CLICK HERE

Sunday, March 5, 2017

MAKALAH JARINGAN KOMPUTER

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang

Jaringan P2P (peer-to-peer) telah lahir dan berkembang secara dramatis seiring meledaknya teknologi informasi dan komunikasi. Di abad internet saat ini, para netter tentu sudah pasti tidak asing lagi dengan nama Gnutella, Kazaa, atau Napster. Ketiga nama ini merupakan contoh jelas dan sederhana untuk menggambarkan betapa hebatnya sebuah jaringan yang bersifat “persahabatan/pertemanan”.

Selain jaringan Peer-to-peer ada juga yang disebut jaringan Client Server, Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server.

Dalam makalah ini akan kami paparkan mengenai jaringan peer-to-perr dan client server beserta keunggulan dan kekurangannya.

 

1.2.Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:

1.      Apa yang dimaksud dengan jaringan computer?

2.      Apa pengertian, keunggulan dan kelemahan dari jaringan peer-to-peer?

3.      Apa pengertian, dan keunggulan dan kelemahan dari jaringan client server?

 

1.3.Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1.      Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan di SMK Al-Ihya Banjarsari tahun ajaran 2014-2015.

2.      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kunggulan dan kelemahan dari jaringan peer-to-perr dan jaringan client server.

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.Pengertian Jaringan Komputer

Menurut Wendell Odom (2004: 5) Jaringan adalah kombinasi hardware, software, dan pengkabelan (cabling), yang secara bersama-sama memungkinkan berbagai peranti komputasi untuk berkomunikasi satu sama lain.

Selanjutnya diperjelas bahwa Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang  terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi.  Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

Dalam suatu jaringan komputer: Pengguna harus secara eksplisit:

1.      masuk atau log in ke sebuah mesin

2.      menyampaikan tugas dari jauh

3.      memindahkan file-file

4.      menangani sendiri secara umum seluruh manajemen jaringan

 

2.2.Jaringan Peer-to-peer

Peer artinya rekan sekerja. Peer to peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer,terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau dengan perantaran hubungan/switch

Komputer pada jaringan peer to peer ini biasanya berjumlah sedikit dengan 1-2 printer.untuk pengguna khusus,seperti laboratorium komputer,riset dan beberapa hal lain maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10-100 komputer

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeEzWkIu7K2vIinzIt_nyKw9v2VAxV56hRHX5vsh83QtfnKRLBCR2Jy8QC6lHZuBBdehAY93Zhqbv2Fdtb4QQn3gKA3U69O0885dhStmK89Hpq6mx56D2Ku6VFn9-oGOdeob9n0CMHEoa9/s1600/Wlan_adhoc.png

Jaringan Peer-to-peer

Misal terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen diberi nama grup sesuai dengan departemen yang bersangkutan.masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing seperti printer ,cdrom ,file dan lai

 

Keunggulan Jaringan Peer-to-peer

1.      Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.

2.      Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.

3.      Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

 

Kelemahan Jaringan Peer-to-peer

1.      Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.

2.      Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.

3.      Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.

4.      Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.

 

 

 

2.3.Jaringan Client Server

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Serverkarena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

http://hermansyah.info/wp-content/uploads/2012/12/Jaringan-Client-Server.jpg

Jaringan Client Server

 

Keunggulan Jaringan Client Server

1.      Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.

2.      Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.

3.      Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

 

Kelemahan Jaringan Clent Server

1.      Biaya operasional relatif lebih mahal.

2.      Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.

3.      Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN

 

3.1.Kesimpulan

Jaringan computer merupakan suatu kesatuan computer yang dapat saling berhubungan antara computer satu dengan computer yang lainnya. Pada dasarnya banyak manfaat yang dapat diperoleh, namun tidak sedikit juga yang menyalahgunakannya untuk hal-hal yang bersifat negative. Semua itu tergantung dari orang yang memanfaatkannya.

Sistem Operasi jaringan berdasarkan jaringannya terbagi menjadi dua bagian yaitu jaringan peer-to-peer yang berarti jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan, dan jaringan Client server yang berarti dimana ada suatu unit komputer yang berfungsi sebagai server yang hanya memberikan layanan bagi komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan dari server

Masing-masing jaringan tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing, tinggal yang menentukan dan mempertimbangkan jaringan mana yang akan kita gunakan.

 

3.2.Saran

Untuk para pengguna yang masih belum mengetahui cara, fasilitas, dan manfaat dari penggunaan internet/jaringan komputer, harus mencari informasinya dari berbagai sumber. Salah satunya yaitu sumber bacaan yang juga sangat berguna untuk pengetahuan.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://wikatediprayoga.wordpress.com/2011/01/03/makalah-jaringan-komputer/

http://ibnewd.blogspot.com/2012/11/makalah-jaringan-komputer.html

http://www.pintarkomputer.com/2014/07/pengertian-kelebihan-kekurangan-tipe-jaringan-komputer-client-server-dan-peer-to-peer.html

http://rcsplt.blogspot.com/2012/05/makalah-jaringan-p-to-p-clien-server.html

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan segala kerendahan dan  keikhlasan hati, Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan, taufiq dan hidayah-Nya dan atas segala kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah tentang “Kelebihan dan kekurangan jaringan Peer-To-Peer dan Client Server” ini dapat  terselesaikan.

Shalawat terbingkai salam semoga abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalah kebenaran yakni baginda Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga syafa’atnya selalu menyertai kehidupan ini.

Makalah ini berisi  ulasan-ulasan yang membahas tentang Kajian mengenai jaringan peer-to-peer dan client server beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Setitik harapan dari kami sebagai penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan makalah berikutnya.

 

Banjarsari,   September 2014

 

Penulis

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

 

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

1.1.  Latar Belakang ..................................................................................    1 

1.2.  Rumusan Masalah  .............................................................................    1

1.3.  Tujuan Penulisan.................................................................................    1

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2

2.1.  Pengertian Jaringan Komputer...........................................................    2

2.2.  Jaringan Peer-to-peer .........................................................................    2

2.3.  Jaringan Client Server ........................................................................    4

 

BAB III PENUTUP ......................................................................................    6

3.1.  Kesimpulan.........................................................................................    6

3.2.  Saran ..................................................................................................    6

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................    7

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment