CLICK HERE

Thursday, February 2, 2017

MAKALAH EDMODO (Versi 1)

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Seiring dengan skenario pembelajaran, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.

Saat ini semua siswa tipe apapun dia cenderung menyenangi teknologi dan akrab dengannya. Hampir tidak ada siswa yang tidak punya akun di facebook, bahkan anak usia SD pun banyak yang sudah punya. Edmodo merupakan jejaring sosial untuk pembelajaran berbasis Learning Managent System (LMS). Edmodo memberi fasilitas bagi guru, murid tempat yang aman untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pembelajaran, pekerjaan rumah (PR) bagi siswa, diskusi dalam kelas virtual, ulangan secara online, nilai dan masih banyak lagi akan dibahas dibawah. Pada intinya edmodo menyediakan semua yang bisa kita lakukan dikelas bersama siswa dalam kegiatan pembelajaran ditambah fasilitas bagi orang tua bisa memantau semua aktifitas anaknya di edmodo asalkan punya

 

B.  Rumusan Masalah

1.      Bagaimana tentang sejarah Edmodo?

2.      Apa pengertian Edmodo?

3.      Apa saja fitur-fitur yang terdapat dalam Edmodo?

 

C.    Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1.      Untuk mengetahui sejarah dari Edmodo

2.      Untuk mengetahui pengertian dari Edmodo

3.      Untuk mengetahui tentang fitur-fitur dari Edmodo

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Sejarah Edmodo

Sejarah Edmodo bermula sekitar akhir tahun 2008, di mana Nic Borg dan Jeff O’Hara percaya bahawa suasana persekolahan perlu diperkembangkan untuk menggambarkan perkaitan dalam dunia yang didiami, dibina untuk mencipta satu perkara  baru berkait rapat dengan jurang antara bagaimana pelajar menjalani kehidupan mereka dan  bagaimana mereka belajar di sekolah. Setakat ini, Edmodo telah menghubungkan lebih daripada 125,000,000 guru dan pelajar dalam dunia sejagat.

 

B.  Pengertian Edmodo

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali

 

C.    Fitur-fitur yang terdapat di Edmodo

1.      Mengatur Profil

Ketika pertama kali siswa menggunakan Edmodo, mereka diharapkan mengatur informasi profil, pemberitahuan/notifikasi dan mengatur keamanan (password). Untuk melakukan pengaturan tersebut, silakan pilih Account/“Me” ikon yang terdapat di pojok atas sebelah kanan halaman depan Edmodo. Kemudian pilih “Setting.” Di dalam menu Setting siswa akan mendapatkan fitur sebagai berikut:

a.       Akun (Account)

Pada halaman akun siswa dapat melakukan hal berikut:

§  Mengganti foto profil: Pilih foto dari komputer, unggah menggunakan tombol “Upload a New Photo” atau pilih foto menggunakan ikon yang disediakan Edmodo.

§  Mengubah informasi pribadi : siswa dapat merubah nama meliputi nama depan/nama belakang (first name/last name), alamat email, dan zona waktu (timezone). Pastikan untuk mengatur zona waktu yang sama dengan guru.

b.      Profile Overview

Cara melakukan setting profile untuk halaman siswa sama dengan yang dilakukan pada halaman guru yaitu dengan klik Account/“Me” ikon pada navigation bar, kemudian pilih menu profile. Pada halaman ini, siswa diharapkan mengubah foto, mengisi identitas diri, dan mengatur notifikasi ke email mereka masing-masing. Di dalam menu profile siswa akan mendapatkan fitur sebagai berikut:

§  Foto profil, arahkan ke pojok kanan atas jika Anda ingin mengganti foto.

§  Informasi siswa yang ditampilkan, meliputi nama dan keterangan sebagai siswa.

§  Kelengkapan Profil (Profile Completeness), Bar akan menunjukkan progress setelah menyelesaikan profil siswa.

§  Posts and Replies, jumlah posting dan jawaban yang siswa telah buat.

§  Groups, jumlah Groups yang diikuti siswa.

§  Badges, jumlah lencana (Badges) yang sudah didapatkan siswa.

§  Ikon Badges, menampilkan jumlah lencana (Badges) yang sudah didapatkan siswa. Klik “See all” untuk melihat detail lencana.

§  Kutipan favorit (Favorite Quote), klik pada ikon pensil untuk memilih atau mengubah kutipan favorit siswa. Siswa juga dapat memilih kutipan favorit dari yang sudah disediakan, dan mencari kata kunci atau nama untuk menemukan kutipan tertentu.

§  Bagaimana saya suka belajar (How I Like to Learn), klik pada ikon pensil untuk memilih atau mengubah bagaimana siswa ingin belajar. Pilih menulis (Handson), mendengarkan (Listening) atau melihat (Visually) untuk mempelajari gaya belajar masing-masing. Kemudian klik tombol “Select”.

§  Tujan karir (Career Goal), klik pada ikon pensil untuk memilih atau mengubah tujuan karir mereka. Klik pada bidang karir di sebelah kiri dan lihat deskripsi dari setiap karir di sebelah kanan. Pilih tujuan karir dengan mengklik nama karir tertentu.

§  Teachers, klik “Show all Teachers” untuk melihat guru dan asisten guru (co-teacher) yang terhubung sebagai anggota grup.

§  Classmates, klik “Show all Classmates” untuk melihat semua teman sekelas. Meskipun mereka dapat melihat profil teman sekelas mereka, namun mereka tidak dapat mengirimkan pesan langsung kepada sesama.

 

2.      Perpustakaan Edmodo

Backpack adalah seperti tempat penyimpanan maya yang bekerja mirip dengan Library pada guru. Siswa dapat menyimpan file dengan jumlah yang tidak terbatas, tautan dan dapat terintegrasi dengan Google Drive di Library. Siswa dapat melampirkan item dari Backpack ke Posts atau Assignments. Batas yang digunakan adalah 100 Mb ketika upload, namun penyimpanan keseluruhan yang tersedia adalah tidak terbatas. Pada Backpack ini, siswa tidak akan melihat Folder guru di sini, namun mereka akan melihat Folder guru yang telah berbagi dengan mereka.

a)      Menambah File atau Link: Untuk menambah File atau Link di Backpack, silahkan ikuti langkah berikut: Klik “Backpack” ikon di toolbar paling atas. Klik tombol “Add to Backpack” di atas sebelah kanan Ada pilihan File atau Link, silahkan pilih salah satu. Jika siswa memilih File silahkan klik tombol “Upload” dengan maksimal file 100 MB kemudian klik “Add”. Jika siswa memilih Link silahkan masukkan alamat kemudian klik “Add”.

b)      Menyimpan Posting: Jika siswa ingin menyimpan Post penting dari guru ke Backpack-nya untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan resources atau dokumen di kemudian hari. Siswa dapat menambahkan Posting ke Backpack dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Klik Post Settings ikon di sebelah kanan post. Pilih “Link to this Post” pada menu drop-down. Sehingga muncul pop up window Link to Post, kopi link yang dihasilkan. Klik “Backpack” dan klik tombol “Add to Backpack” di sebelah kanan atas. Pada halaman “Add to Bacpack” pilih Link, kemudian Paste. Klik “Add” maka Posting sudah disimpan di Backpack.

c)      Pencarian file yang sudah dikirimkan: Fitur ini digunakan untuk mencari file dari tugas telah siswa kirimkan. siswa dapat mempersiapkan portofolio akhir tahun atau mencetak meskipun file tersebut telah hilang. Caranya adalah klik pada “Backpack” ikon di toolbar atas. Kemudian klik tab “Turned In” di panel sebelah kiri

d)     Membuat dan memindah Folder: Untuk menjaga agar Backpack terorganisir, siswa dapat membuat Folders dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Klik pada Backpack ikon di toolbar atas, kemudian pilih menu Folder. Klik tombol New Folder di sebelah kanan atas. Tuliskan nama Folder yang akan dibuat setelah itu klik tombol Create dan Folder siap digunakan.

Sedangkan jika siswa ingin menambahkan konten ke Backpack, siswa dapat menambahkan file ke Folder dengan mengikuti langkah berikut. Pilih file yang akan dipindah dengan klik sehingga muncul checkbox di pojok kiri gambar thumbnail. Klik ikon “Add to Folder” ikon di toolbar atas “Backpack”. Centang Folder yang akan diinginkan, kemudian klik tombol “Apply” maka file sudah dipindah.

e)      Menghapus Folder: Jika siswa ingin menghapus permanen Folder dan isinya dari Backpack, yang harus diperhatikan adalah semua resources di dalamnya juga akan terhapus. Jika ingin menyimpan beberapa resources maka perlu menyimpanya terlebih dahulu. Langkahlangkah menghapus Folder yaitu sebagai berikut: Klik “Backpack” ikon di the top toolbar. Pilih “Folders” yang akan dihapus dan klik di atas sebelah kiri thumbnail. Klik “Trash” ikon untuk menghapus Folder. Pilih konfirmasi menghapus resource dari Backpack dengan klik Yes.

f)       Integrasi ke Google Drive: Jika Anda membagikan materi menggunakan Google Drive dengan siswa, atau Anda ingin menggunakan Google Drive, siswa dapat mengkoneksikan dengan Backpack. Syarat utama siswa harus memiliki akun Gmail. Langkah-langkahnya adalah berikut: Klik “Backpack” ikon in the toolbar. Klik tab “Google Drive” di sebelah kiri dan klick tombol “Connect with Google Drive”. Siswa akan diminta untuk sign in akun Google Drive. Pilih tombol “Allow Access” ketika Anda mendapatkan permintaan akses Google Drive

 

3.      Menambahkan Note

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Facebook, note di sini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah “Status” pada Facebook. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan siswa, misalnya untuk memberikan informasi mengenai kelas Anda di Edmodo, menginformasikan materi yang harus dipelajari siswa, dsb. Jika Anda ingin memberikan catatan, perhatikan langkah-langkah berikut.

a)      Klik "Note" pada atas halaman Edmodo.

b)      Ketik pesan/catatan yang ingin anda berikan pada text box (a). Ingat bahwa fungsi catatan ini sama halnya ketika Anda berbicara di depan kelas atau di depan siswa. Klik pilihan link “Files (c),” “Links (d),” atau “Library (e)” () jika Anda ingin menambahkan upload ke posting Anda. (Setiap file atau link Anda posting secara otomatis akan ditambahkan ke Library Anda , jadi pastikan untuk memberikan penjelasan yang baik ketika posting).

c)      Pilih kirim sekarang (Send Now) atau dijadwal (Scheduled) (f):

§  Send Now: klik tombol "Send" makan akan mengirimkan posting segera.

§  Scheduled: klik tombol "Scheduled" ikon akan otomatis mengirim sesuai waktu yang telah ditentukan sesuai jam (samakan waktu antara guru dan siswa).

f)       Tentukan siapa yang bisa membaca note yang Anda tulis. Kemudain ketik nama siswa,

g)      guru, orang tua atau group pada text box “Send to” (b).

h)      Klik tombol “Send”

 

4.      Mengatur Kalender

Edmodo Planner dapat Anda fungsikan untuk menginformasikan berbagai kegiatan yang Anda laksanakan, baik berupa berupa kegiatan yang akan berlangsung, penugasan dan proyek yang sedang terjadi di suatu group. Untuk melihat Edmodo Planner Anda hanya perlu klik pada navigation bar yang ada di bagian kanan halaman Edmodo Anda. Berikut tampilan Edmodo Planner.

a.       Klik Edmodo Planner ikon di the Apps Toolbar pada sisi kanan.

b.      Pilih diantara Week/Month. Week digunakan untuk menampilkan semua kegiatan di setiap minggu Anda.

Coming Soon: Semua kegiatan yang telah direncanakan untuk bulan selanjutnya.

Someday: Tugas yang Anda rencanakan menyelesaikan di masa depan.

Month: Menampilkan semua kegiatan di suatu bulan, tetapi tidak ditampilkan Coming Soon atau Someday.

c.       Klik di Assignment untuk melihat isi, lampiran dan berapa banyak yang mengerjakan tugas.

d.      Sedangkan untuk membuat kegiatan yang akan Anda masukkan dalam kalender, Anda hanya perlu klik pada tanggal pelaksanaan kegiatan. Anda nanti akan diberikan pilihan untuk membuat even atau task. Sebelum menginformasikan kepada rekan Anda maupun kelompok Anda, maka terlebih dahulu Anda melengkapi informasi mengenai nama kegiatan (a), kapan kegiatan akan dilaksanakan (b), dan kepada siapa informasi tersebut akan diberikan (c).

e.       Sedangkan apabila Anda ingin menghapus kegiatan yang sudah Anda buat, maka Anda hanya perlu klik sekali lagi pada kegiatan yang ingin Anda hapus, kemudian pilih tombol delete. Sebagai catatan, Anda tidak dapat melakukan edit pada kegiatan, Anda hanya dapat membuat dan menghapusnya saja. Untuk mempermudah melihat kegiatan, di sebelah kanan Anda dapat memilih kegiatan dari kelas mana yang ingin Anda lihat.

 

5.      Menggunakan Search and filter

Anda dapat melakukan pencarian terhadap post, guru, siswa, komunitas, maupun aplikasi yang telah Anda tambahkan dalam kelas dengan cara mengetik keyword, nama guru/siswa dan aplikasi di Search posts yang ada di navigation bar Anda. Selain itu Anda jika Anda mempunyai seribu file di Library maka Anda akan mengalami kesulitan jika menari file, maka dengan menggunakan fitur ini akan lebih cepat untuk pencarian. Sedangkan untuk membantu Anda dalam melihat Posting yang tersedia, maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas filter sehingga Anda hanya dapat melihat Posting berdasarkan Penulis (Author), Jenis (Type) dan lainya (More). Apabila Anda ingin keluar dari filter tersebut, klik link close x yang ada di pojok kanan. Caranya adalah:

a.    Klik tombol Filter Posts By di kanan atas halaman Edmodo

1)   Pilih salah satu pilihan filter berikut:

·      Author: Penulis posts

·      By Students

·      By Me

2)   Type: Jenis

·      Latest

·      Posts

·      Alerts

·      Assignments

·      Feeds (RSS)

·      Polls

·      Quizzes

3)   More: Lebih detail

·      Direct Messages

·      Connections

·      Assignments

 

6.      Membaca Materi Pelajaran

Sesuai arahan yang telah Anda berikan dengan menggunakan note, maka siswa Anda arahkan untuk membaca materi belajar yang telah Anda siapkan.Siswa dapat mengakses materi belajar tersebut pada panel sebelah kanan. Folder berisi materi yang telah Anda buat dalam Library menentukan bahan-bahan yang harus dibaca siswa.

 

7.      Polling

Sebagaimana guru yang memberikan Poling kepada siswa, siswa akan menjawab Poling yang telah diberikan oleh guru. Siswa mendapatkan tampilan seperti di bawah ini, dan setiap siswa hanya punya kesempatan menjawab satu kali saja untuk menjawab Poling.

 

8.      Mengerjakan Test Online

Untuk dapat mengerjakan tugas dan kuis, maka siswa dapat dengan mudah klik tombol Turn In untuk penugasan dan tombol Take Quiz. Pada saat siswa mengerjakan tugas, maka siswa akan mendapatkan bebrapa soal dan form. Dalam form tersebut dia dapat menuliskan jawaban serta melampirkan bahan-bahan lain yang mendukung pendapatnya tersebut dalam bentuk file maupun link ke website yang lain. Siswa dapat mengirimkan jawaban dengan klik “Turn In Assignment”.

Apabila Anda memberikan Annotate pada lampiran yang diberikan siswa, maka untuk membaca Annotate tersebut siswa hanya perlu pilih view di samping dokumen yang mereka lampiran. Jika siswa mengirimkan kembali hasil perbaikan tugas tersebut kepada Anda, maka penanda Annotate tidak akan terlihat lagi. Untuk itu, jika Anda menginginkan Annotate yang Anda buat masih terlihat, maka siswa diharapkan mengirimkan versi baru dari tugas tsb. Sedangkan pada siswa memilih untuk mengerjakan kuis maka akan muncul informasi umum mengenai kuis tersebut yaitu nama kuis, deskripsi kuis, jumlah pertanyaan dalam kuis tersebut, dan juga jangka waktu pengerjaan kuis. Jika siswa sudah siap untuk mengerjakan maka dia akan klik tombol “Start Quiz.”

Setelah tombol start dipilih, maka akan muncul pertanyaan yang harus dijawab siswa. Siswa akan mendapat pertanyaan sesuai dengan tipe pertanyaan yang sudah Anda sediakan. Kemudian siswa mendapatkan informasi berapa lama waktu yang tersisa untuk pengerjaan kuis dan mereka juga mendapatkan informasi berapa soal yang telah ia kerjakan. Apabila siswa telah menyelesaikan dalam menjawab kuis, maka dia harus klik tombol “Submit Quiz”.

Selama tombol submit belum dipilih, maka waktu pengerjaan kuis akan tetap berjalan, walaupun siswa tidak berada pada halaman tersebut. Apabila waktu telah habis, maka secara otomatis tes akan ditutup dan siswa dapat melihat hasil kuis tsb (hanya jika Anda menyetujui opsi untuk menginformasikan hasil kuis setelah siswa mengerjakannya).

Untuk memberi respon Quiz, Anda dapat melakukan dengan cara memilih salah satu ikon dari pertanyaan “What did you think of this Quiz”. Kemudian klik tombol View Result untuk melihat hasil kuis yang telah dikerjakan siswa. Dari halaman tersebut dapat dilihat jawaban yang benar berwarna hijau (A), merah berarti salah (D), setengah hijau dan merah berarti jawaban benar setengah karena soal bertipe Matching(C), sedangkan biru berarti guru harus melihat secara manual dan memberikan poin nilai pada jawaban tersebut (B). Di sebelah kanan juga dapat dilihat berapa soal yang sudah dapat dijawab dengan benar oleh siswa.

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Edmodo adalah situs microblogging yang dapat digunakan di dalam kelas maupun rumah. Edmodo juga dapat membantu guru yang tidak bisa mengajar di kelas dengan memberikan materi pembelajaran secara online. Dalam Edmodo, Guru bisa memberikan tugas yang bisa ditentukan waktu pengumpulannya serta meng-upload materi belajar. Murid juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya di Edmodo atau jika disamakan dengan facebook, bisa dikatakan Update Status. Lebih tepatnya lagi, edmodo adalah “Facebook Guru dan Murid” karena fitur yang ditawarkan hampir sama dengan facebook. Fitur yang ditawarkan adalah :

a)      Bisa meng-edit Profile Picture dan Nama.

b)      Tampilan yang sama seperti facebook.

c)      Assignment yang dapat diposting guru sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.

d)     Pengaturan jadwal event-event penting.

e)      Satu anak bisa menjadi murid banyak guru.

f)       Edmodo bisa diakses melalui handphone.

Edmodo sendiri bisa diakses melalui mobile dan sudah tersedia untuk smartphone Android dan iPhone. Semakin mudah saja untuk belajar dan semoga saja dengan adanya situs ini dapat menyama ratakan pendidikan di Indonesia.

 

B. Saran                       

     Kita perlu belajar menggunakan edmodo, karena dapat membantu proses pembelajaran. Belajarlah menggunakan teknologi yang semakin lama semakin canggih, yang mana kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun kita mau. Gunakanlah jaringan sosial secara bijak dan sebagai sarana yang positif

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.academia.edu/7051706/s_Sejarah_EDMODO

https://www.edmodo.com/file/view-crocodoc-new-window?uuid=de949a0b-0b9a-43c7-9fca-85447ce6036f

http://nazafnadya.blogspot.com/2014/02/tugas-simulasi-digital-

http://suksesmudah1.blogspot.com/2013/10/edmodo-adalah.html

http://ilmukomputer-pemula.blogspot.com/2014/01/pengertian-dan-fungsi-edmodo.html

http://parmaton87.blogspot.com/2014/09/menggunakan-edmodo-untuk-kegiatan.html

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

     Segala puji dan syukur penulis ucapkan kepada allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Fitur-Fitur Edmodo ini dengan baik dan tepat waktu.

    Adapun maksud dan tujuan penulis Makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari Mata Kuliah Pengantar Komputer.

    Dalam penulisan Makalah ini, penulis banyak mendapatkan bimbingan dan saran dari berbagai pihak dalam bentuk moril maupun material. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terima kasih.

   Penulis berharap Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pembaca umumnya.

   Penulis menyadari masih banyak kurangan dalam penulisan Makalah ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan untuk hasil yang lebih baik.

 

 

Banjarsari,  November 2016

Penulis

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

 

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

A.      Latar Belakang ..................................................................................    1 

B.       Rumusan Masalah  .............................................................................    1

C.       Tujuan ................................................................................................    1

 

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2

A.      Sejarah Edmodo.................................................................................    2

B.       Pengertian Edmodo ...........................................................................    2

C.       Fitur-fitur yang terdapat di Edmodo .................................................    2

 

BAB III PENUTUP ......................................................................................   11

A.      Kesimpulan.........................................................................................   11

B.       Saran ..................................................................................................   11

 

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................   12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment