CLICK HERE

Wednesday, October 23, 2019

MAKALAH/PROPOSAL USAHA KECIL : DONAT

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.  Alasan Pembuatan Proposal Usaha

Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk menjalin kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu:

a.       Alasan Edukasi

·         Proposal ini merupakan syarat untuk mengikuti ujian praktek kewirausahaan.

·         Untuk mengukur kemampuan siswa untuk berwirausaha

b.      Alasan Bisnis

·         Merupakan persyaratan wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.

·         Mengundang orang-orang yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama

·         Mengatur pembentukan kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.

·         Menjamin adanya fokus tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan.

 

1.2.  Ruang Lingkup Usaha

Dalam segmen ini akan dijelaskan secara singkat mengenai proposal usaha yaitu membahas antara lain :

a.         Manajemen/ Organisasi Usaha

Dapat diartikan sebagai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu kegiatan atau badan usaha dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

b.        Keuangan

Adanya suatu bagian yang menangani permasalahan pendapat, pengeluaran dan keuntungan pada kegiatan usaha. Masalah keuangan ini mencakup tentang sumber modal baik dalam maupun luar, proyeksi keuangan (modal investasi dan modal kerja), menentukan modal kerja dan menghitung laba ruginya.

c.         Produksi

Kegiatan yang menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau menjelaskan mengenai jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses produksi.

d.        Pemasaran

Pemasaran dapat diartikan sebagai suatu keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan merencanakan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa. Masalah pemasaran ini mencakup mengenai distribusi, produksi saingan daerah pemasaran serta pemasarannya.

 

 

BAB II

DISKRIPSI USAHA

 

 

2.1.       Manajemen Usaha

a.       Rangkuman Eksekutif

Manajemen Pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan untuk mendapat peluang usaha.

b.      Sasaran Usaha

Sasaran utama (pelanggan) dari bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.  

c.       Manajemen

Usaha ini keluarga kami yang mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.  

 

2.2. Visi

 Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.

 

2.3. Misi

Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen agar konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk kami dan mendapat kepercayaan dari konsumen. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini.

 

2.4. Tujuan

Melalui hal ini saya berusaha untuk:

·         Belajar dan mencari pengalaman berwirausaha

·         Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan

·         Memenuhi kebutuhan masyarakat

·         Menanggulangi pengangguran sejak dini

 

2.5. Faktor Dan Kunci Keberhasilan

·         Mengedepankan kwalitas produksi

·         Harga terjangkau

·         Pemasaran luas

·         Menerima permintaan pelanggan yang diminta pelanggan

 

2.6. Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu dalam pemilihan dan penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha terjamin. Usaha ini bertempat di alun-alun Kecamatan Banjarsari

 

2.7. Struktur Organisasi

Struktur organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.

Dalam suatu struktur organisasi nantinya kita akan mengetahui sistem manajemen dari organisasi tersebut kemudian dengan struktur organisasi itu akan lebih mudah melakukan koordinasi dan mengetahui tugas masing-masing.

Dari struktur organisasi diatas dapat dijelaskan bahwa pimpinan memegang kendali perusahaan, kemudian untuk melaksanakan usahanya dibantu oleh tenaga kerja dan bendahara atau administrasi.

Kewajiban dan tanggungjawab setiap bagian:

v  Pemimpin usaha

Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsung dalam proses usaha.

v  Administrasi

Mengurusi masalah keluar masuknya uang

v  Tenaga kerja

1.      Mengerjakan semua proses produksi

2.      Memasarkan barang dagangan

3.      Mematuhi peraturan dari pimpinan

4.      Mengerjakan proses memasak makanan usaha

 

2.8. Analisis Swot

a.       Strength (Keunggulan)

1.      Produk mudah dipasarkan

2.      Cita rasa produk yang khas

3.      Harga terjangkau

b.      Weakness (Kelemahan)

Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak,lezatbergizi dan dapat memuaskan pembeli.

c.       Opprtunity (Peluang)

Donat yang dijual mempunyai cita rasa yang khas dan tinggi. Harga terjangkau

d.      Treatment (Ancaman)

Adanya pesaing yang membuat Donat jenis lain dengan harga setara.

e.       Kesimpulan

Bahwa usaha tersebut layak dilakukan dengan perbandingan S + O = 5 dan W + T = 2

 

2.9. Program Kerja

Uraian Program Kerja

Tanggal

Mulai

Tanggal selesai

Penanggung jawab

Penentu Jenis Usaha

10-01-2014

25-01-2014

Semua Anggota

Menyusun Bussines Plan

25-01-2014

31-01-2014

Semua Anggota

Menyusun Anggaran Biaya

01-02-2014

08-02-2014

Semua Anggota

Melakukan Proses Pemasaran

09-02-2014

07-03-2014

Semua Anggota

 

 

2.10.   Keuangan

Keuangan merupakan rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:

a.             Sumber Modal Investasi

Pada tahap pertama menekankan penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien. Dalam udaha ini sumber modal saya peroleh dari tabungan sendiri, sebagai berikut:

 

Uraian

Jumlah

Modal sendiri

Rp.

100.000

Modal pembuatan produk

Rp.

2.000

Kemasan

Rp.

10.000

Tepung Terigu

Rp.

20.000

Gula

Rp.

15.000

Telur

Rp.

15.000

Margarin

Rp.

10.000

Ragi

Rp.

10.000

Garam

Rp.

5.000

Gas

Rp.

13.000

Keterangan  Rp. 100.000 = 100 bungkus

                     Rp. 1000     = 1 bungkus

 

b.       Rencana Penjualan

Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan usaha dalam 1 bulan pertama direncanakan sebagai berikut:

 

Produksi :

No

Uraian

Jumlah

Produksi (Unit/Potong)

Harga Satuan

(Rp)

Jumlah Produksi (Rp)

1

Minggu 1

100

Rp.1000

Rp.100.000

2

Minggu 2

200

Rp.1000

Rp.200.000

3

Minggu 3

300

Rp.1000

Rp.300.000

4

Minggu 4

400

Rp.1000

Rp.400.000

 

Penjualan

 

No

Uraian

Jumlah

Produksi (Unit)

Harga Jual

(Rp)

Jumlah Penjualan(Rp)

Laba (Rp)

1

Minggu 1

100

Rp. 2.000

Rp.  200.000

Rp. 100.000

2

Minggu 2

200

Rp. 2.000

Rp.  400.000

Rp. 200.000

3

Minggu 3

300

Rp. 2.000

Rp.  600.000

Rp. 300.000

4

Minggu 4

400

Rp. 2.000

Rp.  800.000

Rp. 400.000

 

 

Proyeksi Cash Flow 1 bulan

Uraian

0

I

II

III

IV

Saldo Kas

Laba

Penjualan

Rp. 100.000

Rp.   100.000

Rp.   100.000

Rp.   200.000

Rp. 200.000                  

Rp. 200.000

Rp. 400.000

Rp. 400.000

Rp. 300.000

Rp. 600.000

Rp. 700.000

Rp. 400.000

Rp. 800.000

Pengeluaran

Bahan

Rp.   100.000

Rp. 200.000

Rp. 300.000

Rp. 400.000

Saldo Kas

Rp. 100.000

Rp. 200.000

Rp. 400.000

Rp. 700.000

Rp. 1.100.000

 

 

 

 

2.11.        Produksi

Produksi adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru.

a.             Jenis Produksi

Usaha yang saya jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan “DONAT”.

b.            Bahan Baku

Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara lain :

a)              Tepung Terigu

b)              Telur

c)              Mentega

d)             Gula Pasir

e)              Ragi

f)               Garam

g)              Air Mineral

Sehingga perlu dilakukan proses pengolahan lebih lanjut untuk menjadi “DONAT” siap jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan.

c.             Proses Produksi

Berikut ini saya akan menguraikan proses produksi pembuatan dan penjualan DONAT :

Pembuatan serta kemasaan sebagai berikut :

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  2. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
  3. Pipihkan adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
  4. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Celup ke cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.

 

Tahap selanjutnya yaitu kemasan, cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di celup ke cokelat masak pekat leleh dan di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang sudah diberi logo.

d.            Biaya Produksi

Pengeluaran biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :

Biaya bahan baku Donat                                     : Rp. 75.000,-

Biaya pembuatan produk /tenaga kerja                            : Rp. 15.000,-

Biaya kemasan                         : Rp. 10.000,-   +

 

Jumlah biaya                                                         : Rp. 100.000,-

 

 

2.12.        Pemasaran

Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan DISTRIBUTION”

a.             Produk

               Didalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.

b.            Price (Harga)

                Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

      Bentuk rincian :

      Total penjualan          :  Rp. 2.000.000

      Total produksi           :  Rp. 1.000.000  -

      Laba Kasar                :  Rp. 1.000.000

      Biaya                         :  Rp.      60.000  -

      Laba Bersih               :  Rp.    940.000

 

c.             Promosi

                Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan.

d.            Distribusi

                Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :

1.      Distribusi secara langsung

2.      Distribusi secara tidak langsung

         Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh masyarakat luas.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

Dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.

Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, saya memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.

Usaha saya bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha saya yang mulai dibentuk pada bulan Januari 2014.

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal perusahaan dengan tepat waktu.

Proposal kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi tugas sekolah. Disamping itu proposal ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini saya haturkan rasa terima kasih kepada Semua pihak yang membantu menyelesaikan penyusunan proposal kegiatan usaha ini.

Saya menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal serta usaha yang dijalankan.

Semoga proposal kegiatan usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.

 

 

 

No comments:

Post a Comment