minat dalam usaha atau bisnisnya

3)      Modalnya, apakah sudah tersedia

4)      Relasinya, apakah dari keluarga, teman yang sudah menekuni usaha yang sama.

 

3.2.Kritik dan Saran

Makalah ini penulis susun dengan sangat sederhana, sehingga besar kemungkinan banyak kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kebesaran hati teman-teman dan pembaca agar kiranya memberikan kritik dan saran yang dapat melengkapi kekurangan makalah ini.

 

 

 

 

DAFTAR  PUSTAKA

 

Jamaludin Harisman. 2010. Kewirausahaan. Pekanbaru : FKIP

Risky Maulana dan Putri Amelia. 2008. Kamus Pelajar Bahasa Indonesia. Surabaya : Lima Bintang.

Didcah.Wordpress.com/2012/11/28/kewirausahaan.

File:///E:KEWIRAUSAHAAN/orientasi.html

http://rurink.blogspot.com.2011/08/semangat-warausaha.html.

http://srierdawati.blogspot.co.id/2013/05/makalah-wirausaha.html

 

 

                                          

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia Nyalah, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tepat pada waktunya.

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Al-Ihya Banjarsari tahun ajaran 2015/2016, dengan judul “Mengembangkan Semangat Wirausaha”.

Dalam penyelesaian makalah ini, kami diharapkan mampu memahami materi mengenai bagaimana cara mengembangkan semangat wirausaha. Walaupun dalam penyelesaiannya banyak mengalami kesulitan terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.

Makalah ini mungkin masih jauh dari kata sempurna, dengan masih banyaknya kekurangan dalam makalah ini, kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca, dan harapan kami kedepan supaya makalah ini dan berikutnya dapat lebih baik dan lebih berguna lagi bagi kita semua.

 

 

Banjarsari,     April  2016

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................... i

DAFTAR ISI .................................................................................................... ii

BAB  I  PENDAHULUAN .............................................................................. 1

1.1.Latar Belakang ....................................................................................... 1

1.2.Rumusan Masalah .................................................................................. 1

1.3.Tujuan  .................................................................................................... 1

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2   

2.1. Mengembangkan Semangat Wirausaha .............................................    2

2.2. Faktor-faktor yang Meningkatkan Semangat Wirausaha  .................    4

2.3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja Wirausaha  ......    4

 

BAB III PENUTUP ......................................................................................    8

3.1. Kesimpulan ........................................................................................    8

3.2. Kritik dan Saran  ...............................................................................    8

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................    9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment