LAPORAN PRAKERIN/PKL DI KANTOR KECAMATAN PURWADADI KABUPATEN CIAMIS
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Sejak dahulu
bangsa kita dikenal sebagai bangsa yang kaya akan sumberdaya alamnya, sehingga
banyak bangsa asing yang menginginkan bangsa kita sebagai bangsa jajahannya.
Seberapa besar sumberdaya alam yang dimiliki tidak akan berarti bila tidak
didukung dengan sumberdaya manusia yang berkualitas tinggi, sehingga bangsa
kita tidak akan dilanda krisis ekonomi yang berkepanjangan.
Oleh karena itu
melalui Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1
Banjarsari ini diharapkan dapat melatih diri, mendapatkan pengalaman kerja
sehingga dapat menjadi manusia yang memiliki sumberdaya manusia yang
berkualitas dan akhirnya bangsa Indonesia bisa hidup mandiri dan mampu bersaing
dengan bangsa lain.
1.2.Tujuan
Prakerin
Tujuan Prakerin
yaitu untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti uji kompetensi yang akan
diselenggarakan di SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari sehingga semua siswa mampu
mempraktekkan teori-teori yang teah diajarkan atau diperoleh dari sekolah
dengan kenyataan di lapangan.
Adapun tujuan
Prakerin yang lain yaitu :
1)
Sebagai bekal untuk terjun ke dunia
usaha setelah tamat sekolah.
2)
Agar mampu mempraktekkan teori-teori
yang sudah didapat dari sekolah.
3)
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan
siswa dalam dunia usaha khususnya dibidang Perkantoran.
1.3.Waktu
dan Lokasi Prakerin
Kegiatan Prakerin
ini dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan yaitu mulai tanggal 04 Maret sampai
16 Agustus 2019, dengan tempat Prakerin di Kantor Kecamatan Purwadadi Kabupaten
Ciamis, yang beralamat di Jln. Raya Panineungan, Purwadadi 46385 Ciamis, Jawa
Barat.
1.4.Metode
Pembuatan
Ada beberapa teknik yang dapat
digunakan dalam pengumpulan data. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut:
1.
Teknik Observasi atau Pengamatan
Lapangan
Adalah teknik pengumpulan data dengan melakukan
pengamatan secara langsung terhadap suatu objek pengamatan dengan mencatat
hal-hal penting yang berhubungan dengan laporan tugas akhir yang akan penulis
sampaikan, sehingga diperolah data yang lengkap dan akurat. Penulis menggunakan
metode ini untuk mengamati situasi dan kondisi dalam kegiatan kerja di suatu kantor.
2.
Teknik Studi Pustaka
Adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan
data atau mengumpulkan sumber-sumber tertulis yang penting dan berhubungan
dengan masalah yang sedang dibahas guna memperoleh gambaran secara teoritis
yang dapat menunjang terhadap penyusunan laporan.
3.
Teknik Interview atau Wawancara
Adalah usaha untuk mengumpulkan informasi dengan
mengajukan sejumlah pertanyaan secara lisan untuk di jawab secara lisan
juga.Teknik ini penulis menggunakan untuk wawancara dengan pimpinan dan karyawan
perusahaan untuk mengetahui bagaimana suatu sistem kinerja kantor tersebut.
4.
Teknik Dokumentasi
Adalah mencari data mengenai hal-hal
atau variabel yang berupa catatan transkip, buku, surat kabar, majalah,
prestasi serta benda-benda yang akan memberikan bermacam-macam keterangan
penulis menggunakan metode ini untuk memperoleh data tentang kondisi suatu kantor.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1.Pengertian
Kantor
Kantor adalah
bagian dari organisasi yang menjadi pusat kegiatan administrasi dan tempat pengendalian
kegiatan informasi.
Lebih lanjut
lagi dapat disebutkan kantor adalah pusat pengelolaan data dan keterangan serta
tempat konsentrasi pimpinan dan para staf personil (pegawai) melakukan
aktivitas menejement.
Kantor Kecamatan
adalah sebuah daerah administratif di wilayah Indonesia yang berada di bawah
wilayah tingkat II (kabupaten) atau kota, serta terdiri dari beberapa kelurahan
atau desa di dalamnya.
2.1.1.
Kegiatan
Kantor
Suatu kantor
memiliki berbagai kegiatan yang berbeda antara satu kantor dengan kantor yang
lainnya. Apabila suatu tujuan yang ingin dicapai suatu kantor semakin luas,
maka akan semakin besar pula kegiatan yang akan dilakukan.
Kegiatan kantor
pada umumnyya terdiri dari kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan
perencanaan kantor (Office Planning), pengorganisasian kantor (Office
Organizing), Pengarahan kantor (Office Actuating), serta pengawasan kantor
(Office Controlling) yang sering disingkat dengan POAC.
Kegiatan
organisasi merupakan penjabaran kebijakan dan program kerja sebagai arah
pencapaian tujuan dan sasaran serta memberikan sumbangan bagi pencapaian misi
organisasi. Kegiatan yang terdapat dalam Renstra Kantor Kecamatan ini merupakan
segala sesuatu yang harus dilakukan oleh Kantor Kecamatan dalam merealisasikan
program kerja operasionalnya.
2.1.2.
Tujuan
Kantor
Tujuan manajemen perkantoran antara
lain:
1. Memberikan
semua keterangan yang lengkap bagi yang memerlukan guna pelaksanaan tugas
organisasi secara efisien.
2. Memberikan
catatan dan laporan yang bermanfaat dan biaya yang sesuai.
3. Membantu
organisasi /perusahaan memelihara serta memenuhi kebutuhannya.
4. Memberikan
pekerjaan tata usaha yang cermat dan memberi pelayanan secara efelktif kepada
para pelanggan atau mitra kerja.
5. Membuat
catatan secara lengkap, relevan, up to date (tidak terlambat) akurat dan dapat
dipertanggungjawabkan.
2.2.Kegiatan
di Kantor
2.2.1.
Pengadministrasian
Administrasi
berasal dari bahasa latin yaitu Ad+Ministrate yang artinya melayani, membantu,
atau memenuhi. Sedangkan dalam bahasa Indonesia kata yang sering digunakan adalah
dari bahasa Belanda “Administratie” dalam BAHASA Inggrisnya administration.
Administrasi adalah proses dan atta
kerja yang terdapat pada setiap usaha baik dalam kenegaraan atau Swasta.
Administrasi
adalah proses keseluruhan proses kerja sama antara 2 orang atau lebih yang
didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya.
2.2.2.
Pengarsipan
Menurut
ensiklopedia administrasi, arsip adalah segenap warkat dari suatu organisasi
kenegaraan atau badan swasta yang diadakan dalam penyelenggaraan kegiatan.
Menurut UUD No.
7 Tahun 2971, Arsip adalah naskah-naskah
yang dibuat dan diterima oleh lembaga Negara dan badan pemerintah dalam
bentuk corak apapun, baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok dalam rangka
pelaksanaan kegiatan pemerintah.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1.Sejarah
Singkat Kantor Kecamatan Purwadadi
Kecamatan Purwadadi
adalah merupakan salah satu dari 27
Kecamatan di Wilayah Kabupaten Ciamis.
Merupakan Kecamatan Pemekaran dari Kecamatan Lakbok dengan SK pembentukan
Nomor ; 140/KPTS.281-HUK/2004 tanggal 30 September 2004 yang memiliki luas ±
5.035,2 Ha dengan batas wilayah sebagai berikut :
v Sebelah
Utara : Kec. Lakbok
v Sebelah
Timur : Kab. Cilacap Prop.
Jateng
v Sebelah
Selatan : Kec. Banjarsari, Kec.
Mangunjaya
v Sebelah
Barat : Kec. Pamarican Kota
Banjar
Jarak ke Ibu Kota
Kabupaten Ciamis ± 60 Km
Jarak ke Ibu Kota
Propinsi Jawa Barat ± 168 Km
Jarak ke Pusat Ibu Kota
± Km
Keadaan iklim dan
ketinggian permukaan Kecamatan Purwadadi sebagai berikut :
Suhu
: 37 0 C
Curah
Hujan : 157,6 mm/thn
Ketinggian : ± 45 m dpl
Jumlah penduduk Kecamatan Purwadadi
sebanyak±45.646 terdiri dari Perempuan 22.680 orang, laki-laki 22.966 orang.
Kecamatan Purwadadi
terdiri dari 9 Desa yaitu :
No |
Nama Desa |
Luas Wilayah (Ha) |
Jumlah |
||
RW |
RT |
Dsn. |
|||
1. |
Karangpaningal |
506,88 |
10 |
44 |
3 |
2. |
Sidarahayu |
527,53 |
9 |
30 |
3 |
3. |
Purwajaya |
832,30 |
10 |
44 |
5 |
4. |
Purwadadi |
226,88 |
7 |
37 |
2 |
5. |
Pasirlawang |
461,16 |
4 |
23 |
3 |
6. |
Bantardawa |
342,23 |
6 |
21 |
3 |
7. |
Kutawaringin |
923,02 |
6 |
18 |
3 |
8. |
Padaringan |
657,09 |
6 |
27 |
3 |
9. |
Sukamulya |
558,11 |
7 |
25 |
4 |
Jumlah |
5.035 |
56 |
276 |
29 |
Luas wilayah Kecamatan Purwadadi berdasarkan penggunaan dibagi sebagai berikut
:
1. Pemukiman : 1.285,00 Ha
2. Kebun
/ Tegalan : 401,090 Ha
3. Hutan
Negara : 185 Ha
4. Pemakaman : 13,00 Ha
5. Perkantoran : 212,00 Ha
6. Lahan
Pertanian / Sawah :
-
Irigasi Teknis : 187.450 Ha
-
Irigasi ½ Teknis : 313 Ha
-
Pedesaan :
-
Tadah Hujan : 1.169 Ha
7.
Kolam :
45 Ha
8.
Pemukiman : Ha
9.
Lainnya :
516,99 Ha
3.2.Visi
dan Misi Kantor Kecamatan Purwadadi
3.2.1.
Visi
Dengan iman dan taqwa Purwadadi
menuju kemandirian dalam swasembada pangan tahun 2019.
3.2.2.
Misi
1. Terwujudnya
normalisasi irigasi
2. Tersedianya
lumbung pangan yang mencukupi
3. Tersedianya
insfrastruktur jalan dan jembatan
4. Meningkatnya
hasil produksi pertanian
5. Meningkatnya
perekonomian masyarakat
6. Meningkatnya
kualitas sumberdaya petani.
3.3.Kegiatan
selama Prakerin
3.3.1.
Pengurusan
Surat
Dalam pengurusan
surat-surat, salah satunya yaitu pembuatan surat pindah, langkah-langkahnya
adalah sebagai berikut :
1. Tamu
diminta untuk menunjukan formulir dari kelurahan/desa.
2. Registrasi
formulir tersebut kepada petugas / ruang registrasi
3. Tamu
diahrap menunggu sebentar untuk menandatangani dan memberi Stampel formulir
tersebut kepada Kepala Kecamatan.
4. Setelah
selesai ditandatangani dan di stampel, selanjutnya tamu diarahkan untuk membawa
formulir tersebut untuk diserahkan ke kantor Disdukcapil Ciamis.
3.3.2.
Menangani
Tamu
Ada beberapa hal
yang harus diperhatikan dalam menjaga hubungan baik antara pelayanan kepada
tamu/masyarakat, yaitu :
a) Senantiasa
memberikan perhatian yang tulus dan sungguh-sungguh terhadap tamu/masyarakat.
b) Senantiasa
melaksanakan pelayanan yang prima terhadap semua kebutuhan tamu/ masyarakat.
c) Menerima
dengan baik semua masukkan, saran dan kritik yang diberikan oleh tamu/ masyarakat bahkan harus ditindak lanjuti agar memberikan
kepuasan.
d) Fleksibel
dalam kekurangan pembayaran atau menunda waktu pembayaran.
e) Tunjukkan
sikap untuk selalu siap menerima dan memberikan bantuan.
3.3.3.
Menggunakan
Peralatan Kantor
Peralatan yang
terdapat di Kantor seperti bolpoin, penggaris, komputer, printer, buku
register, Perforator, Filling Kabinet, dan lain sebagainya. Ada beberapa alat
yang sering digunakan dan bisa dikatakan salah satu peralatan kantor yang
utama, yaitu komputer dan printer. Dalam penggunaanya komputer sering digunakan
untuk mencetak data seperti pembuatan surat pindah, formulir E-KTP, KK, input
data, dan lain-lain.
3.3.4.
Sistem
Pengarsipan
Menurut
ensiklopedia administrasi, arsip adalah segenap warkat dari suatu organisasi
kenegaraan atau badan swasta yang diadakan dalam penyelenggaraan kegiatan.
Sistem Nomor
Dalam
pengarsipan di Kantor Kecamatan Purwadadi menggunakan 2 sistem, yatu sistem
tanggal dan sistem nomor
1.
Sistem
Tanggal
Penyimpanan
arsip sistem tanggal adalah sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip yang
disusun berdasarkan tahun, bulan, dan tanggal arsip dibuat. Sistem ini
merupakan sistem yang sederhana dan mudah, tetapi sistem ini seringkali
menggunakan alat bantu lain (kartu indeks) untuk menemukan arsip yang dicari. Hal
ini dekarenakan orang sangat sulit untuk mengingat tanggal kapan surat tersebut
dibuat. Apalagi jika arsip yang dicari sudah terjadi beberapa tahun yang lalu.
Dalam sistem
tanggal tidak memerlukan daftar klasifikasi karena bagian tanggal sangat
sederhana, yaitu hanya terdiri dari 3 bagian saja, yaitu nama tahun, nama
bulan, dan nama tanggal. Disamping itu, orang juga sangat hafal dengan urutan
bulan dalam setiap tahun masehi, (dimulai dari januari, februari, sampai dengan
desember), dan jumlah tanggl pada setiap bulannya (terdiri 28-31 hari).
Daftar
klasifikasi tanggal terdiri dari:
a. Tahun
(tanggal utama) sebagai kode laci
b. Bulan
(sub tanggal) sebagai kode guide
c. Tanggal
(sub-sub tanggal) sebagai kode hanging folder
2.
Sistem
Nomor
Sistem penyimpanan arsip ini merupakan sistem
penyimpanan warkat yang berdasarkan kode nomor sebagai pengganti dari nama
orang atau badan, yang disebut juga inderect filing system (karena penentuan
nomor yang akan digunakan memerlukan pengelompokan masalahnya terlebih dahulu).
Persiapan penataan arsip berdasarkan nomor
a. Menyusun
pola klasifikasi arsip.
b. Menyiapkan
peralatan arsip.
KELEBIHAN
SISTEM FILLING NOMOR
a. Penyimpanan
dapat lebih teliti, cermat, dan teratur.
b. Penyimpanan
dapat lebih cepat dan tepat.
c. Sederhana
dan mudah dilaksanaka.
d. Dapat
dipakai untuk segala macam surat/warkat/dokumen.
e. Nomor
dokumen dapat dipergunakan sebagai referensi dalam korespondensi.
f. Nomor
map atau dokumen dapat diperluas tanpa batas.
KELEMAHAN
SISTEM FILLING NOMOR
a. Lebih
banyak waktu dipergunakan untuk mengindeks.
b. Banyaknya
map untuk surat-surat beraneka ragam, dapat menimbulkan kesulitan.
c. Perlu
ruangan yang luas dan memadai untuk menyimpan arsip yang banyak.
Ada dua macam filing system nomor, yaitu filing
system nomor Dewey dan filing system nomor Terminal Digit.
a. Filing
System Nomor Dewey
Filing system nomor dewey disebut juga system
decimal. Dalam sistem ini yang harus dilakukan meliputi hal-hal berikut.
1) Merancang
daftar klasifikasi nomor
Daftar
klasifikasi adalah daftar yang memuat segala persoalan kegiatan yang terdapat
dalam kantor/perusahaan. Persoalan kegiatan ini dikelompokkan lalu diberi nomor
kode.
2) Menyiapkan
dan menyusun perlengkapan
3) Penyimpanan
Surat
b. Filing
System Nomor Terminal
Filing system
nomor terminal digit adalah sistem kearsipan yang memakai nomor urut dalam buku
arsip.
Dalam filing
system ini yang perlu diperhatikan ialah sebagai berikut.
1) Menyiapkan
perlengkapan
2) Penyimpanan
surat
3.3.5.
Gambaran
singkat Kegiatan di Kantor
Selama Prakerin
di Kantor Kecamatan Purwadadi, kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu :
1. Apel
pagi
2. Meregistrasi
Surat Masuk
3. Meregistrasi
Pembuatan E-KTP
4. Meregistrasi
Pembuatan KK
5. Mengadministrasikan
Surat Keluar
3.3.6.
Masalah
yang ditemui
Masalah yang ditemui
selama prakerin di Kantor Kecamatan Purwadadi diantaranya yaitu :
1. Printer
macet ketika mencetak dokumen
2. Komputer
hank/ tidak dapat dioperasikan
3. Adanya
tamu/masyarakat yang rewel
3.3.7.
Pemecahan
Masalah
Pemecahan
masalah yang dilakukan dalam mengatasi
masalah yang ada yaitu :
1. Ketika
printer macet, matikan printer trelebih dahulu dan ambil kertas yang macet
tadi, hidupkan printer kembali dan lakukanlah cleaning.
2. Ketika
komputer hank/tidak bisa dioperasian, lakukanlah restar komputer.
3. Ketika
adanya tamu yang rewel, berilah penjelasan tentang prosedur yang benar atau
peraturan yang ada, agar semua maksud dan tujuannya mudah untuk di urus/dibu
BAB
IV
PENUTUP
4.1.Kesimpulan
Mengacu pada
Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan penulis dapat mengetahui seperti
apakah kerja yang sesungguhnya. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan program
tahunan dimana semua siswa diwajibkan melaksanakannya. Laporan ini dari
keseluruhan kegiatan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri di Kantor
Kecamatan Purwadadi.
Pelaksanaan yang
diketahui serta dapat menambah pengetahuan daya kreativitas siswa sebagai bekal
di dunia industry dan dunia pendidikan memang berkaitan khususnya bagi siswa
menengah kejuruan, utamanya dalam perumusan yang memberikan kesempatan berupa
perijinan untuk melaksanakan praktik kerja industry antara keduanya saling
mendidik generasi yang terlatih dan siap menghadapi dunia kerja dengan bekal
keahlian yang dimiliki.
4.2.Saran
Setelah
melaksanakan Uji Kompetensi penulis ingin memberikan saran yang kiranya bisa
dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara kegiatan Praktek Kerja Industri :
1)
Perlu banyaknya buku sumber pembantu
petunjuk agar peserta uji kompetensi bisa melaksanakan praktek dengan baik.
2)
Waktu pelaksanaan Uji Kompetensi ini
perlu diperhatikan karena dekat dengan waktu pelaksanaan Ujian Nasional,
sehingga menyita waktu siswa dalam kegitan pembelajaran dalam rangka menghadapi
Ujian Nasional.
3)
Waktu dalam pembuatan proposal/laporan
sangat terbatas dan singkat sehingga penyajian laporan kurang maksimal.
DAFTAR
PUSTAKA
§ Wijaya
E Juhana, 2005 Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan, Bandung:Armico
§ Nagara
Tjandra. Shendy dkk, 2010. Kesekretarisan Jilid 1. Bandung:Dinas Pendidikan
Jawa Barat
§ www.google.com
§ https://abidzare.wordpress.com/2009/06/23/5-sistem-pengarsipan/
http://tikaarsip.blogspot.com/2016/06/penyimpanan-arsip-sistem-tanggal.html
HALAMAN PERSETUJUAN
Laporan
Praktik Kerja Industri
Di
Kantor Kecamatan Purwadadi Tanggal 04 Maret sampai dengan
16
Agustus 2019
Laporan
ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti
Ujian
Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US)
Di
SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari
Tahun
pelajaran 2019/2020
Banjarsari, Agustus 2019
Menyetujui,
Pembimbing Internal Siswa Prakerin INA ROSALINA, S.Pd. NIP. |
Ketua Program Keahlian Adm. Perkantoran TITIN NUYANTI, S.Pd. NIP. |
Mengetahui,
Kepala
SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari
NURHIDAYAT, S.Pd.
NIP.
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN
KEGIATAN PRAKERIN
SMK
MUHAMMADIYAH 1 BANJARSARI
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Nama |
: |
Rahmawati
Amini Selvy
Alista Eka Putri Tiara
Agustin |
Kelas |
: |
XII Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran |
Tempat Prakerin |
: |
Kantor Kecamatan Purwadadi |
Banjarsari, Agustus 2019
Ketua Jurusan Keahlian Adm. Perkantoran Ina Rosalina, S.Pd. NIP. |
Pembimbing Internal Ina Rosalina, S.Pd.
NIP. |
Mengetahui,
Kepala
SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari
NURHIDAYAT, S.Pd.
NIP.
HALAMAN MOTTO
The
best, be good, then you will be the best”
Lakukan
yang terbaik, bersikaplah yang baik, maka kau akan menjadi orang
yang
terbaik
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Rabbi yang senantiasa memberikan
rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, dan atas izin-nya akhirnya penulis dapat
menulis dan meyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Kantor
Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis.
Tujuan
penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti
uji kompetensi keahlian administrasi perkantoran yang diselenggarakan oleh
sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah 1 Banjarsari pada tahun pelajaran
2019/2020.
Berkat
bantuan dan dukungan dari semua pihak yang terkait dalam laporan ini dapat
tersusun, Dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan rasa terimakasih
kepada :
1. Bpk.
Nurhidayat, S.Pd. selaku Kepala SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari.
2. Bpk.
Yayan M. Supyan,AP.MM, selaku Sekretaris Camat Purwadadi.
3. Bpk.
Lasmono, selaku pembimbing Eksternal.
4. Ibu
Ina Rosalina, S.Pd. selaku pembimbing internal
5. Kedua
orang tua yang telah banyak memberikan motivasi, dukungan dan do’a untuk
penulisan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa
dalam membuat laporan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu
penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan laporan ini. Semoga
laporan ini bermanfaat bagi semua pihak.
Banjarsari,
Agustus 2019
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN ........................................................................ ii
MOTTO .......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR
.................................................................................. iv
DAFTAR ISI.................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1.
Latar Belakang ................................................................................... 1
1.2.
Tujuan Prakerin .................................................................................. 1
1.3.
Waktu dan Lokasi Prakerin ............................................................... 1
1.4.
Metode Pembuatan ............................................................................. 2
BAB
II LANDASAN TEORI ...................................................................... 3
2.1.Pengertian
Kantor ................................................................................ 3
2.1.1.
Kegiatan Kantor ......................................................................... 3
2.1.2.
Tujuan Kantor............................................................................. 4
2.2.Kegiatan
di Kantor ............................................................................. 4
2.2.1.
Pengadministrasian .................................................................... 4
2.2.2.
Pengarsipan ................................................................................ 4
BAB
III PEMBAHASAN ............................................................................ 6
3.1.Sejarah
Singkat Kantor Kecamatan Purwadadi .................................. 6
3.2.Visi
dan Misi Kantor Kecamatan Purwadadi ..................................... 7
3.2.1.
Visi
............................................................................................ 7
3.2.2.
Misi
........................................................................................... 7
3.3.
Kegiatan selama Prakerin .................................................................... 8
3.3.1.
Pengurusan Surat ..................................................................... 8
3.3.2.
Menangani Tamu ..................................................................... 8
3.3.3.
Menggunakan Peralatan Kantor .............................................. 8
3.3.4.
Sistem Pengarsipan .................................................................. 9
3.3.5.
Gambaran Singkat Kegiatan di Kantor ................................... 11
3.3.6.
Masalah yang ditemui .............................................................. 11
3.3.7.
Pemecahan Masalah ................................................................. 11
BAB
IV PENUTUP ...................................................................................... 13
4.1.Kesimpulan ......................................................................................... 13
4.2.Saran
.................................................................................................... 13
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................... 14
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Comments
Post a Comment