MAKALAH EDMODO (Versi 1)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring dengan skenario
pembelajaran, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan
kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan
norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan.
Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang
memenuhi siswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis
penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Saat ini
semua siswa tipe apapun dia cenderung menyenangi teknologi dan akrab dengannya.
Hampir tidak ada siswa yang tidak punya akun di facebook, bahkan anak usia SD
pun banyak yang sudah punya. Edmodo merupakan jejaring sosial untuk
pembelajaran berbasis Learning Managent System (LMS). Edmodo memberi fasilitas
bagi guru, murid tempat yang aman untuk berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi
konten dan aplikasi pembelajaran, pekerjaan rumah (PR) bagi siswa, diskusi
dalam kelas virtual, ulangan secara online, nilai dan masih banyak lagi akan
dibahas dibawah. Pada intinya edmodo menyediakan semua yang bisa kita lakukan
dikelas bersama siswa dalam kegiatan pembelajaran ditambah fasilitas bagi orang
tua bisa memantau semua aktifitas anaknya di edmodo asalkan punya
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana tentang sejarah Edmodo?
2. Apa pengertian Edmodo?
3. Apa saja fitur-fitur yang terdapat
dalam Edmodo?
C.
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini
adalah :
1. Untuk mengetahui sejarah dari Edmodo
2. Untuk mengetahui pengertian dari
Edmodo
3. Untuk mengetahui tentang fitur-fitur
dari Edmodo
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah Edmodo
Sejarah
Edmodo bermula sekitar akhir tahun 2008, di mana Nic Borg dan Jeff O’Hara
percaya bahawa suasana persekolahan perlu diperkembangkan untuk menggambarkan
perkaitan dalam dunia yang didiami, dibina untuk mencipta satu perkara baru berkait rapat dengan jurang antara
bagaimana pelajar menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah. Setakat
ini, Edmodo telah menghubungkan lebih daripada 125,000,000 guru dan pelajar
dalam dunia sejagat.
B. Pengertian Edmodo
Edmodo
adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa
maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan
Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan
sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan
terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup
kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan
bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada.
Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk
guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali
C. Fitur-fitur yang terdapat di Edmodo
1. Mengatur Profil
Ketika pertama kali siswa
menggunakan Edmodo, mereka diharapkan mengatur informasi profil,
pemberitahuan/notifikasi dan mengatur keamanan (password). Untuk melakukan
pengaturan tersebut, silakan pilih Account/“Me” ikon yang terdapat di pojok
atas sebelah kanan halaman depan Edmodo. Kemudian pilih “Setting.” Di dalam
menu Setting siswa akan mendapatkan fitur sebagai berikut:
a. Akun (Account)
Pada
halaman akun siswa dapat melakukan hal berikut:
§ Mengganti foto profil: Pilih foto
dari komputer, unggah menggunakan tombol “Upload a New Photo” atau pilih foto
menggunakan ikon yang disediakan Edmodo.
§ Mengubah informasi pribadi : siswa
dapat merubah nama meliputi nama depan/nama belakang (first name/last name),
alamat email, dan zona waktu (timezone). Pastikan untuk mengatur zona waktu
yang sama dengan guru.
b. Profile Overview
Cara
melakukan setting profile untuk halaman siswa sama dengan yang dilakukan pada
halaman guru yaitu dengan klik Account/“Me” ikon pada navigation bar, kemudian
pilih menu profile. Pada halaman ini, siswa diharapkan mengubah foto, mengisi
identitas diri, dan mengatur notifikasi ke email mereka masing-masing. Di dalam
menu profile siswa akan mendapatkan fitur sebagai berikut:
§ Foto profil, arahkan ke pojok kanan
atas jika Anda ingin mengganti foto.
§ Informasi siswa yang ditampilkan,
meliputi nama dan keterangan sebagai siswa.
§ Kelengkapan Profil (Profile
Completeness), Bar akan menunjukkan progress setelah menyelesaikan profil
siswa.
§ Posts and Replies, jumlah posting
dan jawaban yang siswa telah buat.
§ Groups, jumlah Groups yang diikuti
siswa.
§ Badges, jumlah lencana (Badges) yang
sudah didapatkan siswa.
§ Ikon Badges, menampilkan jumlah
lencana (Badges) yang sudah didapatkan siswa. Klik “See all” untuk melihat
detail lencana.
§ Kutipan favorit (Favorite Quote),
klik pada ikon pensil untuk memilih atau mengubah kutipan favorit siswa. Siswa
juga dapat memilih kutipan favorit dari yang sudah disediakan, dan mencari kata
kunci atau nama untuk menemukan kutipan tertentu.
§ Bagaimana saya suka belajar (How I
Like to Learn), klik pada ikon pensil untuk memilih atau mengubah bagaimana
siswa ingin belajar. Pilih menulis (Handson), mendengarkan (Listening) atau
melihat (Visually) untuk mempelajari gaya belajar masing-masing. Kemudian klik
tombol “Select”.
§ Tujan karir (Career Goal), klik pada
ikon pensil untuk memilih atau mengubah tujuan karir mereka. Klik pada bidang
karir di sebelah kiri dan lihat deskripsi dari setiap karir di sebelah kanan.
Pilih tujuan karir dengan mengklik nama karir tertentu.
§ Teachers, klik “Show all Teachers”
untuk melihat guru dan asisten guru (co-teacher) yang terhubung sebagai anggota
grup.
§ Classmates, klik “Show all
Classmates” untuk melihat semua teman sekelas. Meskipun mereka dapat melihat
profil teman sekelas mereka, namun mereka tidak dapat mengirimkan pesan
langsung kepada sesama.
2. Perpustakaan Edmodo
Backpack adalah seperti tempat
penyimpanan maya yang bekerja mirip dengan Library pada guru. Siswa dapat
menyimpan file dengan jumlah yang tidak terbatas, tautan dan dapat terintegrasi
dengan Google Drive di Library. Siswa dapat melampirkan item dari Backpack ke
Posts atau Assignments. Batas yang digunakan adalah 100 Mb ketika upload, namun
penyimpanan keseluruhan yang tersedia adalah tidak terbatas. Pada Backpack ini,
siswa tidak akan melihat Folder guru di sini, namun mereka akan melihat Folder
guru yang telah berbagi dengan mereka.
a) Menambah File atau Link: Untuk
menambah File atau Link di Backpack, silahkan ikuti langkah berikut: Klik
“Backpack” ikon di toolbar paling atas. Klik tombol “Add to Backpack” di atas
sebelah kanan Ada pilihan File atau Link, silahkan pilih salah satu. Jika siswa
memilih File silahkan klik tombol “Upload” dengan maksimal file 100 MB kemudian
klik “Add”. Jika siswa memilih Link silahkan masukkan alamat kemudian klik
“Add”.
b) Menyimpan Posting: Jika siswa ingin
menyimpan Post penting dari guru ke Backpack-nya untuk membuatnya lebih mudah
untuk menemukan resources atau dokumen di kemudian hari. Siswa dapat
menambahkan Posting ke Backpack dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Klik
Post Settings ikon di sebelah kanan post. Pilih “Link to this Post” pada menu
drop-down. Sehingga muncul pop up window Link to Post, kopi link yang
dihasilkan. Klik “Backpack” dan klik tombol “Add to Backpack” di sebelah kanan
atas. Pada halaman “Add to Bacpack” pilih Link, kemudian Paste. Klik “Add” maka
Posting sudah disimpan di Backpack.
c) Pencarian file yang sudah
dikirimkan: Fitur ini digunakan untuk mencari file dari tugas telah siswa
kirimkan. siswa dapat mempersiapkan portofolio akhir tahun atau mencetak
meskipun file tersebut telah hilang. Caranya adalah klik pada “Backpack” ikon
di toolbar atas. Kemudian klik tab “Turned In” di panel sebelah kiri
d) Membuat dan memindah Folder: Untuk
menjaga agar Backpack terorganisir, siswa dapat membuat Folders dengan
mengikuti langkah-langkah berikut: Klik pada Backpack ikon di toolbar atas,
kemudian pilih menu Folder. Klik tombol New Folder di sebelah kanan atas.
Tuliskan nama Folder yang akan dibuat setelah itu klik tombol Create dan Folder
siap digunakan.
Sedangkan jika siswa ingin
menambahkan konten ke Backpack, siswa dapat menambahkan file ke Folder dengan
mengikuti langkah berikut. Pilih file yang akan dipindah dengan klik sehingga
muncul checkbox di pojok kiri gambar thumbnail. Klik ikon “Add to Folder” ikon
di toolbar atas “Backpack”. Centang Folder yang akan diinginkan, kemudian klik
tombol “Apply” maka file sudah dipindah.
e) Menghapus Folder: Jika siswa ingin
menghapus permanen Folder dan isinya dari Backpack, yang harus diperhatikan
adalah semua resources di dalamnya juga akan terhapus. Jika ingin menyimpan
beberapa resources maka perlu menyimpanya terlebih dahulu. Langkahlangkah
menghapus Folder yaitu sebagai berikut: Klik “Backpack” ikon di the top
toolbar. Pilih “Folders” yang akan dihapus dan klik di atas sebelah kiri
thumbnail. Klik “Trash” ikon untuk menghapus Folder. Pilih konfirmasi menghapus
resource dari Backpack dengan klik Yes.
f) Integrasi ke Google Drive: Jika Anda
membagikan materi menggunakan Google Drive dengan siswa, atau Anda ingin
menggunakan Google Drive, siswa dapat mengkoneksikan dengan Backpack. Syarat
utama siswa harus memiliki akun Gmail. Langkah-langkahnya adalah berikut: Klik
“Backpack” ikon in the toolbar. Klik tab “Google Drive” di sebelah kiri dan
klick tombol “Connect with Google Drive”. Siswa akan diminta untuk sign in akun
Google Drive. Pilih tombol “Allow Access” ketika Anda mendapatkan permintaan
akses Google Drive
3. Menambahkan Note
Bagi Anda yang terbiasa menggunakan
Facebook, note di sini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah “Status”
pada Facebook. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan siswa,
misalnya untuk memberikan informasi mengenai kelas Anda di Edmodo,
menginformasikan materi yang harus dipelajari siswa, dsb. Jika Anda ingin
memberikan catatan, perhatikan langkah-langkah berikut.
a) Klik "Note" pada atas
halaman Edmodo.
b) Ketik pesan/catatan yang ingin anda
berikan pada text box (a). Ingat bahwa fungsi catatan ini sama halnya ketika
Anda berbicara di depan kelas atau di depan siswa. Klik pilihan link “Files
(c),” “Links (d),” atau “Library (e)” () jika Anda ingin menambahkan upload ke
posting Anda. (Setiap file atau link Anda posting secara otomatis akan ditambahkan
ke Library Anda , jadi pastikan untuk memberikan penjelasan yang baik ketika
posting).
c) Pilih kirim sekarang (Send Now) atau
dijadwal (Scheduled) (f):
§ Send Now: klik tombol
"Send" makan akan mengirimkan posting segera.
§ Scheduled: klik tombol "Scheduled"
ikon akan otomatis mengirim sesuai waktu yang telah ditentukan sesuai jam
(samakan waktu antara guru dan siswa).
f) Tentukan siapa yang bisa membaca
note yang Anda tulis. Kemudain ketik nama siswa,
g) guru, orang tua atau group pada text
box “Send to” (b).
h) Klik tombol “Send”
4. Mengatur Kalender
Edmodo Planner dapat Anda fungsikan
untuk menginformasikan berbagai kegiatan yang Anda laksanakan, baik berupa
berupa kegiatan yang akan berlangsung, penugasan dan proyek yang sedang terjadi
di suatu group. Untuk melihat Edmodo Planner Anda hanya perlu klik pada
navigation bar yang ada di bagian kanan halaman Edmodo Anda. Berikut tampilan
Edmodo Planner.
a. Klik Edmodo Planner ikon di the Apps
Toolbar pada sisi kanan.
b. Pilih diantara Week/Month. Week
digunakan untuk menampilkan semua kegiatan di setiap minggu Anda.
Coming
Soon: Semua kegiatan yang telah direncanakan untuk bulan selanjutnya.
Someday: Tugas yang Anda rencanakan
menyelesaikan di masa depan.
Month:
Menampilkan semua kegiatan di suatu bulan, tetapi tidak ditampilkan Coming Soon
atau Someday.
c. Klik di Assignment untuk melihat
isi, lampiran dan berapa banyak yang mengerjakan tugas.
d. Sedangkan untuk membuat kegiatan
yang akan Anda masukkan dalam kalender, Anda hanya perlu klik pada tanggal
pelaksanaan kegiatan. Anda nanti akan diberikan pilihan untuk membuat even atau
task. Sebelum menginformasikan kepada rekan Anda maupun kelompok Anda, maka
terlebih dahulu Anda melengkapi informasi mengenai nama kegiatan (a), kapan
kegiatan akan dilaksanakan (b), dan kepada siapa informasi tersebut akan
diberikan (c).
e. Sedangkan apabila Anda ingin
menghapus kegiatan yang sudah Anda buat, maka Anda hanya perlu klik sekali lagi
pada kegiatan yang ingin Anda hapus, kemudian pilih tombol delete. Sebagai
catatan, Anda tidak dapat melakukan edit pada kegiatan, Anda hanya dapat
membuat dan menghapusnya saja. Untuk mempermudah melihat kegiatan, di sebelah
kanan Anda dapat memilih kegiatan dari kelas mana yang ingin Anda lihat.
5. Menggunakan Search and filter
Anda dapat melakukan pencarian
terhadap post, guru, siswa, komunitas, maupun aplikasi yang telah Anda
tambahkan dalam kelas dengan cara mengetik keyword, nama guru/siswa dan
aplikasi di Search posts yang ada di navigation bar Anda. Selain itu Anda jika
Anda mempunyai seribu file di Library maka Anda akan mengalami kesulitan jika
menari file, maka dengan menggunakan fitur ini akan lebih cepat untuk
pencarian. Sedangkan untuk membantu Anda dalam melihat Posting yang tersedia,
maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas filter sehingga Anda hanya dapat melihat
Posting berdasarkan Penulis (Author), Jenis (Type) dan lainya (More). Apabila
Anda ingin keluar dari filter tersebut, klik link close x yang ada di pojok
kanan. Caranya adalah:
a. Klik tombol
Filter Posts By di kanan atas halaman Edmodo
1) Pilih salah satu
pilihan filter berikut:
· Author: Penulis posts
· By Students
· By Me
2) Type: Jenis
· Latest
· Posts
· Alerts
· Assignments
· Feeds (RSS)
· Polls
· Quizzes
3) More: Lebih
detail
· Direct Messages
· Connections
· Assignments
6. Membaca Materi Pelajaran
Sesuai arahan yang telah Anda
berikan dengan menggunakan note, maka siswa Anda arahkan untuk membaca materi
belajar yang telah Anda siapkan.Siswa dapat mengakses materi belajar tersebut
pada panel sebelah kanan. Folder berisi materi yang telah Anda buat dalam
Library menentukan bahan-bahan yang harus dibaca siswa.
7. Polling
Sebagaimana guru yang memberikan
Poling kepada siswa, siswa akan menjawab Poling yang telah diberikan oleh guru.
Siswa mendapatkan tampilan seperti di bawah ini, dan setiap siswa hanya punya
kesempatan menjawab satu kali saja untuk menjawab Poling.
8. Mengerjakan Test Online
Untuk dapat mengerjakan tugas dan
kuis, maka siswa dapat dengan mudah klik tombol Turn In untuk penugasan dan
tombol Take Quiz. Pada saat siswa mengerjakan tugas, maka siswa akan
mendapatkan bebrapa soal dan form. Dalam form tersebut dia dapat menuliskan
jawaban serta melampirkan bahan-bahan lain yang mendukung pendapatnya tersebut
dalam bentuk file maupun link ke website yang lain. Siswa dapat mengirimkan
jawaban dengan klik “Turn In Assignment”.
Apabila Anda memberikan Annotate
pada lampiran yang diberikan siswa, maka untuk membaca Annotate tersebut siswa
hanya perlu pilih view di samping dokumen yang mereka lampiran. Jika siswa
mengirimkan kembali hasil perbaikan tugas tersebut kepada Anda, maka penanda
Annotate tidak akan terlihat lagi. Untuk itu, jika Anda menginginkan Annotate
yang Anda buat masih terlihat, maka siswa diharapkan mengirimkan versi baru
dari tugas tsb. Sedangkan pada siswa memilih untuk mengerjakan kuis maka akan
muncul informasi umum mengenai kuis tersebut yaitu nama kuis, deskripsi kuis,
jumlah pertanyaan dalam kuis tersebut, dan juga jangka waktu pengerjaan kuis.
Jika siswa sudah siap untuk mengerjakan maka dia akan klik tombol “Start Quiz.”
Setelah tombol start dipilih, maka
akan muncul pertanyaan yang harus dijawab siswa. Siswa akan mendapat pertanyaan
sesuai dengan tipe pertanyaan yang sudah Anda sediakan. Kemudian siswa
mendapatkan informasi berapa lama waktu yang tersisa untuk pengerjaan kuis dan
mereka juga mendapatkan informasi berapa soal yang telah ia kerjakan. Apabila
siswa telah menyelesaikan dalam menjawab kuis, maka dia harus klik tombol
“Submit Quiz”.
Selama tombol submit belum dipilih,
maka waktu pengerjaan kuis akan tetap berjalan, walaupun siswa tidak berada
pada halaman tersebut. Apabila waktu telah habis, maka secara otomatis tes akan
ditutup dan siswa dapat melihat hasil kuis tsb (hanya jika Anda menyetujui opsi
untuk menginformasikan hasil kuis setelah siswa mengerjakannya).
Untuk memberi respon Quiz, Anda
dapat melakukan dengan cara memilih salah satu ikon dari pertanyaan “What did
you think of this Quiz”. Kemudian klik tombol View Result untuk melihat hasil
kuis yang telah dikerjakan siswa. Dari halaman tersebut dapat dilihat jawaban
yang benar berwarna hijau (A), merah berarti salah (D), setengah hijau dan
merah berarti jawaban benar setengah karena soal bertipe Matching(C), sedangkan
biru berarti guru harus melihat secara manual dan memberikan poin nilai pada
jawaban tersebut (B). Di sebelah kanan juga dapat dilihat berapa soal yang
sudah dapat dijawab dengan benar oleh siswa.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Edmodo
adalah situs microblogging yang dapat digunakan di dalam kelas maupun rumah.
Edmodo juga dapat membantu guru yang tidak bisa mengajar di kelas dengan
memberikan materi pembelajaran secara online. Dalam Edmodo, Guru bisa
memberikan tugas yang bisa ditentukan waktu pengumpulannya serta meng-upload
materi belajar. Murid juga bisa berbagi pemikiran atau ide lewat posting-nya di
Edmodo atau jika disamakan dengan facebook, bisa dikatakan Update Status. Lebih
tepatnya lagi, edmodo adalah “Facebook Guru dan Murid” karena fitur yang
ditawarkan hampir sama dengan facebook. Fitur yang ditawarkan adalah :
a) Bisa meng-edit Profile Picture dan
Nama.
b) Tampilan yang sama seperti facebook.
c) Assignment yang dapat diposting guru
sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.
d) Pengaturan jadwal event-event
penting.
e) Satu anak bisa menjadi murid banyak
guru.
f) Edmodo bisa diakses melalui
handphone.
Edmodo
sendiri bisa diakses melalui mobile dan sudah tersedia untuk smartphone Android
dan iPhone. Semakin mudah saja untuk belajar dan semoga saja dengan adanya
situs ini dapat menyama ratakan pendidikan di Indonesia.
B. Saran
Kita perlu
belajar menggunakan edmodo, karena dapat membantu proses pembelajaran.
Belajarlah menggunakan teknologi yang semakin lama semakin canggih, yang mana
kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun kita mau. Gunakanlah jaringan sosial
secara bijak dan sebagai sarana yang positif
DAFTAR PUSTAKA
http://www.academia.edu/7051706/s_Sejarah_EDMODO
https://www.edmodo.com/file/view-crocodoc-new-window?uuid=de949a0b-0b9a-43c7-9fca-85447ce6036f
http://nazafnadya.blogspot.com/2014/02/tugas-simulasi-digital-
http://suksesmudah1.blogspot.com/2013/10/edmodo-adalah.html
http://ilmukomputer-pemula.blogspot.com/2014/01/pengertian-dan-fungsi-edmodo.html
http://parmaton87.blogspot.com/2014/09/menggunakan-edmodo-untuk-kegiatan.html
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis ucapkan kepada allah SWT yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul Fitur-Fitur Edmodo ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan penulis Makalah ini adalah untuk memenuhi salah
satu tugas dari Mata Kuliah Pengantar Komputer.
Dalam penulisan Makalah ini, penulis banyak mendapatkan bimbingan dan
saran dari berbagai pihak dalam bentuk moril maupun material. Untuk itu penulis
mengucapkan banyak terima kasih.
Penulis berharap Makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan
bagi pembaca umumnya.
Penulis menyadari masih banyak kurangan dalam penulisan Makalah ini,
oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan untuk hasil
yang lebih baik.
Banjarsari, November 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A.
Latar Belakang .................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah ............................................................................. 1
C.
Tujuan ................................................................................................ 1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................. 2
A.
Sejarah Edmodo................................................................................. 2
B.
Pengertian Edmodo ........................................................................... 2
C.
Fitur-fitur yang terdapat di
Edmodo ................................................. 2
BAB III PENUTUP ...................................................................................... 11
A.
Kesimpulan......................................................................................... 11
B.
Saran .................................................................................................. 11
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 12
Comments
Post a Comment