CLICK HERE

Sunday, March 5, 2017

MAKALAH SIMULASI DIGITAL (Versi 3)

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang

lmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan saat ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan dalam hitungan jam, menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan TIK sangat mempengaruhi tatanan kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Pada era pertama peranan pendidikan berpusat pada keluarga, dimana para orang tua memainkan perannya sebagai guru kepada anaknya tentang arti dan makna kehidupan, anak diajari agar mampu beradaptasi dengan alam, mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan sampai pada akhirnya  mereka mampu hidup mandiri tanpa bantuan orang lain.

Pada generasi kedua lahir sekolah sebagai tempat belajar anak, dimana orang tua memandang bahwa berbagai perubahan telah terjadi, mereka merasa tidak mampu lagi hanya mengandalkan pendidikan yang diturunkan dari orang-orang terdahulu, ketidak relevansian terhadap tuntutan kehidupan pada masa itu sulit dengan hanya bermodalkan pendidikanseadanya.

Berbagai perubahan terus mengalir, seiring dengan derasnya alir mengalir tanpa henti, sekolah bermunculan di mana-mana sebagai tanda kebutuhan masyarakat yang terus meningkat, namun pada generasi ke-tiga, lahirlah pendidikan yang mengedepankan azas terbuka, dimana bagi masyarakat yang tidak mampu untuk datang ke sekolah karena masalah ekonomi dan sulitnya mendatangi sekolah karena faktor geograis. Pada generasi ini lahirlahpendidikan yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat belajar tanpa harus datang ke sekolah, mereka dapat belajar di mana saja, kapan saja dan dengan apa saja serta oleh siapa saja, bahkan mereka bebas mengatur sendiri kapan mereka harus belajar dan mempelajari pelajaran apa yang mereka kehendaki. Pendidikan semacam inidikenal dengan istilah Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ).

 

 

1.2.Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian dari simulasi?

2.      Apa pengertian dari analog dan digital?

3.      Apa pengertian dari simulasi digital?

4.      Apa manfaat dari simulasi digital?

 

1.3.Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1.      Untuk ememenuhi tugas mata pelajaran simulasi digital di SMK Al-Ihya tahun ajaran 2014-2015.

2.      Untuk mengetahui pengertian simulasi.

3.      Untuk mengetahui pengertian dari analog dan digital.

4.      Untuk mengetahui pengertian dari simulasi digital.

5.      Untuk mengetahui manfaat dari simulasi digital.

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.Pengertian Simulasi

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.    

Simulasi adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya;

Simulasi adalah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistic atau pemeranan;me·nyi·mu·la·si menirukan (menyerupakan) kepada sesuatu yang besar dengan ukuran yang lebih kecil: komputer itu dapat digunakan untuk - bintang meledak; me·nyi·mu·la·si·kan  membuat (menjadikan) dalam bentuk simulasi                           

               

2.2.Pengertian Analog dan Digital

Analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinew, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.

Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu. Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh faktor ”pengganggu”. Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat variable yang berurutan. Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang elektromagnetik.

 

Contoh Sistem Analog:

1.      Remote TV

2.      Spedometer pada motor

3.      Pengukur tekanan

4.      Telepon

5.      Radio analog

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilanganbiner).

Digital adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris melalui piranti komputer, Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit) Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.

Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan

 

Keistimewaan Teknologi Digital

1.      Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasidapat dikirim dengan kecepatan tinggi.

2.      Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.

3.      Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.

4.      Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

 

Contoh – Contoh Peralatan Yang menggunakan Digital

·         Jam digital

·         Kamera digital

·         Penunjuk suhu digital

·         Kalkulator digital

·         Computer

·         HP

·         Radio digital

 

Persamaan sistem analog dan digital:

1.      Sama-sama merupakan sinyal data

2.      Semua bisa dibuat dalam bentuk IC

 

Perbedaan sistem analog dan digital:

1.      Sistem digital mampu mengirimkan informasi lebih cepat dari analog

2.      Sistem analog lebih sensitif dari ganguan atau noise.

3.      Sistem digital mereproduksi sinyal dengan lebih baik.

4.      Sistem digital mudah didisain dan tidak memerlukan matematika khusus.

5.      Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik.

 

2.3.Pengertian Simulasi Digital

Simulasi Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.

Berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri dan dengan melihat perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka konten  materi Simulasi Digital sebagai berikut :

·         Melaksanakan Pembelajaran Kolaboratif

·         Mengidentifikasi Jejaring Sosial Pendidikan

·         Melakukan Pendaftaran

·         Menfaatkan Fitur

·         Melaksankan Ujian Online Bersama Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Menformat materi dalam bentuk digital

·         Mengidentifiasi materi digital

·         Mengidentifikasi persyaratan hardware

·         Menformat materi digital

·         Mengidentifikasi jenis aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital

·         Menggunakan aplikasi untuk membuat materi digital · Membuat materi dalam bentuk digital Sumber belajar : Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara online Menjelaskan interaksi online

·         Menjelaskan komunikasi online

·         Menjelaskan jenis layanan aplikasi komunikasi online

·         Menjelaskan persyaratan penggunaan layanan palikasi

·         Memanfaatkan fitur layanan komunikasi online

·         Melakukan interaksi dan komunikasi secara online Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Membuat materi dalam bentuk video

·         Mengidentifikasi jenis materi audio visual

·         Mengidentifikasi Jenis aplikasi pembuat materi bentuk audio visual

·         Menjelaskan persyaratan kebutuhan hardware

·         Menggunakan aplikasi editing video

·         Melakukan proses render menjadi bentuk video Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe Premiere, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Membuat materi dalam bentuk simulasi visual

·         Menjelaskan konsep simulasi visual

·         Mengidentifikasi jenis simulasi visual

·         Membuat simulasi visual

·         Mempublikasikan simulasi visual Sumber belajar : Blender, Skecthbook, 123D Catch,   3DsMax, Adobe Flash, Adobe After Effect, Cinema 4D, Lightwave, Softimages, Copper Cube, Buku Seadunet 2.0 dll.

 

Contoh dari Simulasi Digital

Contoh Simulasi Digital Adalah:

§  Simulasi Keyboard tiruan untuk memperlancar pengetikan 11 Jari

§  Simulasi Menghitung Daya Listrik dengan bantuan perangkat komputer

§  Simulasi pemuaian dengan bantuan software animasi dan simulasi fisika

§  dll.

 

2.4.Manfaat Simulasi Digital

a.      Pemanfaatan Jejaring Sosial untuk Pembelajaran Edmodo

§  Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo.

§  Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo.

§  Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid.

§  Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform Edmodo.

§  Melakukan ujian via online lebih mudah karena tidak membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan hosting karena  platform Edmodo ini gratis.

§  Mudahnya menggunakan platform Edmodo karena toolsnya hampir sama dengan Facebook.

§  Orang tua dapat memantau anaknya via Edmodo karena ada akses yang di sediakan oleh Edmodo untuk Orang Tua dll.

b.      Penggunaan Perangkat Komunikasi Online

§  Memberi wawasan cara menggunakan fitur Komunikasi Online yang gratis(Seperti: Google Hangout)

§  Dapat menggunakan Perangkat Komunikasi Online untuk membantu proses belajar ataupun sharing.

§  Dapat berkomunikasi secara efektif via online dll.

c.       Pembuatan Presentasi Video

§  Tahu cara membuat Presentasi yang baik dan benar.

§  Dapat mempresentasikan produknya untuk khalayak umum.

§  Dapat membuat produk yang baik, bermanfaat dan benar dll.

d.      Pembuatan Simulasi Visual

§  Bermain dengan aplikasi Blender Opensource.

§  Dapat membuat Visualisasi benda secara ri'il dalam bentuk 3 Dimensi.

§  Dapat mebuat modeling benda dalam bentuk animasi yang menarik dll.

e.       Buku Digital

§  Dapat membuat konten buku yang menarik dan bermanfaat.

§  Dapat memasukkan Video dan audio dalam buku.

§  Dapat packing buku yang menarik dan bermanfaat dll.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1.Kesimpulan

Simulasi Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web. Simulasi digital, adalah simulasi yang mana implementasinya menggunakan computer digital. Jadi untuk praktik simulasi digital paling tidak harus ada perangkat komputer atau PC untuk mempraktikan cara kerja sebuah proses digitalisasi.

Adapun manfaat adanya simulasi digital diantaranya :

1.      Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar

2.      Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya

3.      Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar

4.      Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya  

5.      Memudahkan untuk belajar kelompok via Online.

6.      Guru dapat memberi materi via online walaupun guru sedang tugas.

7.      Melakukan ujian via online.

 

3.2.Saran

Pergunakanlah simulasi digital bagi kehidupan siswa itu untuk mempermudah siswa dalam menambah wawasannya mengenai segala hal yang ingin diketahui. Serta agar tercipta suatu metode pembelajaran yang modern, sederhana, namun nyaman bagi setiap siswa.

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://ranimohune.wordpress.com/2014/04/21/pengertian-simulasi-digital/

http://anisadepe.blogspot.com/2014/02/simulasi-digital-kelas-x.html

https://www.edmodo.com/folder/1820552

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan segala kerendahan dan  keikhlasan hati, Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan, taufiq dan hidayah-Nya dan atas segala kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah tentang “SIMULASI DIGITAL” ini dapat  terselesaikan.

Shalawat terbingkai salam semoga abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalah kebenaran yakni baginda Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga syafa’atnya selalu menyertai kehidupan ini.

Makalah ini berisi  ulasan-ulasan yang membahas tentang Kajian pengertian simulasi, dan simulasi digital, serta contoh dan manfaat dari simulasi digital.

Setitik harapan dari kami sebagai penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan makalah berikutnya.

 

Banjarsari,   September 2014

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

 

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

1.1.  Latar Belakang ..................................................................................    1 

1.2.  Rumusan Masalah  .............................................................................    2

1.3.  Tujuan Penulisan.................................................................................    2

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    3

2.1.  Pengertian Simulasi............................................................................    3

2.2.  Pengertian Analog dan Digital ..........................................................    3

2.3.  Pengertian Simulasi Digital ...............................................................    5

2.4.  Manfaat Simulasi Digital ...................................................................    7

 

BAB III PENUTUP ......................................................................................    9

3.1.  Kesimpulan.........................................................................................    9

3.2.  Saran ..................................................................................................    9

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................   10

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment