CLICK HERE

Wednesday, April 25, 2018

MAKALAH SISTEM OPERASI ANDROID

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Perkembangan teknologi mobile saat ini sangat cepat dan semakin maju. Salah satu perkembangannya terjadi pada sistem operasi mobile itu sendiri. Para pengembang sistem oprasi terus berlomba-lomba dalam menciptakan sistem operasi yang canggih dan dapat diterima  oleh banyak pengguna mobile. Dan sistem operasi yang kini sedang banyak diminati oleh para pengguna mobile salah satunya adalah sistem oprasi Android.

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang bersifat open source yang tentunya akan memudahkan para pengembang aplikasi untuk menciptakan aplikasi-aplikasi mereka sendiri. Dan dalam pengembangannya Android membentuk Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini yaitu :

1.      Apa pengertian Sistem Operasi Android?

2.      Bagaimana Perkembangan dan Perbandingan Versi Sistem Operasi Android?

3.      Bagaimana Perbandingan Sistem Oprasi Android Dengan Sistem Operasi Lainnya?

 

C.    Tujuan Penulisan

Seperti halnya rumusan masalah di atas, makalah ini bertujuan :

1.      Untuk mengetahui pengertian Sistem Operasi Android.

2.      Untuk mengetahui Perkembangan dan Perbandingan Versi Sistem Operasi Android.

3.      Untuk mengetahui Perbandingan Sistem Oprasi Android Dengan Sistem Operasi Lainnya.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Sistem Operasi Android

Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat mobile yang berbasis linux seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android merupakan OS mobile yang tumbuh ditengah OS lainnya yang berkembang dewasa ini. OS lainnya seperti Windows Mobile, i-Phone OS, Symbian, dan masih banyak lagi juga menawarkan kekayaan isi dan keoptimalan berjalan di atas perangkat hardware ada. Akan tetapi, OS yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, adanya keterbatasan dariaplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi antar proses serta keterbatasan distribusi aplikasi pihak ketiga untuk platform mereka. Namun OS Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Android juga menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembangannya. Setiap aplikasi yang dimilikinya ditingkatan yang sama. Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan menawarkan akses kehardware, maupun data-data ponsel sekalipun, atau data system sendiri. Bahkan pengguna dapat menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga.

Android adalah Operating Sistem (OS) atau sistem operasi yang sangat populer akhir-akhir. Tidak dapat dipungkiri sistem operasi ini telah banyak mengambil perhatian masyarakat dunia dan masyarakat Indonesia tentunya. Perusahaan gadget dan telepon seluler berlomba-lomba membuat perangkat dengan memakai sistem operasi Android. Oleh karena itu heran kalau hampir setiap hari kita melihat gadget-gadget baru beredar di pasaran yang menggunakan sistem operasi besutan google tersebut.

 

B.     Perkembangan dan Perbandingan Versi Sistem Operasi Android

1.      Perkembangan Versi OS Android

Berikut ini macam-macam versi android yang menyertai sejarah perkembangan sistem operasi Android sejak diperkenalkan ke publik pada tanggal 5 November 2007.

a.      Cupcake (OS Android 1.5)

Merupakan versi OS Android pertama yang menggunakan nama dessert. OS ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2009. Berbagai aplikasi dan fitur yang ditawarkan dalam sistem Android ini di antaranya ialah aplikasi kamus dan keyboard, kemampuan merekam dan memutar video dalam format MPEG-4, aplikasi widget yang lebih lengkap, serta kemampuan transisi layar dan fitur untuk mengunggah video ke dalam Youtube secara lebih mudah dan cepat.

b.      Donut (OS Android 1.6)

Enam bulan setelah peluncuran OS Android versi 1.5 Cupcake, Android kembali memperkenalkan sistem operasi versi terbarunya yaitu  OS Android versi 1.6 Donut. Secara keseluruhan tampilan OS ini sama dengan Cupcake, hanya saja terdapat penambahan dan perkembangan pada sistem kamera dan serach engine atau mensin pencarian. Selain itu, Androd versi ini dilengkapi pula dengan dukungan bagi jaringan CDMA yang sebelumnya belum ada pada OS Android versi 1.5 Cupcake.

c.       Eclair (OS Android 2.0-2.1)

Perkembangan atau transformasi yang lebih besar lagi dilakukan oleh Android. Bersamaan dengan diluncurkannya perangkat seluler bernama Motorola Droid yang merupakan peningkatan spesifikasi dari perangkat sebelumnya yaitu HTC Dream, Android memperkenalkan sistem operasi terbarunya versi 2.0-2.1 dengan kode Eclair. Perangkat ini hadir dengan adanya fitur GPS dan tampilan yang lebih modern dibandingkan versi sebelumnya.

d.      Froyo (OS Android 2.2-2.2.3)

Tahun 2010, tepatnya pada bulan Mei, Android kembali memperkenalkan versi OS terbarunya yaitu OS Android 2.2-2.2.3 Froyo yang memiliki dukungan Adobe Flash Player yang belum ada pada versi sebelumnya, Eclair. Performa Froyo lebih baik dibandingkan Eclair, ditambah lagi dengan adanya dukungan SD (Secure Digital) Card yang semakin mempermudah pengguna atau user-nya dalam melakukan penyimpanan data dalam perangkat seluler pintarnya.

e.       Gingerbread (OS Android 2.3-2.3.7)

Tak lama berselang, pada bulan Desember tahun 2010, versi terbaru Android, Gingerbread, diperkenalkan ke pasar. Banyak sekali transformasi dan perubahan yang dilakukan, mengingat versi Gingerbread ini memang diperuntukkan untuk memaksimalkan jalannya berbagai aplikasi dan game yang ada pada Google Play Store. Dilengkapi dengan layar WXGA dan konektivitas NFC semakin membuat ctra Android semakin bersinar di hati para penggunanya.

f.       Honeycomb (OS Android 3.0-3.2.6)

OS Android versi terbaru ini hadir pada bulan Februari tahun 2011. Versi ini menawarkan tampilan status bar yang semakin mudah untuk dilakukan kustomisasi oleh penggunanya. OS ini memang diluncurkan khusus mendukung perangkat tablet PC.

g.      Ice Cream Sandwich (OS Android 4.0-4.0.4)

Ice Cream Sandwich hadir dengan tampilan yang lebih elegan dan menarik dibandingkan OS versi terdahulu yaitu Honeycomb. Mulai diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2011, Ice Cream Sandwich semakin mempertegas konsistensi Android dalam melakukan transformasi dan perkembangan yang konsisten terhadap sistem operasi yang dimilikinya.

h.      Jelly Bean (OS Android 4.1-4.3)

Tak berhenti sampai di situ, Android membuktikan eksistensinya lewat OS versi terbarunya yaitu Jelly Bean yang resmi dirilis bulan Juli tahun 2012. Dalam ersi terbarunya ini, terdapat pembaharuan peningkatan input keyboard yang kian lengkap dan adanya pencarian Google Now yang mampu memberikan berbagai informasi mengenai cuaca dan traffic.

i.        Kitkat (OS Android 4.4+)

OS ini mampu memberikan tampilan status bar transparan serta dapat beroperasi secara optimal pada perangkat berspesifikasi rendah. Dan juga pada saat perilisan OS ini, Android juga merilis Android Wear, yang mana dapat digunakan pada smartwaches. Selain itu Android juga memperbarui User Interface pada program Google Maps Navigation dan Alarms.

j.        Lolipop (OS Android 5.+)

Fitur-fitur pada Android Lollipop merupakan desain ulang dari user interface yang dibangun sekitar bahasa desain responsif yang disebut dengan”material design”. Perubahan lainnya yaitu perbaikan pada pemberitahuan/notifikasi, yang bisa di akses dari lockscreen dan dapat ditampilkan tanpa aplikasi tambahan sebagai top-of-the-screen banner. Dan Google juga membuat suatu perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) yang secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan performa aplikasi dan bermaksud juga untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai yang dikenal oleh mereka sebagai projek Volta.

k.      Marshmallow (Android 6.0+)

Android 6.0 “Marshmallow” adalah lanjutan pengembangan dari Android Lollipop, OS ini diperkenalkan pada bulan Mei 2015 di Google I / O dengan codename “Android ‘M’ ” dan resmi dirilis pada bulan Oktober 2015.

Marshmallow berfokus untuk meningkatkan pengalaman dari pengguna Lollipop, dengan memperkenalkan arsitektur app permission yang baru, API baru untuk menyempurnakan asisten kontekstual  dalam “Google Now On Tap” yang merupakan sebuah kemampuan baru dari aplikasi Google Search, lalu sebuah sistem (Doze) manajemen daya baru yang bisa mengurangi aktivitas pada background jika perangkat sedang tidak digunakan, kemudian dukungan asli untuk pengenalan sidik jari dan konektor USB tipe-C. Ditambah juga dengan kemampuan untuk migrasi data ke kartu microSD dan menggunakannya sebagai penyimpanan utama.

l.        Nougat

Beragam peningkatan fitur dan kemampuan menghiasi kehadiran Android N yang menjadi penerus Versi Android Marshmallow. Salah satunya adalah Multi-Window yang memungkinkan pengguna handphone android membuka dua aplikasi sekaligus secara split screen.

Nama Nougat diambil dari makanan penutup khas dari daratan Eropa yang berupa campuran telur kocok, gula/madu, dan kacang (almond, pistachio, atau hazelnut), biasanya berbentuk batangan seperti coklat kacang kemasan.

Android 7.0 Nougat sendiri mulai dikembangkan pada Maret 2016 dan Rilis Akhir tahun 2016. Peningkatan kemampuan untuk menghemat baterai menjadi salah satu fitur yang paling dibutuhkan sebagian besar pengguna handphone android. Fitur Doze Mode dapat mengatur penggunaan baterai dengan cara membatasi aktifitas aplikasi yang bekerja dibelakang layar ketika layar mulai padam.

m.    Android 8.0 Oreo

Android Oreo hadir dengan keunggulan yang Smarter, Faster, dan lebih Powerfull dari versi sebelum-sebelumnya.

Fitur baru yang diunggulkan adalah Picture-in-picture dan Autofill yang dapat membantu pengguna Smartphone Android menavigasi tugas dengan mulus.

Fitur Picture-in-picture memungkinkan anda melihat dua aplikasi sekaligus ditambah lagi Supersonic Speed membuat anda dapat membuka tugas baru dengan lebih cepat.

Android 8.0 digambarkan sebagai Super hero yang sedang dalam misi penyelamatan.

Perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah Operating System. Tentu perkembangannya tidak akan berhenti dan akan terus berlanjut setidaknya hingga huruf "Z" jika dilihat dari sejarah penamaannya yang mengikuti urutan abjad.

2.      Perbandingan Android Nougat VS. Android Marshmallow

Bagi para pengguna smartphone ataupun tablet yang berbasis Android OS, sebuah update tentang OS baru bagaikan mendengar kabar baik yang sangat ditunggu-tunggu. Umumnya, setiap OS memberikan tampilan serta fungsi-fungsi baru yang sangat canggih. Termasuk juga Android Nougat.

Belakangan ini, Android juga sudah merilis OS terbarunya yaitu OS Nougat yang berhasil menarik perhatian banyak pengguna Android OS.

Berikut ini akan kami jelaskan perbandingan dari beberapa android yaitu Android Nougat VS Android Marshmallow.

Android Nougat VS Android Marshmallow

a.      Fitur split screen

Android Nougat

Gambar 2.1 Fitur Split screen

Fungsi yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh semua pengguna smartphone Android kini telah hadir!

Ya, sekarang kamu sebagai pengguna sudah bisa melakukan dua aktivitas di smartphone secara bersamaan.

Fitur multitasking ini memang sudah ada sejak Android Marshmallow. Namun, sayangnya karena masih bersifat eksperimental, kamu harus melakukan beberapa langkah untuk menggunakan fitur ini.

Tapi, untungnya Android melakukan upgrade yang cukup cepat. Dengan versi Nougat, sekarang kamu bisa menikmati fitur multitasking di dalam satu layar tanpa harus menyetelnya terlebih dahulu.

b.      Fitur Doze On The Go

Android Nougat

Gambar 2.2 Fitur Doze On The Go

Fitur penyelamat daya baterai pada smartphone ini memang sudah dibuat semenjak Android merilis OS-nya yang lama, Marshmallow.

Pada Android Marshmallow, fitur Doze akan secara otomatis berfungsi ketika smartphone berada pada keadaan idle dalam waktu yang cukup panjang. Fitur Doze ini dibuat khusus untuk menghemat daya baterai yang umumnya menjadi sumber masalah semua pengguna smartphone.

Tapi, dengan fitur Doze On The Go yang baru diimplementasikan pada Android versi Nougat ini, smartphone nggak perlu lagi menunggu beberapa saat untuk berada dalam mode doze (tidur).

Ketika kamu menekan tombol kunci pada smartphone, maka secara otomatis smartphone akan masuk ke mode doze.

Kalau dengan Android Marshmallow, baterai bisa lebih hemat, dengan Android Nougat baterai kamu juga dijamin akan jauh menjadi lebih hemat.

c.       Sistem notifikasi yang lebih canggih

Android Nougat

Gambar 2.3 Sistem Notifikasi yang lebih Canggih

Ini dia salah satu fitur Android versi Nougat yang paling sering didiskusikan. Pada Android Marhsmallow, sistem notifikasi nggak terlalu banyak diubah.

Namun, di Android Nougat, kamu bisa menerima notifikasi pada panel atas layar smartphone. Nggak hanya itu, kini kamu juga bisa langsung membalas pesan dari notifikasi yang kamu terima tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang kamu gunakan,

Selain itu, notifikasi bisa kamu terima dari beberapa aplikasi sekaligus.

d.      Pengaturan untuk lebih hemat data

Gambar 2.4 Pengaturan untuk lebih Hemat Data

Dengan paket data yang tersedia di Indonesia, kehematan menjadi sebuah ’skill’ alias kemampuan yang harus kamu kuasai. Apalagi ketika mengingat mahalnya harga paket yang disediakan.

Nah, paket yang seringkali habis umumnya disebabkan oleh aplikasi yang berjalan pada sistem background. Tanpa sepengetahuanmu, aplikasi-aplikasi yang terus berjalan walaupun kamu sudah keluar dari aplikasinya ini bisa menguras kuota data paket kamu.

Karena alasan inilah, Android Nougat mengeluarkan fitur baru yang bisa menyelamatkan kamu dari mahalnya paket data.

Sebenarnya, pada Android Marshmallow, kamu juga bisa menghemat kuota data, lho. Namun memang nggak sepraktis seperti pada Android Nougat. Dengan versi Marshmallow, kamu masih harus memasukki tampilan settings, dan menyalakan data restriction on background pada tiap aplikasi. Sedangkan pada Android versi Nougat, kamu hanya perlu memasukki tampilan settings dan langsung menyalakan fitur data saver mode yang otomatis menghapus penggunan kuota data pada semua aplikasi.

e.       Emoji yang lebih bervariasi

Android Nougat

 Gambar 2.5 Emoji yang lebih Bervariasi

Siapa sih yang belum pernah menggunakan emoji dalam aktivitas chatting-nya sehari-hari? Bahkan konon katanya, emoji bisa menggambarkan ekspresi hati lebih dari kata-kata, lho.

Namun, walaupun begitu banyak pengguna yang masih merasa kumpulan emoji nggak terlalu bervariasi. Untuk mengatasi hal ini, Android Nougat telah menambahkan varian emoji pada keyboard-nya.

Bahkan Google telah berencana untuk menambahkan 13 emoji baru yang menggambarkan emansipasi wanita, lho. Wah, emoji pun sekarang mengikuti perkembangan tren dunia, ya.

Selain menambahkan emoji-emoji baru, Android Nougat juga mengubah beberapa bentuk emoji yang ada pada versi sebelumnya, Marshmallow. Emoji pada Android Nougat tampak lebih flat dan sederhana dibandingkan dengan emoji pada Marshmallow.

f.       Performa yang lebih baik

Android Nougat

Gambar 2.6 Performa yang lebih baik

Untuk kecepatan performa, Android Marshmallow memang sudah terbukti lebih cepat dalam memproses aktivitas di smartphone.

Benchmark pada AnTuTu menunjukkan nilai Marshmallow 73960 / Nougat 65162, sementara pada GeekBench 4 nilai menunjukkan Marshmallow (1218 single-core dan 2281 multi-core) / Nougat ( 687 single-core dan 1908 multi-core).

Walaupun demikian, Android Nougat menggunakan grafik API yang lebih baru, yakni Vulcan. Kecepatan boleh kalah dari Android Marshmallow, tapi dari segi kualitas grafik, Android Nougat adalah pemenangnya.

 

C.    Perbandingan Sistem Oprasi Android Dengan Sistem Operasi Lainnya

Perbandingan Android dengan iPhone, Blackberry, Symbian, dan Windows Mobile. Berbagai merk Handphone touchscreen (Smartphone) beredar dipasaran. yaitu sebagai berikut:

1.      Android phone

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnyaa nama Android bukanlah merk Handphone. Itu adalah sebuah nama Operating System (OS) yang menjalankan handphone. OS ini diciptakan oleh Google sedangkan handphonenya dibuat oleh perusahan-perusahaan seperti Samsung, Motorola, Sonny Ericsson, LG, HTC. Aplikasi Android mirip-mirip iPhone. Ap yang ada di iPhone bisa ditemui juga di Android. Tetapi dalam hal jumlah dan variasi iPhone mempunyai koleksi program yang jauh lebih banyak ketimbang Android. Fungsi internet browsing pada Android lebih fleksibel, lebih bervariasi dan lebih cepat dibanding iPhoe.

2.      iPhone

iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimdia, SMS,dan voicemil. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan internet, untuk melakukan berbagai aktifitas misalnya mengirim / menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antar muka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau biasa disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol. Beberapa keunggulan dari iPhone diantaranya adanya dukungan penuh mengenai software  dan aplikasi terbaik dari Apple Inc.

3.      Blackberry

Blackberry adalah perangkat seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, SMS, Menjelajah internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya, Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Blackberry mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah layana push e-mail (dimana e-mail akan terhubung terus di ponsel kita layaknya sebuah sms), chatting dengan fitur Blackberry Mesengger (BBM), dan Browsing. Untuk fitur browsing dan email pada BB akan dikompresi dahulu sehingga di terimma dengan ukuran yanga lebih kecil dan lebih cepat dibuka.

4.      Symbian

Symbian OS adalah sistem operasi dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Symbian OS memiliki antarmuka pemprograman aplikasi API (Aplication Programming Interface). Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang bermacam-macam. Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source penuh karena meskipun terdapat ketersediaan API dan dokumentasiny, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk dapat dipublikasikan untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.

 

 

BAB III

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Android adalah suatu aplikasi yang berjalan pada gadged yang diciptakan oleh google dan beberapa perusahaan besar guna meramaikan pasar gadged yang sedang mengalami peningkatan popularitas. Android memiliki basis linux, dimana sangant mengandalkan open sourcenya. Sehingga sangat banyak orang yang berperan akif dalam mengembangkan aplikasi ini karena open source. Sekarang banyak produsen gadged yang bmelirik pasar android karena bersifat gratis.

Android sendiri telah memiliki banyak reformasi sehingga telah memiliki banyak perkembangan. Bahkan telah menyaingi iPhone yang dikenal memiliki teknologi paling canggih dalam dunia gadged. Dukungan google kepada android itu yang menjadi pendongkrak Android dalam ekxstensinya di pasar global. Akan tetapi karena masih baru aplikasi ini masih kurang diminati. Akan tetapi dalam waktu bebrapa tahun kedepan Android akan menjadi aplikasi jajaran pertama yang paling banyak dicari.

Selain itu dapat disimpulkan bahwa android adalah sebuah sistem operasi pada handphone yang bersifat terbuka dan berbasis pada sistem operasi Linux, dan telah memberikan kekuatan baru bagi jutaan ponsel, tablet, dan perangkat lain yang membawa kecepatan Google dan web. Perkembangan android berjalan cepat dimulai akhir tahun 2007 sampai sekarang karena cara pemasaran dilakukan secara rapi dan terencana. Android memiliki fakta-fakta unik, diantaranya android merupakan sistem operasi mobile nomor 1 di dunia, sistem operasi android menggunakan nama makanan, memiliki pasar pribadi, android memiliki pertumbuhan tercepat, android berdiri sendiri pada awalnya, presiden Amerika, Barrack Obama menggunakan android. Hal-hal unik semacam itu membuktikan bahwa dimulai dari sejarah android dan permulaan pengembangannya, android memang memiliki potensi akan berkembang dengan pesat, dan dapat mengalahkan operasi system mobile yang lain.

 

B.     Saran

Sistem Operasi Android memang terbilang sudah canggih, tapi disamping itu android masih terkesan rumit, saat membeli ponsel/tablet Android, kalian diharuskan mempelajari lebih banyak hal dibandingkan dengan iPhone, karena Android mempunyai widgets, apps, dan banyak pengaturan lain yang mungkin kalian belum pernah mengenalnya sama sekali.Contohnya seperti Samsung Galaxy S3, yang mempunyai banyak fitur keren. Salah satunya adalah berbagi foto otomatis via wi-fi, yang sayangnya ternyata membutuhkan pengaturan yang banyak.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://hayteknologi.blogspot.co.id/p/akalah-te.html

http://www.harianteknologi.net/2016/02/makalah-sistem-operasi-android.html

http://www.capuraca.com/2015/01/sejarah-perkembangan-sistem-operasi-android.html

http://www.meroket.com/perkembangan-sistem-operasi-android/

http://blog.genpromobile.com/android-nougat-vs-android-marshmallow/

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia Nyalah, makalah ini dapat terselesaikan dengan baik tepat pada waktunya.

Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Informatika Al-Ihya Banjarsari, dengan judul “Sistem Operasi Android”.

Walaupun dalam penyelesaian makalah ini banyak mengalami kesulitan terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan yang menunjang. Namun, berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik.

Makalah ini mungkin masih jauh dari kata sempurna, dengan masih banyaknya kekurangan dalam makalah ini, kami sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca pada umumnya, dan harapan kami kedepan supaya makalah ini dan berikutnya dapat lebih baik lagi dan berguna bagi kita semua.

 

 

Banjarsari,     Maret 2018

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR ..................................................................................    i

DAFTAR ISI..................................................................................................    ii

DAFTAR GAMBAR ....................................................................................    iii

BAB I PENDAHULUAN..............................................................................    1

A.      Latar Belakang ..................................................................................    1

B.       Rumusan Masalah  .............................................................................    1

C.       Tujuan Penulisan.................................................................................    1

BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................    2

A.      Pengertian Sistem Operasi Android...................................................    2

B.       Perkembangan dan Perbandingan Versi Sistem Operasi Android ....    3

C.       Perbandingan Sistem Operasi Android dengan Sistem Operasi

  Lainnya ..............................................................................................    11

BAB III PENUTUP ......................................................................................    13

A.      Kesimpulan.........................................................................................    13

B.       Saran ..................................................................................................    14

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................    15

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 2.1 Fitur Split Screen .........................................................................    7

Gambar 2.2 Fitur Doze On The Go..................................................................    7

Gambar 2.3 Sistem Notifikasi yang lebih canggih ..........................................    8

Gambar 2.4 Pengaturan untuk lebih hemat data..............................................    9

Gambar 2.5 Emoji yang bervariasi ...................................................................    10

Gambar 2.6 Performa yang lebih baik .............................................................    10

 

 

 

No comments:

Post a Comment