MAKALAH/PROPOSAL USAHA KECIL : DONAT
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Alasan Pembuatan Proposal Usaha
Proposal
usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk
mengembangkan semua unsur yang relevan, sehingga orang luas tertarik untuk
menjalin kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang
penting, yaitu:
a.
Alasan Edukasi
·
Proposal ini merupakan
syarat untuk mengikuti ujian praktek kewirausahaan.
·
Untuk mengukur kemampuan
siswa untuk berwirausaha
b.
Alasan Bisnis
·
Merupakan persyaratan
wirausahawan sebagai pemilik dan pemegang inisiatif dalam membuka usaha.
·
Mengundang orang-orang
yang potensial untuk bergabung dan bekerjasama
·
Mengatur pembentukan
kerjasama dengan perusahaan lain yang sudah ada dan saling menguntungkan.
·
Menjamin adanya fokus
tujuan dari berbagai personil yang ada dalam perusahaan.
1.2. Ruang Lingkup Usaha
Dalam
segmen ini akan dijelaskan secara singkat mengenai proposal usaha yaitu
membahas antara lain :
a.
Manajemen/ Organisasi
Usaha
Dapat
diartikan sebagai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu
kegiatan atau badan usaha dalam rangka mencapai tujuan tertentu.
b.
Keuangan
Adanya
suatu bagian yang menangani permasalahan pendapat, pengeluaran dan keuntungan
pada kegiatan usaha. Masalah keuangan ini mencakup tentang sumber modal baik
dalam maupun luar, proyeksi keuangan (modal investasi dan modal kerja),
menentukan modal kerja dan menghitung laba ruginya.
c.
Produksi
Kegiatan
yang menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru. Dalam masalah ini atau
menjelaskan mengenai jenis produksi, bahan baku, dan bahan penolong proses
produksi.
d.
Pemasaran
Pemasaran dapat
diartikan sebagai suatu keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan
merencanakan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa.
Masalah pemasaran ini mencakup mengenai distribusi, produksi saingan daerah
pemasaran serta pemasarannya.
BAB II
DISKRIPSI USAHA
2.1. Manajemen Usaha
a.
Rangkuman Eksekutif
Manajemen Pemasaran adalah suatu usaha untuk
merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan
pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua tujuan organisasi secara
efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk menganalisis pasar dan
lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan untuk mendapat peluang
usaha.
b.
Sasaran Usaha
Sasaran utama (pelanggan) dari bisnis ini adalah semua
masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka
keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta
membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.
c.
Manajemen
Usaha ini keluarga kami yang mengelola dan kami mengajak
kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.
2.2. Visi
Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan
pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.
2.3. Misi
Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi
konsumen agar konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk kami dan mendapat
kepercayaan dari konsumen. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat
mengembangkan usaha ini.
2.4. Tujuan
Melalui hal ini saya berusaha untuk:
·
Belajar dan mencari
pengalaman berwirausaha
·
Berperan sebagai
pencipta lapangan pekerjaan
·
Memenuhi kebutuhan
masyarakat
·
Menanggulangi
pengangguran sejak dini
2.5. Faktor Dan Kunci Keberhasilan
·
Mengedepankan kwalitas
produksi
·
Harga terjangkau
·
Pemasaran luas
·
Menerima permintaan
pelanggan yang diminta pelanggan
2.6. Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap
kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu dalam pemilihan dan
penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang
dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha terjamin. Usaha ini bertempat
di alun-alun Kecamatan Banjarsari
2.7. Struktur Organisasi
Struktur organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk
mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama
orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu
tujuan.
Dalam suatu struktur organisasi nantinya kita akan
mengetahui sistem manajemen dari organisasi tersebut kemudian dengan struktur
organisasi itu akan lebih mudah melakukan koordinasi dan mengetahui tugas
masing-masing.
Dari struktur organisasi diatas dapat dijelaskan bahwa
pimpinan memegang kendali perusahaan, kemudian untuk melaksanakan usahanya
dibantu oleh tenaga kerja dan bendahara atau administrasi.
Kewajiban dan tanggungjawab setiap bagian:
v
Pemimpin usaha
Bertanggungjawab
penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsung dalam proses usaha.
v
Administrasi
Mengurusi
masalah keluar masuknya uang
v
Tenaga kerja
1.
Mengerjakan semua proses
produksi
2.
Memasarkan barang
dagangan
3.
Mematuhi peraturan dari
pimpinan
4.
Mengerjakan proses
memasak makanan usaha
2.8. Analisis Swot
a.
Strength (Keunggulan)
1.
Produk mudah dipasarkan
2.
Cita rasa produk yang
khas
3.
Harga terjangkau
b.
Weakness (Kelemahan)
Membutuhkan
tenaga kerja yang mampu membuat rasa khas enak,lezat, bergizi dan dapat memuaskan pembeli.
c.
Opprtunity (Peluang)
Donat yang dijual mempunyai cita rasa yang khas dan
tinggi. Harga terjangkau
d.
Treatment (Ancaman)
Adanya
pesaing yang membuat Donat jenis lain dengan harga setara.
e.
Kesimpulan
Bahwa usaha tersebut layak dilakukan dengan perbandingan
S + O = 5 dan W + T = 2
2.9. Program Kerja
Uraian Program Kerja |
Tanggal Mulai |
Tanggal selesai |
Penanggung jawab |
Penentu Jenis Usaha |
10-01-2014 |
25-01-2014 |
Semua Anggota |
Menyusun Bussines Plan |
25-01-2014 |
31-01-2014 |
Semua Anggota |
Menyusun Anggaran Biaya |
01-02-2014 |
08-02-2014 |
Semua Anggota |
Melakukan Proses Pemasaran |
09-02-2014 |
07-03-2014 |
Semua Anggota |
2.10. Keuangan
Keuangan merupakan rincian dari biaya-biaya yang
diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal
awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow (1 bulan),
perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:
a.
Sumber Modal Investasi
Pada tahap pertama menekankan penggunaan nilai investasi
secara efektif dan efisien. Dalam udaha ini sumber modal saya peroleh dari
tabungan sendiri, sebagai berikut:
Uraian |
Jumlah |
|
Modal sendiri |
Rp.
|
100.000 |
Modal pembuatan produk |
Rp.
|
2.000 |
Kemasan |
Rp.
|
10.000 |
Tepung Terigu |
Rp.
|
20.000 |
Gula |
Rp.
|
15.000 |
Telur |
Rp.
|
15.000 |
Margarin |
Rp.
|
10.000 |
Ragi |
Rp.
|
10.000 |
Garam |
Rp.
|
5.000 |
Gas |
Rp.
|
13.000 |
Keterangan Rp. 100.000
= 100 bungkus Rp. 1000 = 1 bungkus |
b. Rencana
Penjualan
Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan usaha
dalam 1 bulan pertama direncanakan sebagai berikut:
Produksi :
No |
Uraian |
Jumlah Produksi (Unit/Potong) |
Harga Satuan (Rp) |
Jumlah Produksi (Rp) |
1 |
Minggu 1 |
100 |
Rp.1000 |
Rp.100.000 |
2 |
Minggu 2 |
200 |
Rp.1000 |
Rp.200.000 |
3 |
Minggu 3 |
300 |
Rp.1000 |
Rp.300.000 |
4 |
Minggu 4 |
400 |
Rp.1000 |
Rp.400.000 |
Penjualan
No |
Uraian |
Jumlah Produksi (Unit) |
Harga Jual (Rp) |
Jumlah Penjualan(Rp) |
Laba (Rp) |
1 |
Minggu 1 |
100 |
Rp. 2.000 |
Rp. 200.000 |
Rp. 100.000 |
2 |
Minggu 2 |
200 |
Rp. 2.000 |
Rp. 400.000 |
Rp. 200.000 |
3 |
Minggu 3 |
300 |
Rp. 2.000 |
Rp. 600.000 |
Rp. 300.000 |
4 |
Minggu
4 |
400 |
Rp. 2.000 |
Rp. 800.000 |
Rp. 400.000 |
Proyeksi Cash Flow 1
bulan
Uraian |
0 |
I |
II |
III |
IV |
Saldo Kas Laba Penjualan |
Rp. 100.000 |
Rp. 100.000 Rp. 100.000 Rp. 200.000 |
Rp. 200.000 Rp. 200.000 Rp. 400.000 |
Rp. 400.000 Rp. 300.000 Rp. 600.000 |
Rp. 700.000 Rp. 400.000 Rp. 800.000 |
Pengeluaran Bahan |
Rp. 100.000 |
Rp. 200.000 |
Rp. 300.000 |
Rp. 400.000 |
|
Saldo Kas |
Rp. 100.000 |
Rp. 200.000 |
Rp. 400.000 |
Rp. 700.000 |
Rp. 1.100.000 |
2.11.
Produksi
Produksi adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan
manfaat atau faedah baru.
a.
Jenis Produksi
Usaha yang saya jalankan ini berupa pembuatan distribusi
dan penjualan “DONAT”.
b.
Bahan Baku
Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara lain
:
a)
Tepung Terigu
b)
Telur
c)
Mentega
d)
Gula Pasir
e)
Ragi
f)
Garam
g)
Air Mineral
Sehingga perlu dilakukan proses pengolahan lebih lanjut
untuk menjadi “DONAT” siap
jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan.
c.
Proses Produksi
Berikut ini saya akan menguraikan proses produksi
pembuatan dan penjualan DONAT :
Pembuatan serta kemasaan sebagai berikut :
- Campur
tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
- Kempiskan
adonan. Timbang masing-masing 40 gram. Bulatkan dan diamkan 10 menit.
- Pipihkan
adonan dan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung
terigu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
- Goreng
dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang. Angkat dan
tiriskan.
- Celup ke
cokelat masak pekat leleh. Tabur meises.
Tahap selanjutnya yaitu kemasan, cara mengemas Donat sangat mudah, Donat yang telah di
celup ke cokelat masak pekat leleh dan
di taburi meises dimasukkan kedalam plastik kemasan lalu yang sudah diberi logo.
d.
Biaya Produksi
Pengeluaran biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai
berikut :
Biaya bahan baku Donat
: Rp. 75.000,-
Biaya pembuatan produk /tenaga kerja : Rp. 15.000,-
Jumlah biaya : Rp. 100.000,-
2.12.
Pemasaran
Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu
“PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan DISTRIBUTION”
a.
Produk
Didalam upaya memperlancar
pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk
yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri.
Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan
tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
b.
Price (Harga)
Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan
atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta
lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
Bentuk rincian :
Total penjualan :
Rp. 2.000.000
Total produksi
: Rp. 1.000.000
-
Laba Kasar
: Rp. 1.000.000
Biaya
: Rp. 60.000 -
Laba Bersih
: Rp. 940.000
c.
Promosi
Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut.
Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi
juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan.
d.
Distribusi
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan.
Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
1.
Distribusi secara
langsung
2.
Distribusi secara tidak
langsung
Mengenai
hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada
konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh
masyarakat luas.
BAB III
PENUTUP
Dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang
saya buat ini, saya menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat
kita manfaatkan.
Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, saya
memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada
semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.
Usaha saya bergerak dalam bidang produksi DONAT tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang
terbaik kepada pelanggan. Usaha saya yang mulai dibentuk pada bulan Januari 2014.
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal perusahaan dengan tepat waktu.
Proposal kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi tugas
sekolah. Disamping itu proposal ini dimaksudkan agar siswa dapat
mengembangkan kemampuan kewirausahaannya. Tidak lupa pada kesempatan ini saya
haturkan rasa terima kasih kepada Semua pihak yang membantu menyelesaikan penyusunan
proposal kegiatan usaha ini.
Saya menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian
proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun
untuk kesempurnaan proposal serta usaha yang dijalankan.
Semoga proposal kegiatan usaha ini bermanfaat bagi
pengembangan kemampuan kewirausahaan.
Comments
Post a Comment