MAKALAH SIMULASI DIGITAL (Versi 3)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
lmu
pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan saat ini berlangsung dengan
pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari,
melainkan dalam hitungan jam, menit atau detik, terutama berkaitan dengan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan TIK sangat mempengaruhi
tatanan kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Pada era pertama peranan
pendidikan berpusat pada keluarga, dimana para orang tua memainkan perannya
sebagai guru kepada anaknya tentang arti dan makna kehidupan, anak diajari agar
mampu beradaptasi dengan alam, mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan sampai
pada akhirnya mereka mampu hidup mandiri
tanpa bantuan orang lain.
Pada
generasi kedua lahir sekolah sebagai tempat belajar anak, dimana orang tua
memandang bahwa berbagai perubahan telah terjadi, mereka merasa tidak mampu
lagi hanya mengandalkan pendidikan yang diturunkan dari orang-orang terdahulu,
ketidak relevansian terhadap tuntutan kehidupan pada masa itu sulit dengan
hanya bermodalkan pendidikanseadanya.
Berbagai
perubahan terus mengalir, seiring dengan derasnya alir mengalir tanpa henti,
sekolah bermunculan di mana-mana sebagai tanda kebutuhan masyarakat yang terus
meningkat, namun pada generasi ke-tiga, lahirlah pendidikan yang mengedepankan
azas terbuka, dimana bagi masyarakat yang tidak mampu untuk datang ke sekolah
karena masalah ekonomi dan sulitnya mendatangi sekolah karena faktor geograis.
Pada generasi ini lahirlahpendidikan yang memberikan kesempatan kepada
masyarakat untuk dapat belajar tanpa harus datang ke sekolah, mereka dapat belajar
di mana saja, kapan saja dan dengan apa saja serta oleh siapa saja, bahkan
mereka bebas mengatur sendiri kapan mereka harus belajar dan mempelajari
pelajaran apa yang mereka kehendaki. Pendidikan semacam inidikenal dengan
istilah Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ).
1.2.Rumusan Masalah
1. Apa
pengertian dari simulasi?
2. Apa
pengertian dari analog dan digital?
3. Apa
pengertian dari simulasi digital?
4. Apa
manfaat dari simulasi digital?
1.3.Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1. Untuk
ememenuhi tugas mata pelajaran simulasi digital di SMK Al-Ihya tahun ajaran
2014-2015.
2. Untuk
mengetahui pengertian simulasi.
3. Untuk
mengetahui pengertian dari analog dan digital.
4. Untuk
mengetahui pengertian dari simulasi digital.
5.
Untuk mengetahui manfaat
dari simulasi digital.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Simulasi
Simulasi
adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan
sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum
menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau
sistem yang abstrak tertentu.
Simulasi
adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan
keadaan yang sesungguhnya;
Simulasi
adalah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistic
atau pemeranan;me·nyi·mu·la·si menirukan (menyerupakan) kepada sesuatu yang
besar dengan ukuran yang lebih kecil: komputer itu dapat digunakan untuk -
bintang meledak; me·nyi·mu·la·si·kan membuat (menjadikan) dalam bentuk simulasi
2.2.Pengertian Analog dan Digital
Analog adalah sinyal data dalam
bentuk gelombang yang yang kontinew, yang membawa informasi dengan mengubah
karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh
isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Gelombang pada sinyal analog
yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu
amplitudo, frekuensi dan phase.
Amplitudo
merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi adalah
jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Phase adalah besar sudut
dari sinyal analog pada saat tertentu. Analog disebarluaskan melalui gelombang
elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi
oleh faktor ”pengganggu”. Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik
yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat
variable yang berurutan. Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem
komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada
gelombang elektromagnetik.
Contoh Sistem Analog:
1. Remote
TV
2. Spedometer
pada motor
3. Pengukur
tekanan
4. Telepon
5.
Radio analog
Digital berasal dari kata Digitus,
dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang
dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2
radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu
keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on
(bilanganbiner).
Digital
adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris
melalui piranti komputer, Semua sistem komputer menggunakan sistem digital
sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit)
Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan
biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti
saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada
20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka
ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan
membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
Konsep
digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling
berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka
ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol
off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan
menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan
malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan
Keistimewaan
Teknologi Digital
1.
Mampu mengirimkan informasi
dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasidapat dikirim dengan
kecepatan tinggi.
2.
Penggunaan yang
berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas
informasi itu sendiri.
3.
Informasi dapat dengan
mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
4.
Dapat memproses informasi
dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.
Contoh – Contoh Peralatan
Yang menggunakan Digital
·
Jam digital
·
Kamera digital
·
Penunjuk suhu digital
·
Kalkulator digital
·
Computer
·
HP
·
Radio digital
Persamaan
sistem analog dan digital:
1.
Sama-sama merupakan sinyal
data
2. Semua
bisa dibuat dalam bentuk IC
Perbedaan
sistem analog dan digital:
1.
Sistem digital mampu
mengirimkan informasi lebih cepat dari analog
2. Sistem
analog lebih sensitif dari ganguan atau noise.
3. Sistem
digital mereproduksi sinyal dengan lebih baik.
4. Sistem
digital mudah didisain dan tidak memerlukan matematika khusus.
5.
Fleksibilitas dan
fungsionalitas yang lebih baik.
2.3.Pengertian
Simulasi Digital
Simulasi
Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.
Berdasarkan
diskusi dengan beberapa pihak industri dan dengan melihat perkembangan
teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan
pihak industri saat ini, maka konten materi Simulasi Digital sebagai
berikut :
·
Melaksanakan Pembelajaran
Kolaboratif
·
Mengidentifikasi Jejaring
Sosial Pendidikan
·
Melakukan Pendaftaran
·
Menfaatkan Fitur
·
Melaksankan Ujian Online
Bersama Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Menformat materi dalam
bentuk digital
·
Mengidentifiasi materi
digital
·
Mengidentifikasi
persyaratan hardware
·
Menformat materi digital
·
Mengidentifikasi jenis
aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital
·
Menggunakan aplikasi untuk
membuat materi digital · Membuat materi dalam bentuk digital Sumber
belajar : Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Melaksankanan interaksi dan
komunikasi secara online Menjelaskan interaksi online
·
Menjelaskan komunikasi
online
·
Menjelaskan jenis layanan
aplikasi komunikasi online
·
Menjelaskan persyaratan
penggunaan layanan palikasi
·
Memanfaatkan fitur layanan
komunikasi online
·
Melakukan interaksi dan
komunikasi secara online Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku
Seadunet 2.0 dll
·
Membuat materi dalam bentuk
video
·
Mengidentifikasi jenis
materi audio visual
·
Mengidentifikasi Jenis
aplikasi pembuat materi bentuk audio visual
·
Menjelaskan persyaratan
kebutuhan hardware
·
Menggunakan aplikasi
editing video
·
Melakukan proses render
menjadi bentuk video Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe Premiere,
Buku Seadunet 2.0 dll
·
Membuat materi dalam bentuk
simulasi visual
·
Menjelaskan konsep simulasi
visual
·
Mengidentifikasi jenis
simulasi visual
·
Membuat simulasi visual
·
Mempublikasikan simulasi
visual Sumber belajar : Blender, Skecthbook, 123D Catch, 3DsMax,
Adobe Flash, Adobe After Effect, Cinema 4D, Lightwave, Softimages, Copper Cube,
Buku Seadunet 2.0 dll.
Contoh
dari Simulasi Digital
Contoh Simulasi Digital Adalah:
§
Simulasi Keyboard tiruan
untuk memperlancar pengetikan 11 Jari
§
Simulasi Menghitung Daya
Listrik dengan bantuan perangkat komputer
§
Simulasi pemuaian dengan
bantuan software animasi dan simulasi fisika
§
dll.
2.4.Manfaat
Simulasi Digital
a.
Pemanfaatan Jejaring Sosial
untuk Pembelajaran Edmodo
§ Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform
Edmodo.
§ Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
melalui platform Edmodo.
§ Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi
murid.
§ Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas
luar melalui platform Edmodo.
§ Melakukan ujian via online lebih mudah karena tidak
membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan hosting karena platform Edmodo ini gratis.
§ Mudahnya menggunakan platform Edmodo karena toolsnya
hampir sama dengan Facebook.
§ Orang tua dapat memantau anaknya via Edmodo karena
ada akses yang di sediakan oleh Edmodo untuk Orang Tua dll.
b.
Penggunaan Perangkat
Komunikasi Online
§ Memberi wawasan cara menggunakan fitur Komunikasi
Online yang gratis(Seperti: Google Hangout)
§ Dapat menggunakan Perangkat Komunikasi Online untuk
membantu proses belajar ataupun sharing.
§ Dapat berkomunikasi secara efektif via online dll.
c.
Pembuatan Presentasi Video
§ Tahu cara membuat Presentasi yang baik dan benar.
§ Dapat mempresentasikan produknya untuk khalayak
umum.
§ Dapat membuat produk yang baik, bermanfaat dan benar
dll.
d.
Pembuatan Simulasi Visual
§ Bermain dengan aplikasi Blender Opensource.
§ Dapat membuat Visualisasi benda secara ri'il dalam
bentuk 3 Dimensi.
§ Dapat mebuat modeling benda dalam bentuk animasi
yang menarik dll.
e.
Buku Digital
§ Dapat membuat konten buku yang menarik dan
bermanfaat.
§ Dapat memasukkan Video dan audio dalam buku.
§ Dapat packing buku yang menarik dan bermanfaat dll.
BAB
III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Simulasi Digital dalam
pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web. Simulasi digital,
adalah simulasi yang mana implementasinya menggunakan computer digital. Jadi
untuk praktik simulasi digital paling tidak harus ada perangkat komputer atau
PC untuk mempraktikan cara kerja sebuah proses digitalisasi.
Adapun manfaat adanya
simulasi digital diantaranya :
1.
Memudahkan proses kegiatan
belajar mengajar
2.
Memudahkan guru untuk
memberi tugas kepada muridnya
3.
Memudahkan proses kegiatan
belajar mengajar
4.
Memudahkan guru untuk memberi
tugas kepada muridnya
5.
Memudahkan untuk belajar
kelompok via Online.
6.
Guru dapat memberi materi
via online walaupun guru sedang tugas.
7.
Melakukan ujian via online.
3.2.Saran
Pergunakanlah
simulasi digital bagi kehidupan siswa itu untuk mempermudah siswa dalam
menambah wawasannya mengenai segala hal yang ingin diketahui. Serta agar
tercipta suatu metode pembelajaran yang modern, sederhana, namun nyaman bagi
setiap siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
http://ranimohune.wordpress.com/2014/04/21/pengertian-simulasi-digital/
http://anisadepe.blogspot.com/2014/02/simulasi-digital-kelas-x.html
https://www.edmodo.com/folder/1820552
KATA PENGANTAR
Dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati, Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan, taufiq dan hidayah-Nya dan atas segala kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah tentang “SIMULASI DIGITAL” ini dapat terselesaikan.
Shalawat terbingkai salam semoga abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalah kebenaran yakni baginda Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga syafa’atnya selalu menyertai kehidupan ini.
Makalah
ini berisi ulasan-ulasan yang membahas
tentang Kajian pengertian simulasi, dan simulasi
digital, serta contoh dan manfaat dari simulasi digital.
Setitik harapan dari kami sebagai penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan makalah berikutnya.
Banjarsari, September 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1. Latar Belakang .................................................................................. 1
1.2.
Rumusan Masalah ............................................................................. 2
1.3. Tujuan
Penulisan................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................. 3
2.1. Pengertian
Simulasi............................................................................ 3
2.2.
Pengertian Analog dan Digital .......................................................... 3
2.3.
Pengertian Simulasi Digital ............................................................... 5
2.4.
Manfaat Simulasi Digital ................................................................... 7
BAB III PENUTUP ...................................................................................... 9
3.1. Kesimpulan......................................................................................... 9
3.2. Saran
.................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 10
Comments
Post a Comment