CLICK HERE

Saturday, January 7, 2017

MAKALAH Usaha Kecil SIOMAY

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang

Dengan usaha yang ada sekarang ini sudah terbilang banyak dan beranekahragam usaha yang berkembang, jumlah penduduk yang terus bertambah, perekonomian yang semakin sulit dan lapangan kerja yang peluangnya semakin sedikit, membuat penduduk semakin banyak menganggur. Buat saya masalah yang cenderung sekarang ini tidak jadi persoalan selama ada kemauan dari kita memamfaatkan kemampuan dari skiel yang ada pada kita bisa mengurangi permasalahan permerintah soal penggangguran dan masalah krisis ekonomi sekarang ini menyalurkan bakat dengan membuka usaha seperti berdagang menjual barang lansung kepada konsumen, apalagi untuk sekarang jumlah penduduk dengan terus bertambah peradapan manusia semakin berkembang dan kemajuan teknologi yang sangat canggih, maka selera masyarakat akan makanan semakin tinggi. Masyarakiat yang sibuk bekerja lebih memilih untuk membeli makanan extra saji yang cepat dan praktis daripada membuatnya sendiri, denga demikian didasari dengan begitu saya meminati untuk membuat usaha siomay secara kecil-kecilan.    

       Adanya kuliner siomay tidak lepas dari peran pendatang dari berbagai penjuru nusantara, khususnya dari pulau jawa. Meskipun siomay bukan kuliner khas Ciamis ,namun masyarakatnya menyukai rasa siomay. Bentuk siomay bermacam-macam.ada yang  berbentuk bulat yang terbuat dari adonan ikan dan sagu, juga ada yang berisi telur, dan dari sayur kol yang di lumuri  bumbu siomay.

 

1.2.Rumusan Masalah

1.      Apa usaha siomay itu?

2.      Bagaimana peluang usaha siomay?

3.      Jelaskan deskripsi dari usaha siomay?

4.      Bagaimana Proses kegiatan membuat siomay?

 

 

1.3.Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan maklah ini yaitu seperti hal nya rumusan masalah di atas yaitu untuk mengetahui tentang usaha kecil Siomay.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.Sekilas Tentang Siomay

Siomay di Indonesia tidak hanya disajikan dengan siomay saja, namun ditambah juga dengan berbagai sayuran yang sehat dan penuh manfaat. Menu tambahannya itu mulai dari kentang, kol, pare, tahu, hingga telur ayam. Kadang di dalam menu siomay juga dimasukan otak-otak dan pangsit basah yang membuat kaya rasanya.

Siomay Indonesia disajikan tidaklah kering tanpa bumbu seperti yang ada di China. Ini juga yang menjadi khasnya Indonesia, karena siomay akan disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan nikmat, serta pastinya yang sedikit pedas. Bumbu kacang pun kini tidak selalu penjadi patokan utama siomay, karena sudah banyak penjual siomay mengganti bumbu kacang dengan kuah kaldu ayam atau kuah asam manis. Hal ini menambah    banyak cita    rasa siomay.

Orang-orang juga bangga dengan siomay meskipun awalnya dari China, tapi di Indonesia siomay pun sudah menjadi bagian dari kuliner tradisional yang patut dilestarikan

 

2.2.Peluang Usaha Siomay

Makanan siomay ini telah tersohor dan sudah dijual belikan sejak lama, yang dijajakan oleh orang dengan etnis Cina dan juga kaum pribumi. Banyak sekali yang telah memulai bisnis siomay mi karena memang sangat disukai

banyak masyarakat dan semua kalangan. Kita bisa menjumpai dengan mudah siomay ini seperti di warung makanan atau tempat tongkrongan. Dengan banyaknya para pengusaha siomay membuat mereka harus putar otak untuk

memuat siomay yang dikelola tetap disukai. Siomay ini dapat dibeli dengan harga yang terjangkau dipinggir jalan dengan keuntungan yang diperoleh para pedagang ini cukup banyak. Tempat keramaian adalah sasaran empuk yang banyak dituju oleh para pedagang siomay ini.

 

2.3.Deskripsi Usaha Kecil Siomay

1.      Bahan Baku

Bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan siomay  yaitu daging tenggiri. tepung tapioka, tepung kanji, serta tepung terigu. Untuk bahan bumbu yang diperlukan adalah bawang putih, bawang merah, garam. penyedap rasa, dan gula. Untuk pelengkap dan makanan siomay bisa ditambah dengan taburan bawang goreng agar Iebih beraroma dan nikmat. Pembuatan siomay idak menggunakan takaran. Pada setiap pedagang siomay biasanya memiliki takaran sendiri, sehingga rasa yang dihasilkan memiliki ciri khas atau rasa yang berbeda-beda. Bila Anda akan membuat bisnis siomay maka sebaiknya coba dahulu beberapa takaran yang dengan bumbu serta bahan baku.

2.      Tempat Usaha

Pilihlah lokasi yang dirasa strategis dan bisa dijadikan tempat yang cocok untuk berjualan siomay. Lokasi tersebut seperti wilayah permukiman atau perumaha penduduk, daerah sekitar sekolahan, perkantoran, kampus dan juga pinggirjalan yang banyak dilalui orang. Makanan siomay mi bukanlah makanan pokok sehingga banyak orang yang membeli siomay untuk cemilan sebelum makan atau pun sesudah makan. Biasanya hanya digunakan sebagai pengganjal perut saat sedang kelaparan. Jadi, carilah lokasi yang sesuai untuk berjualan dan dapat dijangkau oleh para pembeli.

3.      Perlengkapan Usaha

Pada umumnya usaha siomay  kebanyakan dijalankan oleh pedagang kaki lima. Untuk  kebanyakan para pedagang kaki lima ini menggunakan etalase atau gerobak yang merupakan perlengkapan usaha wajib dimiliki oleh pengusaha yang ingmn menjalankan bisnis siomay ini. Anda juga harus menyediakan peralatan memasak seperti tabung gas dengan kompor. dandang, panci, spatula. wajan yang digunakan untuk memasak dan harus dimiliki untuk menjalankan blsnls siomay menjadi leblh lancar. Selain peralatan tersebut Anda juga wajib memiliki peralatan makan seperti pirring, garpu, sendok, gelas, meja dan kursi sebagai pelengkapan usaha lain.

4.      Promosi

Cara mempromosikan siomay  bisa dengan cara memasang spanduk yang merupakan salah satu promosi yang paling sederhana dan bisa dijalankan pada saat mengawali suatu bisnis. Buat isian spanduk dengan tulisan yang

menarik serta gambar yang bagus, cara ini akan membuat setiap orang menjadi tertarik dan ingin segera mencicipi siomay yang Anda tawarkan. Selain hal tersebut promosi dan mulut ke mulut ini akan terjadi dengan sendirinya oleh karena itu maka Anda harus bisa mempertahankan rasa siomay, kualitas, kebersihan, kehigienisan dan pelayanan pada bisnis siomay yang Anda kelola.

5.      Resiko Usaha Siomay

Resiko yang dihadapi dalam menjalankan bisnis siomay adalah persaingan yang berat atau ketat. Usaha ini banyak dijalankan karena modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar dan cara pembuatan siomay ini tidaklah rumit sehingga banyak berminat untuk menjalankan binis siomay ini. Cita rasa dan kenaikan harga yang memiliki rasa tidak lebih enak dan siomay pedagang lainnya akan membuat masalah bagi kemajuan usaha siomay Anda. Untuk mengatasi hal tersebut cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencarl tempat yang sangat strategis dan banyak dilalui oleh orang sehingga siomay yang Anda jual nantmnya dapat terjual.

 

2.4.Proses Kegiatan Membuat Siomay

1.      Cara Membuat Adonan Siomay

·         Ikan Tuna    50 kg

·         Tepung Kanji    25 kg

·         Tepung terigu    5 kg

·         Tahu    600 biji

·         Bawang Putih    5 ons

·         Daun Bawang    5 ons

·         Daun sup    5 ons

·         Telur     10 butir

·         Garam     50 gram

·         Msg     1 ons

·         Masako    20 sachet

·         Merica    50 gram

 

2.      Bahan-bahan pembuatan siomay

Keterangan proses pembuatan adonan :

·         ikan tuna di giling halus.

·         Setelah ikan di giling, campurkan tepung kanji dan tepung terigu lalu aduk hingga merata

·         Campurkan bumbu-bumbu adonan yang telah disiapkan ke dalam adonan somay

·         Setelah semuanya tercampur rata, kemudian kita membuat bulatan-bulatan somay kecil dan besar

·         Kemudian kita kukus bulatan siomay yang telah kita buat selama 15 menit

·         Setelah matang lalu angkat dan tiriskan.

Setelah siomay jadi,kita lanjutkan membuat  bumbu kacang siomay

3.      Cara Membuat bumbu kacang siomay.

Bahan bumbu kacang siomay  

·         Kacang tanah    7,5 kg

·         Bawang putih    1 ons

·         Daun jeruk    10 lembar

·         Cabe keriting    1 0ns

·         Garam    secukupnya

·         Gula merah    2 ons

·         Msg    10 gram

·         Saos sambal    5 bungkus

·         Gula pasir    2,5 ons

·         Kecap Manis    1 botol

 

 

 

4.      Bahan bumbu kuah siomay

Keterangan proses Pembuatan kuah somay:

·         Terlebih dahulu kita menggoreng kacang hingga matang

·         Lalu kita  dan campurkan bawang putih, daun jeruk,dan cabe keriting

·         Setelah itu kita tiriskan

·         Kemudian kita masukkan kacang beserta bumbu yang kita goreng tadi ke dalam blender, dan kita blender hingga halus

·         Setelah kita blender lalu kita merebus bumbu kacang tersebut selama 15 menit dan kita tambahkan gula merah, garam, msg,dan masako.

·         Lalu angkat dan tiriskan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1.Kesimpulan

Seiring berkembangnya zaman jajanan kuliner tradisional juga harus menyesuaikan dengan keadaan zaman sekarang. Mari kita merubah sistem penjualan yang dari dulu secara monotone ke arah yang setara makanan kuliner seperti di restoran-restoran. Dengan begitu kuliner siomay pun tidak ketinggalan zaman. Hal tersebut tak bisa di wujudkan tanpa ada bantuan pihak ketiga yang memberi modal. Sesuai dengan sistem kerjasama para penanam modal kita harus membagi keuntungan yang kita dapatkan. Dengan lebih mengedepankan kualitas dan mutu  yakin para penanam modal akan senang menanamkan modalnya pada usaha siomay ini. 

 

3.2.Saran

Menjual bukan usaha yang memalukan, namun dari usaha menjual kita bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Dengan niat dan tekad yang bulat yakinlah segala hal yang kita pikirkan sulit pasti akan mudah kita jalani. hal yang patut kita hargai adalah rasa malu, namun kita bukan mengurung rasa malu kita terus menerus tetapi kita olah rasa malu tersebut menjadi sebuah sugesti kita agar kita bisa menjadi pribadi yang tegar, mau berusaha, dan bekerja keras. Hidup adalah perjuangan dan perjuangan dan jangan malu melakukan pekerjaan yang halal tpi malulah terhadap pekerjaan yang tidak halal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://irwansyahazzura.blogspot.co.id/2013/01/makalah-pengembangan-siomay.html

http://marina-dionk.blogspot.co.id/2010/11/tugas-kelompok-produksi-dan-pembuatan.html

http://irwansyahazzura.blogspot.co.id/2013/01/makalah-usaha-siomay.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Tugas mata pelajaran Kewirausahaan yang berjudul “USAHA KECIL SIOMAY”.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat membangun atau memperbaiki tulisan ini sangat kami harapkan.

Terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini. Semoga makalah ini terwujud dalam bentuk kewirausahaan yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya yang bagi diri kami pribadi.

 

Banjarsari,   Agustus 2016

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ...................................................................................... i

DAFTAR ISI ...................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN .................................................................................. 1

1.1.  Latar Belakang .................................................................................. 1

1.2.  Rumusan Masalah ............................................................................. 1

1.3.  Tujuan Penulisan  ..........................................................................      2                          

BAB II PEMBAHASAN ................................................................................... 3

2.1. Sekilas Tentang Siomay  ................................................................... 3

2.2. Peluang Usaha Siomay ...................................................................... 3

2.3. Deskripsi Usaha Kecil Siomay  ......................................................... 4

2.4. Proses Kegiatan Membuat Siomay .................................................... 5

 

BAB III PENUTUP  .......................................................................................... 8

3.1. Kesimpulan  ...................................................................................... 8

3.2. Saran  ........................................................................................... .... 8

DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... .... 9

 

 

 

 

 

2 comments: