MAKALAH EDMODO (Versi 4)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pelaksanaan
collaborative learning secara online dapat dilakukan dengan memanfaatkan
program edmodo, dimana pada satu kelompok belajar dapat memberikan informasi
apapun kepada kelompok lain secara konkrit, verbal dan terkini. Pemanfaatan
edmodo dalam proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara terus menerus akan
menumbuhkan pendidikan yang kompetitif, dimana masing-masing kelompok belajar
akan menampilkan berbagai keunggulan pada masing-masing kelompok tersebut,
sehingga terciptalah pendidikan yang berkualitas.
Pembelajaran
virtual bisa juga dilaksanakan secaraasynchronous dan gratis (di luar biaya
koneksi internet. Salah satuwebsite yang cukup banyak memiliki fitur untuk
mendukung pembelajaran yaitu Edmodo
B. Rumusan
Masalah
1. Bagaimana tentang sejarah Edmodo?
2. Apa yang dimaksud dengan Edmodo?
3. Apa saja fitur-fitur yang terdapat
dalam Edmodo?
C.
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini
adalah :
1.
Untuk mengetahui sejarah dari Edmodo
2.
Untuk mengetahui pengertian dari Edmodo
3.
Untuk mengetahui tentang fitur-fitur Edmodo
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah Edmodo
Sejarah mengenai Edmodo, Edmodo didirikan
oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah
di daerah Chicago. Edmodo sendiri adalah media social network microblogging
yang aman bagi siswa dan guru. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung
serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lain, tentu saja dengan
putra atau putri mereka sendiri. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan
sudah memiliki kurang lebih 7 juta akun yang terdiri dari guru dan murid.
B.
Pengertian Edmodo
Pengertian Edmodo yaitu situs jaringan sosial
tempat berbagi data, event, jadwal dan lain sebagainya diperuntukkan bagi para
guru dan murid. Edmodo adalah media social network
microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Edmododidirikan oleh
Nicolas Borg dan Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di
daerah Chicago. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi
dengan guru dan orangtua siswa lain, selain tentu saja dengan putra atau putri
mereka sendiri.
C.
Fitur-fitur yang terdapat di Edmodo
Edmodo
memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.Edmodo
mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa.
Dibawahini adalah fitur yang ada pada Edmodo.Bagian notifikasi terletak di
pojok kanan atas halaman depan Edmodo. Guru dan siswa dapat melihat
kegiatan-kegiatan yang akan datang, balasan terhadap notes yang diposkan,
alerts dan pesan pribadi dari guru dan siswa. Untuk guru dapat melihat apakah
ada notifikasi jika ada anggota baru bergabung, guru yang ingin berkoneksi,
jika ada tugas yang telah diunggah siswa. Untuk siswa, bagian notifikasi akan
terlihat jika ada tugas tersedia dalam waktu dua minggu dan menunggu untuk
dikerjakan. Siswa juga dapat melihat notifikasi nilai yang sudah diberikan oleh
guru terhadap tugas yang telah dikerjakan.
4.
Assignment
Assignment digunakan oleh guru untuk
memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan
waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapatmengirimkan tugas dalam
bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman
Assignment jugater dapat tombol
“Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah
menyelesaikan tugas mereka.Guru
dapat secara langsung memberikan penilaian terhadaphasil tugas yang telah
dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpandalam fitur
gradbook.
5.
File and Links
Pada fitur ini guru dan siswa dapat
mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau
guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenisekstensi seperti
.doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.
6.
Quiz
Quiz digunakan untuk memberikan
evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda,isian singkat, maupun soal
uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanyamengerjakannya
saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentangkuis
yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiap
butir soalquiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda
dan isian singkat,sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh
guru terlebih dahulu.
Cara
Mengerjakan Soal Ulangan (Quiz)
a. Sign ke akun edmodo kita
b. Klik tombol Quiz
c. Selanjutnya kerjakan Quiz (Ulangan)
sampai selesai. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya.
Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri
anda dengan baik sebelum membuka kuis.
d. Klik pilihan pendapatmu tentang quiz
tersebut untuk bisa mengkil View Result, maka nilai Kamu akan muncul
7.
Polling
Polling hanya dapat dibuat oleh guru
untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui
tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut
dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapansiswa terhadap materi
fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.
8.
Gradebook
Fitur gradebook digunakan sebagai
catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukanoleh guru dan dapat diisi
secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatishanya bisa
dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz.Penilaian padagradebookdapat
di-export menjadi file.csv. Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil
belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing
subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa
secara otomatis oleh sistem.Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh
sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa.Pada siswa, fitur ini hanya dapat
dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.
9.
Library
Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan
berbagai sumber pembelajaran dengankonten yang beragam. Dengan fitur library,
guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi,
gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link dan Fileyang terdapat di
Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga
dapatmenambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur
ini dapatdigunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan
luar. Sehinggasiswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap
diakses melalui Edmodo.
Mengunggah
Bahan Ajar di Library
Library selayaknya perpustakaan di
sekolah. Sebagai guru, Anda bisa mengunggah dokumen maupun link situs sebagai
referensi bagi siswa. Anda juga dapat mengaturnya dalam folder-folder untuk
memudahkan akses bagi setiap kelas.
a. Masuk ke kelas yang telah dibuat,
kemudian klik create and share folder with this group in the Library.
b. Muncul halaman library . Klik new
untuk membuat folder baru.c. Tentukan nama folder dan kelas mana saja yang
dapat mengakses folder tersebut lalu klik create.
c. Kembali ke halaman library, klik
untuk menambahkan file atau referensi lain. Muncul jendela upload to library.
Beri tanda (mark) add to folder
apabila Anda ingin menambahkan pada folder. Klik tab Files untuk menambahkan
file, kemudian klik upload untuk mulai mengunggah. Apabila referensi yang ingin
ditambahkan berupa link, klik tab link untuk memasang link atau alamat suatu
situs.
10.
Award Badges
Melupakan standar pengukuran
keberhasilan peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik akan
sangat tertarik bahkan menyukai pembelajaran lewat platform
ini, danketika peserta didik merasa
senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi materi baru dansulit akan
meningkat.Edmodo merupakan aplikasi yang menarik untuk membangun semangat
peserta didikuntuk belajar pada pendidikan jarak jauh. Ini dikarenakan edmodo
memiliki beberapakelebihan dibandingkan dengan media sosial maupun LMS lainnya
sebagai berikut :
a. Mirip facebook, mudah digunakan.
b. Closed group collaboration: hanya
yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.
c. Free, diakses online, dan tersedia
untuk perangkat smart phone (android dan Iphone).
d. Tidak memerlukan server di sekolah.
e. Dapat diakses dimanapun dan
kapanpun.
f. Edmodo selalu diupdate oleh
pengembang.
g. Edmodo dapat diaplikasikan dalam
satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satukota/kabupaten.
h. Edmodo dapat digunakan bagi peserta
didik, pendidik, dan orang tua.
i.
Edmodo digunakan berkomunikasi menggunakan model sosial media,
learning material, danevaluasi.
j.
Edmodo mendukung model team teaching, co-teacher, dan
teacher collaboration.
k. Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk
meningkatkan motivasi peserta didik .
D.
Kelebihan dan Kekurangan EDMODO
Kelebihan Edmodo diantaranya :
1. User Interface.
Mengadaptasi tampilan seperti
facebook, secara sederhana edmodo relatifmudah untuk digunakan bahkan untuk
pemula sekalipun.
2. Compatibility.
Edmodo mendukung preview berbagai
jenis format file seperti: pdf, pptx,html, swf dan sebagainya.
3. Aplikasi.
Edmodo
tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop)tetapi juga
bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.
Kekurangan
Edmodo diantaranya :
1. Social Media.
Edmodo
tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook,twitter
atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website
terintegrasidengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing).
Lagipula orang Indonesialebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang
edmodo.com.
2. Languange.
Penggunaan bahasa program yang masih
berbahasa inggris sehingga terkadangmenyulitkan guru dan siswa.
3. Video Conference
Belum tersedia. Hal ini cukup
penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara
langsung di ruang kelas.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Edmodo
merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat
sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan
agenda yang diberikan kepada siswa. Adapun fitur dari edmodo yang dapat
dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling,
Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec. Aplikasi ini memerlukan jaringan
internet yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar
untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
B. Saran
Kita perlu
belajar menggunakan edmodo, karena dapat membantu proses pembelajaran.
Belajarlah menggunakan teknologi yang semakin lama semakin canggih, yang mana
kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun kita mau. Gunakanlah jaringan sosial
secara bijak dan sebagai sarana yang positif
DAFTAR PUSTAKA
https://www.edmodo.com/file/view-crocodoc-new-window?uuid=de949a0b-0b9a-43c7-9fca-85447ce6036f
http://nazafnadya.blogspot.com/2014/02/tugas-simulasi-digital-
http://suksesmudah1.blogspot.com/2013/10/edmodo-adalah.html
http://ilmukomputer-pemula.blogspot.com/2014/01/pengertian-dan-fungsi-edmodo.html
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis ucapkan kepada allah SWT yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul Fitur-Fitur Edmodo ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan penulis Makalah ini adalah untuk memenuhi salah
satu tugas dari Mata Kuliah Pengantar Komputer.
Dalam penulisan Makalah ini, penulis banyak mendapatkan bimbingan dan
saran dari berbagai pihak dalam bentuk moril maupun material. Untuk itu penulis
mengucapkan banyak terima kasih.
Penulis berharap Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan
bagi pembaca umumnya.
Penulis menyadari masih banyak kurangan dalam penulisan Makalah ini,
oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan untuk hasil
yang lebih baik.
Banjarsari, November 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.
Latar Belakang .................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah ............................................................................. 1
C.
Tujuan ................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................. 2
A.
Sejarah Edmodo................................................................................. 2
B.
Pengertian Edmodo ........................................................................... 2
C.
Fitur-fitur yang terdapat di
Edmodo ................................................. 2
D.
Kelebihan dan Kekurangan Edmodo ................................................ 8
BAB III PENUTUP ...................................................................................... 9
A.
Kesimpulan......................................................................................... 9
B.
Saran .................................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 20
Comments
Post a Comment