CLICK HERE

Thursday, February 2, 2017

MAKALAH EDMODO (Versi 4)

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Pelaksanaan collaborative learning secara online dapat dilakukan dengan memanfaatkan program edmodo, dimana pada satu kelompok belajar dapat memberikan informasi apapun kepada kelompok lain secara konkrit, verbal dan terkini. Pemanfaatan edmodo dalam proses pembelajaran yang dapat dilakukan secara terus menerus akan menumbuhkan pendidikan yang kompetitif, dimana masing-masing kelompok belajar akan menampilkan berbagai keunggulan pada masing-masing kelompok tersebut, sehingga terciptalah pendidikan yang berkualitas.

Pembelajaran virtual bisa juga dilaksanakan secaraasynchronous dan gratis (di luar biaya koneksi internet. Salah satuwebsite yang cukup banyak memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran yaitu Edmodo

 

B.     Rumusan Masalah

1.      Bagaimana tentang sejarah Edmodo?

2.      Apa yang dimaksud dengan Edmodo?

3.      Apa saja fitur-fitur yang terdapat dalam Edmodo?

 

C.    Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1.      Untuk mengetahui sejarah dari Edmodo

2.      Untuk mengetahui pengertian dari Edmodo

3.      Untuk mengetahui tentang fitur-fitur Edmodo

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Sejarah Edmodo

      Sejarah mengenai Edmodo, Edmodo didirikan oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di daerah Chicago. Edmodo sendiri adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lain, tentu saja dengan putra atau putri mereka sendiri. Sekarang Edmodo sudah berkembang pesat dan sudah memiliki kurang lebih 7 juta akun yang terdiri dari guru dan murid.

 

B.     Pengertian Edmodo

Pengertian Edmodo yaitu situs jaringan sosial tempat berbagi data, event, jadwal dan lain sebagainya diperuntukkan bagi para guru dan murid. Edmodo adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Edmododidirikan oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara, dua orang yang bekerja di sekolah terpisah di daerah Chicago. Pada situs ini orangtua pun dapat bergabung serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lain, selain tentu saja dengan putra atau putri mereka sendiri.

 

C.    Fitur-fitur yang terdapat di Edmodo


Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawahini adalah fitur yang ada pada Edmodo.Bagian notifikasi terletak di pojok kanan atas halaman depan Edmodo. Guru dan siswa dapat melihat kegiatan-kegiatan yang akan datang, balasan terhadap notes yang diposkan, alerts dan pesan pribadi dari guru dan siswa. Untuk guru dapat melihat apakah ada notifikasi jika ada anggota baru bergabung, guru yang ingin berkoneksi, jika ada tugas yang telah diunggah siswa. Untuk siswa, bagian notifikasi akan terlihat jika ada tugas tersedia dalam waktu dua minggu dan menunggu untuk dikerjakan. Siswa juga dapat melihat notifikasi nilai yang sudah diberikan oleh guru terhadap tugas yang telah dikerjakan.

4.      Assignment

Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapatmengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman

Assignment jugater dapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah

menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadaphasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpandalam fitur gradbook.

 

5.      File and Links

Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenisekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.

 

6.      Quiz

Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda,isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanyamengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentangkuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiap butir soalquiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat,sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.

 

Cara Mengerjakan Soal Ulangan (Quiz)

a.       Sign ke akun edmodo kita

b.      Klik tombol Quiz

c.       Selanjutnya kerjakan Quiz (Ulangan) sampai selesai. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri anda dengan baik sebelum membuka kuis.

d.      Klik pilihan pendapatmu tentang quiz tersebut untuk bisa mengkil View Result, maka nilai Kamu akan muncul

 

7.      Polling

Polling hanya dapat dibuat oleh guru untuk dibagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan poling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran. Berikut dibawah ini adalah tampilan poling mengenai tanggapansiswa terhadap materi fungsi logika sebelum pembelajaran diberikan.

 

8.      Gradebook

Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukanoleh guru dan dapat diisi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatishanya bisa dilakukanberdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz.Penilaian padagradebookdapat di-export menjadi file.csv. Dalam fitur ini, guru mengatur penilaian hasil belajar seluruh siswa.Guru dapat mengatur nilai maksimal pada masing-masing subjek nilai. Nilai total adalah persentase dari nilai keseluruhan setiap siswa secara otomatis oleh sistem.Untuk penilaian Quiz diisi secara otomatis oleh sistem berdasarkan hasil Quiz setiap siswa.Pada siswa, fitur ini hanya dapat dilihat berupa rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.

 

9.      Library

Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengankonten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio dan konten digital lainnya.Link dan Fileyang terdapat di Library dapat dibagikan baik kepada siswa maupun grup. Siswa juga dapatmenambahkan konten yang dibagikan oleh guru ke dalam library-nya. Fitur ini dapatdigunakan sebagai media untuk menampung berbagai sumber dari dalam dan luar. Sehinggasiswa dapat menyimpan berbagai informasi dari luar namun tetap diakses melalui Edmodo.

 

Mengunggah Bahan Ajar di Library

Library selayaknya perpustakaan di sekolah. Sebagai guru, Anda bisa mengunggah dokumen maupun link situs sebagai referensi bagi siswa. Anda juga dapat mengaturnya dalam folder-folder untuk memudahkan akses bagi setiap kelas.

a.       Masuk ke kelas yang telah dibuat, kemudian klik create and share folder with this group in the Library.

b.      Muncul halaman library . Klik new untuk membuat folder baru.c. Tentukan nama folder dan kelas mana saja yang dapat mengakses folder tersebut lalu klik create.

c.       Kembali ke halaman library, klik untuk menambahkan file atau referensi lain. Muncul jendela upload to library.

Beri tanda (mark) add to folder apabila Anda ingin menambahkan pada folder. Klik tab Files untuk menambahkan file, kemudian klik upload untuk mulai mengunggah. Apabila referensi yang ingin ditambahkan berupa link, klik tab link untuk memasang link atau alamat suatu situs.

 

10.  Award Badges

Melupakan standar pengukuran keberhasilan peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa peserta didik akan sangat tertarik bahkan menyukai pembelajaran lewat platform

 

ini, danketika peserta didik merasa senang keinginan mereka untuk dapat mengatasi materi baru dansulit akan meningkat.Edmodo merupakan aplikasi yang menarik untuk membangun semangat peserta didikuntuk belajar pada pendidikan jarak jauh. Ini dikarenakan edmodo memiliki beberapakelebihan dibandingkan dengan media sosial maupun LMS lainnya sebagai berikut :

a.       Mirip facebook, mudah digunakan.

b.      Closed group collaboration: hanya yang memiliki group code yang dapat mengikuti kelas.

c.       Free, diakses online, dan tersedia untuk perangkat smart phone (android dan Iphone).

d.      Tidak memerlukan server di sekolah.

e.       Dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

f.       Edmodo selalu diupdate oleh pengembang.

g.      Edmodo dapat diaplikasikan dalam satu kelas, satu sekolah, antar sekolah dalam satukota/kabupaten.

h.      Edmodo dapat digunakan bagi peserta didik, pendidik, dan orang tua.

i.        Edmodo digunakan berkomunikasi menggunakan model sosial media, learning material, danevaluasi.

j.        Edmodo mendukung model team teaching, co-teacher, dan teacher collaboration.

k.      Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi peserta didik .

 

D.    Kelebihan dan Kekurangan EDMODO

Kelebihan Edmodo diantaranya :

1.      User Interface.

Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatifmudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

2.      Compatibility.

Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx,html, swf dan sebagainya.

 

3.      Aplikasi.

Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop)tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

 

Kekurangan Edmodo diantaranya :

1.      Social Media.

Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook,twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasidengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesialebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com.

2.      Languange.

Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadangmenyulitkan guru dan siswa.

3.      Video Conference

Belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Edmodo merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan agenda yang diberikan kepada siswa. Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec. Aplikasi ini memerlukan jaringan internet yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

 

B. Saran

     Kita perlu belajar menggunakan edmodo, karena dapat membantu proses pembelajaran. Belajarlah menggunakan teknologi yang semakin lama semakin canggih, yang mana kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun kita mau. Gunakanlah jaringan sosial secara bijak dan sebagai sarana yang positif

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

https://www.edmodo.com/file/view-crocodoc-new-window?uuid=de949a0b-0b9a-43c7-9fca-85447ce6036f

http://nazafnadya.blogspot.com/2014/02/tugas-simulasi-digital-

http://suksesmudah1.blogspot.com/2013/10/edmodo-adalah.html

http://ilmukomputer-pemula.blogspot.com/2014/01/pengertian-dan-fungsi-edmodo.html

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

     Segala puji dan syukur penulis ucapkan kepada allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Fitur-Fitur Edmodo ini dengan baik dan tepat waktu.

    Adapun maksud dan tujuan penulis Makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari Mata Kuliah Pengantar Komputer.

    Dalam penulisan Makalah ini, penulis banyak mendapatkan bimbingan dan saran dari berbagai pihak dalam bentuk moril maupun material. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih.

   Penulis berharap Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pembaca umumnya.

   Penulis menyadari masih banyak kurangan dalam penulisan Makalah ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan untuk hasil yang lebih baik.

 

 

Banjarsari,  November 2014

Penulis

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

 

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

A.      Latar Belakang ..................................................................................    1 

B.       Rumusan Masalah  .............................................................................    1

C.       Tujuan ................................................................................................    1

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2

A.      Sejarah Edmodo.................................................................................    2

B.       Pengertian Edmodo ...........................................................................    2

C.       Fitur-fitur yang terdapat di Edmodo .................................................    2

D.      Kelebihan dan Kekurangan Edmodo ................................................    8

 

BAB III PENUTUP ......................................................................................   9

A.      Kesimpulan.........................................................................................   9

B.       Saran ..................................................................................................   9

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................   20

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment