CLICK HERE

Sunday, March 5, 2017

MAKALAH SIMULASI DIGITAL (Versi 2)

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang

Kemampuan mengomunikasikan gagasan atau mengungkapkan pemerian (deskripsi ) atas benda  jadi yang dihasilkan, merupakan kompetensi lunak ( soft competency ) yang termasuk dalam standar kompetensi kerja.Salah satu kemampuan yang dituntut pada kehidupan abad ke-21 adalah melakukan komunikasi melalui media digital.Kesempatan melakukan pembelajaran dan/atau mengikuti pemelajaran melalui media daring(onlineaz) semakin terbuka lebar bagi masyarakat  pembelajar, termasuk siswa dan guru, sejak awal abad ke-21. Makna globalisasi dalam bidang  pendidikan harus disikapi secara arif oleh guru dan siswa dalam memperoleh  pengetahuan sebagai dasar pembentukan keterampilan dansikap. Keterampilan komputer dan kemampuan mengelola informasi, baik yang secara terencana telah diberikan kepada siswa maupun yang didapat siswa di luar kendali guru karena proses belajar di masyarakat luas, merupakan modal dasar bagi siswa dan guru memasuki era komunikasi digital

 

1.2.Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan simulasi?

2.      Apa yang dimaksud dengan disital?

3.      Apa yang diamksud dengan simulasio digital?

4.      Apa contoh dari simulasi digital?

 

1.3.Tujuan

Mata Pelajaran Simulasi Digital bertujuan untuk memberikan bekal:

1.      Pengetahuan dan keterampilan bagi siswa untuk membuat jejaring informasi dengan pihaklain dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya;

2.      Mengomunikasikan gagasan atau menjelaskan produk benda jadi yang dihasilkannya atauhasil karya orang lain melalui media digital;

3.      Penanaman sikap berbagi pakai (sharing) kepada pihak lain.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1.Pengertian Simulasi

Metode simulasi yang paling luas penggunaannya dalam mengevaluasi berbagai alternatif sistem sumberdaya air. Teknik ini mengandalkan cara coba-banding (trial-and-error) untuk memperoleh hasil yang mendekati optimal. Model simulasi mempunyai maksud untuk mereproduksi watak esensial dari sistem yang dipelajari. Teknik simulasi dapat dibayangkan dengan percobaan (eksperimen), sebagai penyelesaian masalah untuk mempelajari sistem yang kompleks yang tidak dapat dianalisis secara langsung dengan cara analitik. Teknik simulasi merupakan metode kuantitatif yang menggambarkan perilaku suatu sistem.

Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh /dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model.

Simulasi yaitu suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.

Simulasi metode pelatihan yg meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yg mirip dng keadaan yang sesungguhnya

Simulasi sebuah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan; me•nyi•mu•la•si v menirukan (menyerupakan) kpd sesuatu yg besar dng ukuran yg lebih kecil: komputer itu dapat digunakan untuk – bintang meledak; me•nyi•mu•la•si•kan v membuat (menjadikan) dalam bentuk simulasi         

                 

                                                

2.2.Pengertian Digital

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilanganbiner).

Digital adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris melalui piranti komputer, Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit) Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.

Konsep digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan

 

Keistimewaan Teknologi Digital

1.      Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasidapat dikirim dengan kecepatan tinggi.

2.      Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.

3.      Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.

4.      Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

 

Contoh – Contoh Peralatan Yang menggunakan Digital

·         Jam digital

·         Kamera digital

·         Penunjuk suhu digital

·         Kalkulator digital

·         Computer

·         HP

·         Radio digital

 

2.3.Pengertian Simulasi Digital

Simulasi Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.

Berdasarkan diskusi dengan beberapa pihak industri dan dengan melihat perkembangan teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pihak industri saat ini, maka konten  materi Simulasi Digital sebagai berikut :

·         Melaksanakan Pembelajaran Kolaboratif

·         Mengidentifikasi Jejaring Sosial Pendidikan

·         Melakukan Pendaftaran

·         Menfaatkan Fitur

·         Melaksankan Ujian Online Bersama Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Menformat materi dalam bentuk digital

·         Mengidentifiasi materi digital

·         Mengidentifikasi persyaratan hardware

·         Menformat materi digital

·         Mengidentifikasi jenis aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital

·         Menggunakan aplikasi untuk membuat materi digital · Membuat materi dalam bentuk digital Sumber belajar : Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara online Menjelaskan interaksi online

·         Menjelaskan komunikasi online

·         Menjelaskan jenis layanan aplikasi komunikasi online

·         Menjelaskan persyaratan penggunaan layanan palikasi

·         Memanfaatkan fitur layanan komunikasi online

·         Melakukan interaksi dan komunikasi secara online Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Membuat materi dalam bentuk video

·         Mengidentifikasi jenis materi audio visual

·         Mengidentifikasi Jenis aplikasi pembuat materi bentuk audio visual

·         Menjelaskan persyaratan kebutuhan hardware

·         Menggunakan aplikasi editing video

·         Melakukan proses render menjadi bentuk video Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe Premiere, Buku Seadunet 2.0 dll

·         Membuat materi dalam bentuk simulasi visual

·         Menjelaskan konsep simulasi visual

·         Mengidentifikasi jenis simulasi visual

·         Membuat simulasi visual

·         Mempublikasikan simulasi visual Sumber belajar : Blender, Skecthbook, 123D Catch,   3DsMax, Adobe Flash, Adobe After Effect, Cinema 4D, Lightwave, Softimages, Copper Cube, Buku Seadunet 2.0 dll.

 

Contoh dari Simulasi Digital

Contoh Simulasi Digital Adalah:

§  Simulasi Keyboard tiruan untuk memperlancar pengetikan 11 Jari

§  Simulasi Menghitung Daya Listrik dengan bantuan perangkat komputer

§  Simulasi pemuaian dengan bantuan software animasi dan simulasi fisika

§  dll.

 

2.4.Manfaat Simulasi Digital

a.      Pemanfaatan Jejaring Sosial untuk Pembelajaran Edmodo

§  Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo.

§  Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo.

§  Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid.

§  Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform Edmodo.

§  Melakukan ujian via online lebih mudah karena tidak membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan hosting karena  platform Edmodo ini gratis.

§  Mudahnya menggunakan platform Edmodo karena toolsnya hampir sama dengan Facebook.

§  Orang tua dapat memantau anaknya via Edmodo karena ada akses yang di sediakan oleh Edmodo untuk Orang Tua dll.

b.      Penggunaan Perangkat Komunikasi Online

§  Memberi wawasan cara menggunakan fitur Komunikasi Online yang gratis(Seperti: Google Hangout)

§  Dapat menggunakan Perangkat Komunikasi Online untuk membantu proses belajar ataupun sharing.

§  Dapat berkomunikasi secara efektif via online dll.

c.       Pembuatan Presentasi Video

§  Tahu cara membuat Presentasi yang baik dan benar.

§  Dapat mempresentasikan produknya untuk khalayak umum.

§  Dapat membuat produk yang baik, bermanfaat dan benar dll.

d.      Pembuatan Simulasi Visual

§  Bermain dengan aplikasi Blender Opensource.

§  Dapat membuat Visualisasi benda secara ri'il dalam bentuk 3 Dimensi.

§  Dapat mebuat modeling benda dalam bentuk animasi yang menarik dll.

e.       Buku Digital

§  Dapat membuat konten buku yang menarik dan bermanfaat.

§  Dapat memasukkan Video dan audio dalam buku.

§  Dapat packing buku yang menarik dan bermanfaat dll.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1.Kesimpulan

Simulasi Digital ini adalah suatu gabungan mata pelajaran IT (Informasi Teknologi) yang digunakan untuk mempersiapkan para siswa SMK untuk berwirausaha. Simulasi Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.

Simulasi digital, adalah simulasi yang mana implementasinya menggunakan computer digital. Jadi untuk praktik simulasi digital paling tidak harus ada perangkat komputer atau PC untuk mempraktikan cara kerja sebuah proses digitalisasi.

Adapun manfaat adanya simulasi digital diantaranya :

1.      Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar

2.      Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya

3.      Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar

4.      Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya  

5.      Memudahkan untuk belajar kelompok via Online.

6.      Guru dapat memberi materi via online walaupun guru sedang tugas.

7.      Melakukan ujian via online.

 

3.1.Saran

Pergunakanlah simulasi digital bagi kehidupan siswa itu untuk mempermudah siswa dalam menambah wawasannya mengenai segala hal yang ingin diketahui. Serta agar tercipta suatu metode pembelajaran yang modern, sederhana, namun nyaman bagi setiap siswa.

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://ranimohune.wordpress.com/2014/04/21/pengertian-simulasi-digital/

http://anisadepe.blogspot.com/2014/02/simulasi-digital-kelas-x.html

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan segala kerendahan dan  keikhlasan hati, Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan, taufiq dan hidayah-Nya dan atas segala kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah tentang “SIMULASI DIGITAL” ini dapat  terselesaikan.

Shalawat terbingkai salam semoga abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalah kebenaran yakni baginda Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga syafa’atnya selalu menyertai kehidupan ini.

Makalah ini berisi  ulasan-ulasan yang membahas tentang Kajian pengertian simulasi, dan simulasi digital, serta contoh dan manfaat dari simulasi digital.

Setitik harapan dari kami sebagai penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan makalah berikutnya.

 

Banjarsari,   September 2014

 

Penulis

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

 

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

1.1.  Latar Belakang ..................................................................................    1 

1.2.  Rumusan Masalah  .............................................................................    1

1.3.  Tujuan ................................................................................................    1

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2

2.1.  Pengertian Simulasi............................................................................    2

2.2.  Pengertian Digital ..............................................................................    3

2.3.  Pengertian Simulasi Digital ...............................................................    4

2.4.  Manfaat Simulasi Digital ...................................................................    5

BAB III PENUTUP ......................................................................................    7

3.1.  Kesimpulan.........................................................................................    7

3.2.  Saran ..................................................................................................    7

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................   8

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment