CLICK HERE

Sunday, October 6, 2019

LAPORAN PRAKERIN/PKL DI KANTOR KECAMATAN PURWADADI KABUPATEN CIAMIS

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang

Sejak dahulu bangsa kita dikenal sebagai bangsa yang kaya akan sumberdaya alamnya, sehingga banyak bangsa asing yang menginginkan bangsa kita sebagai bangsa jajahannya. Seberapa besar sumberdaya alam yang dimiliki tidak akan berarti bila tidak didukung dengan sumberdaya manusia yang berkualitas tinggi, sehingga bangsa kita tidak akan dilanda krisis ekonomi yang berkepanjangan.

Oleh karena itu melalui Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari ini diharapkan dapat melatih diri, mendapatkan pengalaman kerja sehingga dapat menjadi manusia yang memiliki sumberdaya manusia yang berkualitas dan akhirnya bangsa Indonesia bisa hidup mandiri dan mampu bersaing dengan bangsa lain.

1.2.Tujuan Prakerin

Tujuan Prakerin yaitu untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti uji kompetensi yang akan diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari sehingga semua siswa mampu mempraktekkan teori-teori yang teah diajarkan atau diperoleh dari sekolah dengan kenyataan di lapangan.

Adapun tujuan Prakerin yang lain yaitu :

1)      Sebagai bekal untuk terjun ke dunia usaha setelah tamat sekolah.

2)      Agar mampu mempraktekkan teori-teori yang sudah didapat dari sekolah.

3)      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa dalam dunia usaha khususnya dibidang Perkantoran.

1.3.Waktu dan Lokasi Prakerin

Kegiatan Prakerin ini dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan yaitu mulai tanggal 04 Maret sampai 16 Agustus 2019, dengan tempat Prakerin di Kantor Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis, yang beralamat di Jln. Raya Panineungan, Purwadadi 46385 Ciamis, Jawa Barat.

1.4.Metode Pembuatan

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pengumpulan data. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.      Teknik Observasi atau Pengamatan Lapangan

Adalah teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap suatu objek pengamatan dengan mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan laporan tugas akhir yang akan penulis sampaikan, sehingga diperolah data yang lengkap dan akurat. Penulis menggunakan metode ini untuk mengamati situasi dan kondisi dalam kegiatan kerja di suatu kantor.

2.      Teknik Studi Pustaka

Adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan data atau mengumpulkan sumber-sumber tertulis yang penting dan berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas guna memperoleh gambaran secara teoritis yang dapat menunjang terhadap penyusunan laporan.

3.      Teknik Interview atau Wawancara

Adalah usaha untuk mengumpulkan informasi dengan mengajukan sejumlah pertanyaan secara lisan untuk di jawab secara lisan juga.Teknik ini penulis menggunakan untuk wawancara dengan pimpinan dan karyawan perusahaan untuk mengetahui bagaimana suatu sistem kinerja kantor tersebut.

4.      Teknik Dokumentasi

Adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan transkip, buku, surat kabar, majalah, prestasi serta benda-benda yang akan memberikan bermacam-macam keterangan penulis menggunakan metode ini untuk memperoleh data tentang kondisi suatu kantor.

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

2.1.Pengertian Kantor

Kantor adalah bagian dari organisasi yang menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.

Lebih lanjut lagi dapat disebutkan kantor adalah pusat pengelolaan data dan keterangan serta tempat konsentrasi pimpinan dan para staf personil (pegawai) melakukan aktivitas menejement.

Kantor Kecamatan adalah sebuah daerah administratif di wilayah Indonesia yang berada di bawah wilayah tingkat II (kabupaten) atau kota, serta terdiri dari beberapa kelurahan atau desa di dalamnya.

2.1.1.      Kegiatan Kantor

Suatu kantor memiliki berbagai kegiatan yang berbeda antara satu kantor dengan kantor yang lainnya. Apabila suatu tujuan yang ingin dicapai suatu kantor semakin luas, maka akan semakin besar pula kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan kantor pada umumnyya terdiri dari kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan kantor (Office Planning), pengorganisasian kantor (Office Organizing), Pengarahan kantor (Office Actuating), serta pengawasan kantor (Office Controlling) yang sering disingkat dengan POAC.

Kegiatan organisasi merupakan penjabaran kebijakan dan program kerja sebagai arah pencapaian tujuan dan sasaran serta memberikan sumbangan bagi pencapaian misi organisasi. Kegiatan yang terdapat dalam Renstra Kantor Kecamatan ini merupakan segala sesuatu yang harus dilakukan oleh Kantor Kecamatan dalam merealisasikan program kerja operasionalnya.

2.1.2.      Tujuan Kantor

Tujuan manajemen perkantoran antara lain:

1.      Memberikan semua keterangan yang lengkap bagi yang memerlukan guna pelaksanaan tugas organisasi secara efisien.

2.      Memberikan catatan dan laporan yang bermanfaat dan biaya yang sesuai.

3.      Membantu organisasi /perusahaan memelihara serta memenuhi kebutuhannya.

4.      Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan memberi pelayanan secara efelktif kepada para pelanggan atau mitra kerja.

5.      Membuat catatan secara lengkap, relevan, up to date (tidak terlambat) akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

2.2.Kegiatan di Kantor

2.2.1.      Pengadministrasian

Administrasi berasal dari bahasa latin yaitu Ad+Ministrate yang artinya melayani, membantu, atau memenuhi. Sedangkan dalam bahasa Indonesia kata yang sering digunakan adalah dari bahasa Belanda “Administratie” dalam BAHASA Inggrisnya administration.

Administrasi adalah proses dan atta kerja yang terdapat pada setiap usaha baik dalam kenegaraan atau Swasta.

Administrasi adalah proses keseluruhan proses kerja sama antara 2 orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

2.2.2.      Pengarsipan

Menurut ensiklopedia administrasi, arsip adalah segenap warkat dari suatu organisasi kenegaraan atau badan swasta yang diadakan dalam penyelenggaraan kegiatan.

Menurut UUD No. 7 Tahun 2971, Arsip adalah naskah-naskah  yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara dan badan pemerintah dalam bentuk corak apapun, baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintah.


 

BAB III

PEMBAHASAN

 

3.1.Sejarah Singkat Kantor Kecamatan Purwadadi

Kecamatan Purwadadi adalah merupakan salah satu dari 27  Kecamatan di Wilayah Kabupaten Ciamis.  Merupakan Kecamatan Pemekaran dari Kecamatan Lakbok dengan SK pembentukan Nomor ; 140/KPTS.281-HUK/2004 tanggal 30 September 2004 yang memiliki luas ± 5.035,2 Ha dengan batas wilayah sebagai berikut :

v  Sebelah Utara              : Kec. Lakbok

v  Sebelah Timur             : Kab. Cilacap Prop. Jateng

v  Sebelah Selatan           : Kec. Banjarsari, Kec. Mangunjaya

v  Sebelah Barat              : Kec. Pamarican Kota Banjar

Jarak ke Ibu Kota Kabupaten Ciamis ± 60 Km

Jarak ke Ibu Kota Propinsi Jawa Barat ± 168 Km

Jarak ke Pusat Ibu Kota ±      Km

Keadaan iklim dan ketinggian permukaan Kecamatan Purwadadi sebagai berikut :

*      Suhu                            : 37 0 C

*      Curah Hujan                : 157,6 mm/thn

*      Ketinggian                  : ± 45 m dpl

Jumlah penduduk Kecamatan Purwadadi sebanyak±45.646 terdiri dari Perempuan 22.680 orang, laki-laki 22.966 orang.

Kecamatan Purwadadi terdiri dari 9 Desa yaitu :

No

Nama Desa

Luas Wilayah (Ha)

Jumlah

RW

RT

Dsn.

1.

Karangpaningal

506,88

10

44

3

2.

Sidarahayu

527,53

9

30

3

3.

Purwajaya

832,30

10

44

5

4.

Purwadadi

226,88

7

37

2

5.

Pasirlawang

461,16

4

23

3

6.

Bantardawa

342,23

6

21

3

7.

Kutawaringin

923,02

6

18

3

8.

Padaringan

657,09

6

27

3

9.

Sukamulya

558,11

7

25

4

Jumlah

5.035

56

276

29


Luas wilayah Kecamatan Purwadadi berdasarkan penggunaan dibagi sebagai berikut :

1.      Pemukiman                 : 1.285,00 Ha

2.      Kebun / Tegalan          : 401,090 Ha

3.      Hutan Negara              : 185 Ha

4.      Pemakaman                 : 13,00 Ha

5.      Perkantoran                 : 212,00 Ha

6.      Lahan Pertanian / Sawah        :

- Irigasi Teknis            : 187.450 Ha

- Irigasi ½ Teknis        : 313 Ha

- Pedesaan                   :

- Tadah Hujan : 1.169 Ha

7.            Kolam                      : 45 Ha

8.            Pemukiman              :        Ha

9.            Lainnya                    : 516,99 Ha

 

3.2.Visi dan Misi Kantor Kecamatan Purwadadi

3.2.1.      Visi

Dengan iman dan taqwa Purwadadi menuju kemandirian dalam swasembada pangan tahun 2019.

3.2.2.      Misi

1.      Terwujudnya normalisasi irigasi

2.      Tersedianya lumbung pangan yang mencukupi

3.      Tersedianya insfrastruktur jalan dan jembatan

4.      Meningkatnya hasil produksi pertanian

5.      Meningkatnya perekonomian masyarakat

6.      Meningkatnya kualitas sumberdaya petani.

3.3.Kegiatan selama Prakerin

3.3.1.      Pengurusan Surat

Dalam pengurusan surat-surat, salah satunya yaitu pembuatan surat pindah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.      Tamu diminta untuk menunjukan formulir dari kelurahan/desa.

2.      Registrasi formulir tersebut kepada petugas / ruang registrasi

3.      Tamu diahrap menunggu sebentar untuk menandatangani dan memberi Stampel formulir tersebut kepada Kepala Kecamatan.

4.      Setelah selesai ditandatangani dan di stampel, selanjutnya tamu diarahkan untuk membawa formulir tersebut untuk diserahkan ke kantor Disdukcapil Ciamis.

3.3.2.      Menangani Tamu

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga hubungan baik antara pelayanan kepada tamu/masyarakat, yaitu :

a)      Senantiasa memberikan perhatian yang tulus dan sungguh-sungguh terhadap tamu/masyarakat.

b)      Senantiasa melaksanakan pelayanan yang prima terhadap semua kebutuhan tamu/ masyarakat.

c)      Menerima dengan baik semua masukkan, saran dan kritik yang diberikan oleh tamu/ masyarakat  bahkan harus ditindak lanjuti agar memberikan kepuasan.

d)     Fleksibel dalam kekurangan pembayaran atau menunda waktu pembayaran.

e)      Tunjukkan sikap untuk selalu siap menerima dan memberikan bantuan.

3.3.3.      Menggunakan Peralatan Kantor

Peralatan yang terdapat di Kantor seperti bolpoin, penggaris, komputer, printer, buku register, Perforator, Filling Kabinet, dan lain sebagainya. Ada beberapa alat yang sering digunakan dan bisa dikatakan salah satu peralatan kantor yang utama, yaitu komputer dan printer. Dalam penggunaanya komputer sering digunakan untuk mencetak data seperti pembuatan surat pindah, formulir E-KTP, KK, input data, dan lain-lain.

3.3.4.      Sistem Pengarsipan

Menurut ensiklopedia administrasi, arsip adalah segenap warkat dari suatu organisasi kenegaraan atau badan swasta yang diadakan dalam penyelenggaraan kegiatan.

Sistem Nomor

Dalam pengarsipan di Kantor Kecamatan Purwadadi menggunakan 2 sistem, yatu sistem tanggal dan sistem nomor

1.      Sistem Tanggal

Penyimpanan arsip sistem tanggal adalah sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang disusun berdasarkan tahun, bulan, dan tanggal arsip dibuat. Sistem ini merupakan sistem yang sederhana dan mudah, tetapi sistem ini seringkali menggunakan alat bantu lain (kartu indeks) untuk menemukan arsip yang dicari. Hal ini dekarenakan orang sangat sulit untuk mengingat tanggal kapan surat tersebut dibuat. Apalagi jika arsip yang dicari sudah terjadi beberapa tahun yang lalu.

Dalam sistem tanggal tidak memerlukan daftar klasifikasi karena bagian tanggal sangat sederhana, yaitu hanya terdiri dari 3 bagian saja, yaitu nama tahun, nama bulan, dan nama tanggal. Disamping itu, orang juga sangat hafal dengan urutan bulan dalam setiap tahun masehi, (dimulai dari januari, februari, sampai dengan desember), dan jumlah tanggl pada setiap bulannya (terdiri 28-31 hari).

Daftar klasifikasi tanggal terdiri dari:

a.       Tahun (tanggal utama) sebagai kode laci

b.      Bulan (sub tanggal) sebagai kode guide

c.       Tanggal (sub-sub tanggal) sebagai kode hanging folder

2.      Sistem Nomor

Sistem penyimpanan arsip ini merupakan sistem penyimpanan warkat yang berdasarkan kode nomor sebagai pengganti dari nama orang atau badan, yang disebut juga inderect filing system (karena penentuan nomor yang akan digunakan memerlukan pengelompokan masalahnya terlebih dahulu).

Persiapan penataan arsip berdasarkan nomor

a.       Menyusun pola klasifikasi arsip.

b.      Menyiapkan peralatan arsip.

KELEBIHAN SISTEM FILLING NOMOR

a.       Penyimpanan dapat lebih teliti, cermat, dan teratur.

b.      Penyimpanan dapat lebih cepat dan tepat.

c.       Sederhana dan mudah dilaksanaka.

d.      Dapat dipakai untuk segala macam surat/warkat/dokumen.

e.       Nomor dokumen dapat dipergunakan sebagai referensi dalam korespondensi.

f.       Nomor map atau dokumen dapat diperluas tanpa batas.

KELEMAHAN SISTEM FILLING NOMOR

a.       Lebih banyak waktu dipergunakan untuk mengindeks.

b.      Banyaknya map untuk surat-surat beraneka ragam, dapat menimbulkan kesulitan.

c.       Perlu ruangan yang luas dan memadai untuk menyimpan arsip yang banyak.

Ada dua macam filing system nomor, yaitu filing system nomor Dewey dan filing system nomor Terminal Digit.

a.       Filing System Nomor Dewey

Filing system nomor dewey disebut juga system decimal. Dalam sistem ini yang harus dilakukan meliputi hal-hal berikut.

1)      Merancang daftar klasifikasi nomor

Daftar klasifikasi adalah daftar yang memuat segala persoalan kegiatan yang terdapat dalam kantor/perusahaan. Persoalan kegiatan ini dikelompokkan lalu diberi nomor kode.

2)      Menyiapkan dan menyusun perlengkapan

3)      Penyimpanan Surat

b.      Filing System Nomor Terminal

Filing system nomor terminal digit adalah sistem kearsipan yang memakai nomor urut dalam buku arsip.

Dalam filing system ini yang perlu diperhatikan ialah sebagai berikut.

1)      Menyiapkan perlengkapan

2)      Penyimpanan surat

3.3.5.      Gambaran singkat Kegiatan di Kantor

Selama Prakerin di Kantor Kecamatan Purwadadi, kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu :

1.      Apel pagi

2.      Meregistrasi Surat Masuk

3.      Meregistrasi Pembuatan E-KTP

4.      Meregistrasi Pembuatan KK

5.      Mengadministrasikan Surat Keluar

3.3.6.      Masalah yang ditemui

Masalah yang ditemui selama prakerin di Kantor Kecamatan Purwadadi diantaranya yaitu :

1.      Printer macet ketika mencetak dokumen

2.      Komputer hank/ tidak dapat dioperasikan

3.      Adanya tamu/masyarakat yang rewel

3.3.7.      Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah  yang dilakukan dalam mengatasi masalah yang ada yaitu :

1.      Ketika printer macet, matikan printer trelebih dahulu dan ambil kertas yang macet tadi, hidupkan printer kembali dan lakukanlah cleaning.

2.      Ketika komputer hank/tidak bisa dioperasian, lakukanlah restar komputer.

3.      Ketika adanya tamu yang rewel, berilah penjelasan tentang prosedur yang benar atau peraturan yang ada, agar semua maksud dan tujuannya mudah untuk di urus/dibu

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

4.1.Kesimpulan

Mengacu pada Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan penulis dapat mengetahui seperti apakah kerja yang sesungguhnya. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan program tahunan dimana semua siswa diwajibkan melaksanakannya. Laporan ini dari keseluruhan kegiatan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di Kantor Kecamatan Purwadadi.

Pelaksanaan yang diketahui serta dapat menambah pengetahuan daya kreativitas siswa sebagai bekal di dunia industry dan dunia pendidikan memang berkaitan khususnya bagi siswa menengah kejuruan, utamanya dalam perumusan yang memberikan kesempatan berupa perijinan untuk melaksanakan praktik kerja industry antara keduanya saling mendidik generasi yang terlatih dan siap menghadapi dunia kerja dengan bekal keahlian yang dimiliki.

 

4.2.Saran

Setelah melaksanakan Uji Kompetensi penulis ingin memberikan saran yang kiranya bisa dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara kegiatan Praktek Kerja Industri :

1)      Perlu banyaknya buku sumber pembantu petunjuk agar peserta uji kompetensi bisa melaksanakan praktek dengan baik.

2)      Waktu pelaksanaan Uji Kompetensi ini perlu diperhatikan karena dekat dengan waktu pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga menyita waktu siswa dalam kegitan pembelajaran dalam rangka menghadapi Ujian Nasional.

3)      Waktu dalam pembuatan proposal/laporan sangat terbatas dan singkat sehingga penyajian laporan kurang maksimal.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

§  Wijaya E Juhana, 2005 Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, Bandung:Armico

§  Nagara Tjandra. Shendy dkk, 2010. Kesekretarisan Jilid 1. Bandung:Dinas Pendidikan Jawa Barat

§  www.google.com

§  https://abidzare.wordpress.com/2009/06/23/5-sistem-pengarsipan/

http://tikaarsip.blogspot.com/2016/06/penyimpanan-arsip-sistem-tanggal.html

 

 

 

 

 

HALAMAN PERSETUJUAN

 

Laporan Praktik Kerja Industri

Di Kantor Kecamatan Purwadadi Tanggal 04 Maret sampai dengan

16 Agustus 2019

 

Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US)

Di SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari

Tahun pelajaran 2019/2020

 

Banjarsari,    Agustus 2019

 

 

Menyetujui,

 

Pembimbing Internal

Siswa Prakerin

 

 

 

INA ROSALINA, S.Pd.

NIP.

Ketua Program Keahlian

Adm. Perkantoran

 

 

 

TITIN NUYANTI, S.Pd.

    NIP.

 

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari

 

 

 

NURHIDAYAT, S.Pd.

   NIP.

HALAMAN PENGESAHAN

 

LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN

SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARSARI

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

Nama

:

Rahmawati Amini

Selvy Alista Eka Putri

Tiara Agustin

Kelas

:

XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Tempat Prakerin

:

Kantor Kecamatan Purwadadi

 

 

 

Banjarsari,     Agustus 2019

 

Ketua Jurusan Keahlian

Adm. Perkantoran

 

 

 

Ina Rosalina, S.Pd.

   NIP.

Pembimbing Internal

 

 

 

 

Ina Rosalina, S.Pd.

             NIP.

 

Mengetahui,

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari

 

 

 

NURHIDAYAT, S.Pd.

         NIP.

HALAMAN MOTTO

 

The best, be good, then you will be the best”

Lakukan yang terbaik, bersikaplah yang baik, maka kau akan menjadi orang

yang terbaik

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Rabbi yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, dan atas izin-nya akhirnya penulis dapat menulis dan meyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Kantor Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis.

Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti uji kompetensi keahlian administrasi perkantoran yang diselenggarakan oleh sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah 1 Banjarsari pada tahun pelajaran 2019/2020.

Berkat bantuan dan dukungan dari semua pihak yang terkait dalam laporan ini dapat tersusun, Dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan rasa terimakasih kepada :

1.      Bpk. Nurhidayat, S.Pd. selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari.

2.      Bpk. Yayan M. Supyan,AP.MM, selaku Sekretaris Camat Purwadadi.

3.      Bpk. Lasmono, selaku pembimbing Eksternal.

4.      Ibu Ina Rosalina, S.Pd. selaku pembimbing internal

5.      Kedua orang tua yang telah banyak memberikan motivasi, dukungan dan do’a untuk penulisan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam membuat laporan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan laporan ini. Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak.

 

Banjarsari,      Agustus 2019

 

Penulis

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman

LEMBAR PENGESAHAN .........................................................................    i

LEMBAR PERSETUJUAN ........................................................................    ii

MOTTO ..........................................................................................................    iii  

KATA PENGANTAR ..................................................................................    iv

DAFTAR ISI..................................................................................................    v

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

1.1. Latar Belakang ...................................................................................    1

1.2. Tujuan Prakerin  ..................................................................................    1

1.3. Waktu dan Lokasi Prakerin  ...............................................................    1

1.4. Metode Pembuatan .............................................................................    2

BAB II LANDASAN TEORI ......................................................................    3

2.1.Pengertian Kantor ................................................................................    3

2.1.1. Kegiatan Kantor .........................................................................    3

2.1.2. Tujuan Kantor.............................................................................    4

2.2.Kegiatan di Kantor  .............................................................................    4

2.2.1. Pengadministrasian  ....................................................................    4

2.2.2. Pengarsipan ................................................................................    4

BAB III PEMBAHASAN  ............................................................................    6

3.1.Sejarah Singkat Kantor Kecamatan Purwadadi ..................................    6

3.2.Visi dan Misi Kantor Kecamatan Purwadadi  .....................................    7

3.2.1. Visi  ............................................................................................    7

3.2.2. Misi   ...........................................................................................    7

3.3. Kegiatan selama Prakerin ....................................................................    8

3.3.1.      Pengurusan Surat .....................................................................    8

3.3.2.      Menangani Tamu .....................................................................    8

3.3.3.      Menggunakan Peralatan Kantor ..............................................    8

3.3.4.      Sistem Pengarsipan ..................................................................    9

3.3.5.      Gambaran Singkat Kegiatan di Kantor ...................................    11

3.3.6.      Masalah yang ditemui ..............................................................    11

3.3.7.      Pemecahan Masalah .................................................................    11

BAB IV PENUTUP ......................................................................................    13

4.1.Kesimpulan  .........................................................................................    13

4.2.Saran ....................................................................................................    13

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................    14

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

No comments:

Post a Comment