MAKALAH SIMULASI DIGITAL (Versi 2)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Kemampuan
mengomunikasikan gagasan atau mengungkapkan pemerian (deskripsi ) atas benda jadi yang dihasilkan, merupakan kompetensi
lunak ( soft competency ) yang termasuk dalam standar kompetensi kerja.Salah
satu kemampuan yang dituntut pada kehidupan abad ke-21 adalah melakukan komunikasi
melalui media digital.Kesempatan melakukan pembelajaran dan/atau mengikuti
pemelajaran melalui media daring(onlineaz) semakin terbuka lebar bagi
masyarakat pembelajar, termasuk siswa
dan guru, sejak awal abad ke-21. Makna globalisasi dalam bidang pendidikan harus disikapi secara arif oleh guru
dan siswa dalam memperoleh pengetahuan
sebagai dasar pembentukan keterampilan dansikap. Keterampilan komputer dan
kemampuan mengelola informasi, baik yang secara terencana telah diberikan
kepada siswa maupun yang didapat siswa di luar kendali guru karena proses belajar
di masyarakat luas, merupakan modal dasar bagi siswa dan guru memasuki era komunikasi
digital
1.2.Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan simulasi?
2. Apa
yang dimaksud dengan disital?
3. Apa
yang diamksud dengan simulasio digital?
4. Apa
contoh dari simulasi digital?
1.3.Tujuan
Mata Pelajaran Simulasi
Digital bertujuan untuk memberikan bekal:
1.
Pengetahuan dan
keterampilan bagi siswa untuk membuat jejaring informasi dengan pihaklain dalam
meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya;
2.
Mengomunikasikan gagasan
atau menjelaskan produk benda jadi yang dihasilkannya atauhasil karya orang
lain melalui media digital;
3.
Penanaman sikap berbagi
pakai (sharing) kepada pihak lain.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Simulasi
Metode
simulasi yang paling luas penggunaannya dalam mengevaluasi berbagai alternatif
sistem sumberdaya air. Teknik ini mengandalkan cara coba-banding
(trial-and-error) untuk memperoleh hasil yang mendekati optimal. Model simulasi
mempunyai maksud untuk mereproduksi watak esensial dari sistem yang dipelajari.
Teknik simulasi dapat dibayangkan dengan percobaan (eksperimen), sebagai
penyelesaian masalah untuk mempelajari sistem yang kompleks yang tidak dapat
dianalisis secara langsung dengan cara analitik. Teknik simulasi merupakan
metode kuantitatif yang menggambarkan perilaku suatu sistem.
Simulasi
adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan
karakteristik dari suatu sistem nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk
meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan
karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan
berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak
disentuh /dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi
kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model.
Simulasi
yaitu suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan
sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum
menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau
sistem yang abstrak tertentu.
Simulasi
metode pelatihan yg meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yg mirip dng keadaan
yang sesungguhnya
Simulasi
sebuah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model
statistik atau pemeranan; me•nyi•mu•la•si v menirukan (menyerupakan) kpd
sesuatu yg besar dng ukuran yg lebih kecil: komputer itu dapat digunakan untuk
– bintang meledak; me•nyi•mu•la•si•kan v membuat (menjadikan) dalam bentuk
simulasi
Digital
berasal dari kata Digitus, dalam bahasa yunani berarti jari jemari. Apabila
kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai
sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital
merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0
dan 1 atau off dan on (bilanganbiner).
Digital
adalah kata, gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris
melalui piranti komputer, Semua sistem komputer menggunakan sistem digital
sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit)
Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian
perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses
biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1).
Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A,
misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi
B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.
Konsep
digital ini ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling
berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka
ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol
off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan
menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan
malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan
Keistimewaan
Teknologi Digital
1.
Mampu mengirimkan informasi
dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasidapat dikirim dengan
kecepatan tinggi.
2.
Penggunaan yang
berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas
informasi itu sendiri.
3.
Informasi dapat dengan
mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
4.
Dapat memproses informasi
dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.
Contoh – Contoh Peralatan
Yang menggunakan Digital
·
Jam digital
·
Kamera digital
·
Penunjuk suhu digital
·
Kalkulator digital
·
Computer
·
HP
·
Radio digital
2.3.Pengertian
Simulasi Digital
Simulasi
Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.
Berdasarkan
diskusi dengan beberapa pihak industri dan dengan melihat perkembangan
teknologi dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan
pihak industri saat ini, maka konten materi Simulasi Digital sebagai
berikut :
·
Melaksanakan Pembelajaran
Kolaboratif
·
Mengidentifikasi Jejaring
Sosial Pendidikan
·
Melakukan Pendaftaran
·
Menfaatkan Fitur
·
Melaksankan Ujian Online
Bersama Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Menformat materi dalam
bentuk digital
·
Mengidentifiasi materi
digital
·
Mengidentifikasi
persyaratan hardware
·
Menformat materi digital
·
Mengidentifikasi jenis
aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital
·
Menggunakan aplikasi untuk
membuat materi digital · Membuat materi dalam bentuk digital Sumber
belajar : Calibre, Sigil, Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Melaksankanan interaksi dan
komunikasi secara online Menjelaskan interaksi online
·
Menjelaskan komunikasi
online
·
Menjelaskan jenis layanan
aplikasi komunikasi online
·
Menjelaskan persyaratan
penggunaan layanan palikasi
·
Memanfaatkan fitur layanan
komunikasi online
·
Melakukan interaksi dan
komunikasi secara online Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+, Buku
Seadunet 2.0 dll
·
Membuat materi dalam bentuk
video
·
Mengidentifikasi jenis
materi audio visual
·
Mengidentifikasi Jenis
aplikasi pembuat materi bentuk audio visual
·
Menjelaskan persyaratan
kebutuhan hardware
·
Menggunakan aplikasi
editing video
·
Melakukan proses render
menjadi bentuk video Sumber belajar : Movie Maker, Ulead, Pinacle, Adobe
Premiere, Buku Seadunet 2.0 dll
·
Membuat materi dalam bentuk
simulasi visual
·
Menjelaskan konsep simulasi
visual
·
Mengidentifikasi jenis
simulasi visual
·
Membuat simulasi visual
·
Mempublikasikan simulasi
visual Sumber belajar : Blender, Skecthbook, 123D
Catch, 3DsMax, Adobe Flash, Adobe After Effect, Cinema 4D,
Lightwave, Softimages, Copper Cube, Buku Seadunet 2.0 dll.
Contoh
dari Simulasi Digital
Contoh Simulasi Digital Adalah:
§
Simulasi Keyboard tiruan
untuk memperlancar pengetikan 11 Jari
§
Simulasi Menghitung Daya
Listrik dengan bantuan perangkat komputer
§
Simulasi pemuaian dengan
bantuan software animasi dan simulasi fisika
§
dll.
2.4.Manfaat
Simulasi Digital
a.
Pemanfaatan Jejaring Sosial
untuk Pembelajaran Edmodo
§ Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui
platform Edmodo.
§ Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada muridnya
melalui platform Edmodo.
§ Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi
murid.
§ Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas
luar melalui platform Edmodo.
§ Melakukan ujian via online lebih mudah karena tidak
membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan hosting karena platform Edmodo ini gratis.
§ Mudahnya menggunakan platform Edmodo karena toolsnya
hampir sama dengan Facebook.
§ Orang tua dapat memantau anaknya via Edmodo karena
ada akses yang di sediakan oleh Edmodo untuk Orang Tua dll.
b.
Penggunaan Perangkat
Komunikasi Online
§ Memberi wawasan cara menggunakan fitur Komunikasi
Online yang gratis(Seperti: Google Hangout)
§ Dapat menggunakan Perangkat Komunikasi Online untuk
membantu proses belajar ataupun sharing.
§ Dapat berkomunikasi secara efektif via online dll.
c.
Pembuatan Presentasi Video
§ Tahu cara membuat Presentasi yang baik dan benar.
§ Dapat mempresentasikan produknya untuk khalayak
umum.
§ Dapat membuat produk yang baik, bermanfaat dan benar
dll.
d.
Pembuatan Simulasi Visual
§ Bermain dengan aplikasi Blender Opensource.
§ Dapat membuat Visualisasi benda secara ri'il dalam
bentuk 3 Dimensi.
§ Dapat mebuat modeling benda dalam bentuk animasi
yang menarik dll.
e.
Buku Digital
§ Dapat membuat konten buku yang menarik dan
bermanfaat.
§ Dapat memasukkan Video dan audio dalam buku.
§ Dapat packing buku yang menarik dan bermanfaat dll.
BAB
III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Simulasi
Digital ini adalah suatu gabungan mata pelajaran IT (Informasi Teknologi) yang
digunakan untuk mempersiapkan para siswa SMK untuk berwirausaha. Simulasi
Digital dalam pembelajaran berarti pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.
Simulasi
digital, adalah simulasi yang mana implementasinya menggunakan computer
digital. Jadi untuk praktik simulasi digital paling tidak harus ada perangkat
komputer atau PC untuk mempraktikan cara kerja sebuah proses digitalisasi.
Adapun manfaat adanya simulasi digital
diantaranya :
1.
Memudahkan proses kegiatan
belajar mengajar
2.
Memudahkan guru untuk
memberi tugas kepada muridnya
3.
Memudahkan proses kegiatan
belajar mengajar
4.
Memudahkan guru untuk memberi
tugas kepada muridnya
5.
Memudahkan untuk belajar
kelompok via Online.
6.
Guru dapat memberi materi
via online walaupun guru sedang tugas.
7.
Melakukan ujian via online.
3.1.Saran
Pergunakanlah
simulasi digital bagi kehidupan siswa itu untuk mempermudah siswa dalam
menambah wawasannya mengenai segala hal yang ingin diketahui. Serta agar
tercipta suatu metode pembelajaran yang modern, sederhana, namun nyaman bagi
setiap siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
http://ranimohune.wordpress.com/2014/04/21/pengertian-simulasi-digital/
http://anisadepe.blogspot.com/2014/02/simulasi-digital-kelas-x.html
KATA PENGANTAR
Dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati, Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan, taufiq dan hidayah-Nya dan atas segala kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan makalah tentang “SIMULASI DIGITAL” ini dapat terselesaikan.
Shalawat terbingkai salam semoga abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalah kebenaran yakni baginda Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga syafa’atnya selalu menyertai kehidupan ini.
Makalah
ini berisi ulasan-ulasan yang membahas
tentang Kajian pengertian simulasi, dan simulasi
digital, serta contoh dan manfaat dari simulasi digital.
Setitik harapan dari kami sebagai penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadi wacana yang berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dan penyempurnaan makalah berikutnya.
Banjarsari, September 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1. Latar Belakang .................................................................................. 1
1.2.
Rumusan Masalah ............................................................................. 1
1.3. Tujuan
................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................. 2
2.1. Pengertian
Simulasi............................................................................ 2
2.2.
Pengertian Digital .............................................................................. 3
2.3.
Pengertian Simulasi Digital ............................................................... 4
2.4.
Manfaat Simulasi Digital ................................................................... 5
BAB III PENUTUP ...................................................................................... 7
3.1. Kesimpulan......................................................................................... 7
3.2. Saran
.................................................................................................. 7
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 8
Comments
Post a Comment